Air Terjun Curug Cigamea Bogor – Selain di kenal sebagai kota hujan, Bogor ternyata menyimpan banyak objek wisata alam yang menarik untuk kita kunjungi. Salah satunya adalah wisata air terjun curug cigamea merupakan objek wisata air terjun populer di Bogor yang letaknya berada di kawasa Gunung Salak.

Curug cigamea sendiri mempunyai dua macam air terjun dengan karakter air yang berbeda, untuk air terjun pertama letaknya tak jauh dari gerbang masuk dengan karakter dinding tebing yang curam dan didominasi bebatuan warna hitam. Sementara air terjun yang kedua letaknya cukup jauh dari gerbang masuk utama, yakni sekitar 30 meter. Air terjun yang kedua tersebut memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan air yang mengalir deras. Bagi anda yang suka berenang, kolam air di air terjun kedua tersebut bisa anda coba karena kolamnya lebih besar dari kolam air terjun pertama.

sumber : https://harjo.wordpress.com

Kedua air terjun curug cigamea tersebut ditumbuhi oleh banyak tumbuhan khas hutan tropis, sehingga suasa di sekitar air terjun begitu asri dan sejuk, serta membuat kita betah untuk berlama-lama di curug cigamea tersebut.

Untuk lokasi tepatnya, Air Terjun Curug Cigamea ini terletak di Ds Gunungsari, Kec Pamijahan Kab Bogor Jawa Barat.

Dari pusat kota Bogor sendiri, Curug Cigamea ini berjarak kurang lebih sekitar 442KM, untuk bisa sampai ke lokasi objek wisata air terjun tersebut anda bisa memilih empat rute yakni :

Cikampe -> Salak Endah
Cibatok -> Salah Endah
Cemplang/Cibungbulang -> Pamijahan -> Salak Endah
Tamansari -> Gunung Bunder -> Salak Endah

Namun kebanyakan wisatawan memilih rute Cemplang -> Pamijahan -> Salah endah karena rute tersebut terbilang cukup dekat dan waktu tempuh pun relatif singkat dari jalan raya bogor ke leuwiliang serta rute tersebut pun memiliki kontur jalan yang lebih bagus dari ketiga rute lain.

Jika melewati rute tersebut, anda akan menempuh jarak 38 km menuju ke kawasan wisata alam salak endah dari kota Bogor. Lalu anda akan melanjutkan perjalanan dengan jarak 4 km untuk bisa sampai di pintu gerbang masuk utama Curug Cigamea. Sesampainya di gerbag utama, anda akan dituntun berjalan kaki melwati jalan setapak dengan disuguhi pemandangan alam dan jarak yang ditempuh adalah sekitar 350 meter untuk sampai ke Curug Nangka.

Sebelum itu, anda harus melewati kawasan wisata gunung salak endah dan akan di kenakan biaya tiket masuk yang cukup murah, yakni Rp. 7000 per orang. Sementara harga tiket masuk ke curug cigamea sendiri adalah Rp. 3500 per orang.

Fasilitas Curug Cigamea Bogor

Tempat beristirahat
Pos Jaga
Jalan akses yang cukup baik
Terdapat banyak penginapan murah

Sekian informasi yang kami sampaikan tentang objek wisata Air Terjun Curug Cigamea Bogor ini. Silahkan share artikel ini jika bermanfaat.