Air Terjun Coban Rondo Malang – Selain ada curug coban pelangi, di Malang kita bisa juga menjumpai air terjun curug coban rondo yang merupakan tempat wisata yang ada di area pegunungan yang berada di ketinggian sekitar 1.135 mdpl. Udara sejuk dan pemandangan alam yang masih asri menjadi daya tarik utama dari air terjun coban rondo ini. Air terjun coba rondo sendiri memiliki ketinggian sekitar 84 meter. Tempat wisata air terjun ini pertama kali diresmikan di tahun 1980. Sumber air terjun ini adalah dari mata air di sekitar sisi lereng gunung kawi, yakni Cemoro Mudo. Debit air di air terjun coban rondo ini terbilang banyak yakni 90 sampai 150 liter/detik.

Letak dari air terjun Coban Rondo sendiri tidak jauh dari Kota Batu Malang Jawa Timur, atau tepatnya di jalan Coban Rondo, Desa Pandesari, kec Pujon Kab Malang. Jarak dari pusat kota Malang ke tempat wisata ini sekitar 20km dan bisa ditempuh dengan waktu 1 jam perjalanan. Sementara bagi yang berada di kota Batu Malang, bisa ditempuh dengan waktu 30 menit dan berjarak sekitar 21km.

sumber : https://hilsya.wordpress.com

Rute Menuju Air Terjun Coban Rondo Malang

Rute atau akses ke Air Terjun Coban Rondo Malang ini terbilang sangat gampang, karena banyak transportasi umum yang beroperasi untuk menuju ke lokasi wisata tersebut. Ada dua alternatif pilihan yang dapat anda gunakan untuk sampai ke Air Terjun Coban Rondo ini, diantaranya :

Transportasi Umum:

Dari terminal Arjosari Malang anda bisa naik bus dengan jurusan Landung Sari. Setelah itu, anda melanjutkan perjalanan dengan naik bus jurusan Pujon arah ke Kediri. Jika sudah sampai di daerah Pujon, anda turun tepat di Patung Sari dan anda bisa naik ojek untuk sampai ke Air Terjun Coban Rondo tersebut.

Kendaraan Pribadi:

Jika dengan kendaraan pribadi, dari arah Batu bsia langsung ke Pujon. Sesampainya di puncak perbukitan, ada papan penunjuk arah ke Wisata Air Terjun Coban Rondo ini. Lalu anda tinggal mengikuti saja penunjuk arah yang ada.

Wahana Air Terjun Coban Rondo Malang

Tidak cuma menawarkan keindahan alam dan pemandangan air terjun yang indah saja, namun di wisata air terjun coban rondo ini ada beberapa wahan permainan seru yang dapat anda coba, seperti fun tubing, satwa dan kebun, paint ball dan outbond.

Untuk harga tiket masuk ke kawasan Air terjun coban rondo ini, ada 3 jenis biaya yang dikenakan, yakni biaya parkir kendaraan, tiket masuk dan biaya kendaraan yang digunakan. Misalnya untuk kendaraan roda dua atau motor, dikenakan tarif Rp 2.000 dan parkir Rp 4.000, sementara untuk kendaraan roda empat atau mobil sekitar Rp 4.000 dan parkir Rp 4.000. Untuk Tiket wisatawan domestik dikenakan biaya Rp 8.000 dan wisatawan asing Rp 10.000.