Air Terjun Coban Pelangi Malang – Air terjun atau Curug Coban Pelangi merupakan salah satu air terjun unik yang mampi mengeluarkan pelangi akibat pantulan sinar matahari yang mengenai percikan air terjun itu sendiri. Air terjun ini dikelola dengan baik oleh Perum Perhutani Malang dan dikelilingi banyak pepohonan hijau yang menjadikan suasana air terjun ini begitu sejuk dan memanjakan mata. Letaknya yang berada di ketinggia 1499 mdpl, menjadikan udara di tempat wisata air terjun ini begitu dingin, bahkan bisa mencapai suhu terendah 19 derajat celcius.

Letak dari air terjun Coba Pelangi sendiri tak jauh dari Gunung Semeru dan tercatat sebagai bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo. Tidak heran kalau air terjun ini begitu populer di kalangan para penghobi pendaki gunung yang pernah menaklukan gunung Semeru.

Coban_Rondo image viawikimedia.org

Medan yang dapat ditempuh untuk sampai ke curug coban pelangi ini terbilang begitu menantang, sudut kemiringannya saja sekitar 45 derajat belum lagi licin akibat adanya batu berlumut.

Keadaan alam sekitar air terjun ini begitu asri karena masih belum banyak terjamah manusia. Saat pertama kali anda tima di kawasan wisata ini, anda akan disambut oleh ramainya kicau burung serta hiruk pikuk hewan liar penghuni hutan sekitar.

Panorama Air Terjun Coban Pelangi

Kebanyakan masyarakat di sekitar tempat wisata air terjun coban pelangi sendiri menganut agam Hindu, namun tidak sedikit dari mereka yang menganut agama Islam. Kelihatannya perbedaan keyakinan tidak membuat mereka berselisih paham, namun membuat mereka lebih saling menghormati satu antara lain dan bisa hidup secara berdampingan dengan rukun dan harmonis.

Saat paling pas untuk mengunjungi air terjun coban pelangi sendiri yakni pada pukul 10.00 – 14.00, diwaktu tersebut posisi matahari berada pada puncaknya dan menimbulkan pelangi karena pantulan percikan air yang ada di sekitar air terjun. Hal tersebutlah yang menjadikan curug ini di namakan air terjun coban pelangi.

Dan memasuk sore hari maka fenomena pelangi di air terjun tersebut secara perlahan menghilang, hal tersebut karena mulai muncul kabut disekitar air terjun yang turun dan menghalangi sinar matahari.

Untuk letak posisinya, air terjun Coban Pelangi sendiri tak jauh dari pusat kota Malang, sekitar 32km dari malang untuk bisa sampai ke tempat wisata air terjun ini. Lokasi tepatnya berada di Desa Gubukklakah, Kec Poncokusumo, Kab Malang Jawa Timur.

Saat menuju lokasi air terjun, anda bisa memakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan kendaraan umum, rutenya berikut ini.

Malang/Terminal Arjosari -> Kec. Tumpang -> Coban pelangi.
Kalau anda berangkat dari arah Malang, sebenarnya curug atau air terjun Coban pelangi ini jalurnya searah dengan ke Bromo. Sebelum sampai ke Bromo, di pinggir jalan akan terlihat papan penunjuk arah ke air terjun Coban Pelangi.

Setelah sampai di lokasi atau di gerbang utama, anda perlu melanjutkan perjalanan sejauh 1 km dengan berjalan kaki ke puncak air terjun Coban pelangi ini.