Air Terjun Curug Cilember Bogor – Air terjun curug cilember merupakan salah satu objek wisata air terjun yang dikenal juga dengan nama lain Wana Wisata Curug Cilember. Cilember sendiri sebenarnya adalah nama dari suatu desa di Cisarua, Puncak Bogor, Jawa Barat. Kawasan wisata air terjun tersebut bakal menjadi kawasan wisata paling menarik bagi para wisatawan kaerena menyuguhkan tujuh buah air terjun yang dapat dinikmati dalam satu objek wisata sekaligus.

Para wisatawan pun bisa menjajal tantangan yang ada di air terjun tersebut, karena air terjun ini menawarkan tingkat kesulitan yang dibedakan berdasarkan levelnya. Curug Cilember 7 sendiri bisa dibilang sangat mudah untuk diakses. Semakin kecil nomor dari air terjun, maka semakin menantang pula medan yang dapat dilalui untuk bisa menikmatinya.

sumber : http://www.idtempatwisata.com

Untuk anda yang berdomisili di Jakarta, anda hanya memerlukan waktu tempuh 1,5 – 2 jam untuk sampai ke objek wisata air terjun tersebut. Agar bisa sampai ke curug cilember ini, anda perlu melewati jalan Tol Ciawi untuk kemudian sampai di Cisarua dan setelah itu ambil belokan ke kiri menuju Curug Cilember yang searah dengan jalur ke Taman Matahari. Setelah anda menjumpai lokasi Taman Matahari dan, anda akan menjumpai rumah penduduk dan villa di sepanjang perjalanan.

Sesudah anda berjalan beberapa kilo meter, anda akan menjumpai gerbang masuk utama kawasan Curug Cilember. Walau agak sempit dan berliku, jalan tersebut sudah diaspal dan tidak terdapat lubang. Namun anda perlu ekstra waspada saat berpapasan dengan mobil atau kendaraan lain di tengah perjalanan anda.

Harga tiket masuk kawasan air terjun Curug Cilember ini cukup murah, hanya Rp 6.000. Untuk yang membawa kendraan pribadi, baik itu roda dua maupun roda empat, akan dikenakat tarif parkir, yakni Rp 8.000 untuk mobil dan Rp 4.000 untuk roda dua.

Agar anda bisa sampai ke kawasan air terjun, anda perlu melakukan trakking ke curug cilember. Jangan takut tersesat karena terdapat papan penunjuk arah dan informasi tentang kawasan air terjun curug cilember bogor ini. Walau trekking cukup melelahkan, namun akan terbayar lunas sesampainya anda di kawasan curug cilember tersebut.

Air terju curug cilember sendiri berada pada ketinggian 800 meter diatas permukaan laut (mdpl) dan di kelilingi kawasan hutan hijau yang akan menyuguhkan uadara sejuk dan asri. Jika merasa kelelahan, ada dapat beristirahat sejenak i warung-warung kecil sembari mengisi pretu yang kosong dengan sate kelinci, mie instan atau bisa dengan jagung bakar. Tak cuma itu, anda juga bisa berbelanja cinderamata karena terdapat banyak toko souvenir khas curug cilember.

Ada jembatan cinta yang bisa anda nikmati di taman wisata air terjun ini, ini merupakan spot paling pas untuk berfoto selfie. Jembata tersebut merupakan jembatan gantung yang dapat bergoyang saat dilewati dan memberikan sensasi menantang. Untuk yang gemar outbond, anda dapat mencoba wahana flying fox yang ada di kawasan wisata curug cilember ini.

Bagi anda yang ingin mencoba bermalam di kawasan wisata curug cilember ini, anda dapat menyewa pondok yang ada dengan harga bervariasi. Terdapat pondok yang paling mahal dan memiliki 3 kamar tidur, water heater, dapur dan tungku pemanas. Anda bisa menyewa pondok dengan harga mulai Rp 700.000 – Rp 900.000, di hari weekend.