10 Wisata Thailand Selain Bangkok Yang Populer – Bagi sebagian orang yang ingin berwisata ke Thailand, sebagian besar orang akan memilih berwisata ke kota Bangkok atau Phuket sebagai tujuan utamanya, selain memang keindahan kota dan juga keindahan alam yang indah yang ditawarkan kedua tempat tersebut, memang kedua tempat tersebut merupakan tujuan wisata dunia. Akan tetapi bagi Anda yang ingin berlibur ke negeri Gajah Putih ini, Anda bisa memilih destinasi lainnya, tidak hanya kedua wisata tadi, karena di Thailand itu memiliki banyak pilihan tempat wisata menarik lain yang sayang untuk dilewatkan, ada banyak tempat yang dapat kunjungi selain Bangkok ataupun Phuket.

Merencanakan tujuan wisata memang sesuatu yang bisa dibilang wajib untuk dilakukan, kenapa begitu penting agar sampai ditujuan wisata Anda tidak lagi bingung untuk mengunjungi apa saja. Berbeda memang jika kita berwisata menggunakan travel agent atau paket wisata tertentu, tentu kita sudah memiliki jadwal setiap harinya mau mengunjungi apa saja, lengkap sampai dengan jadwal kepulangan kita dari berwisata.

Nah, jika Anda belum mngenal tempat wisata apa saja yang ada di thailand selain bangkok, berikut akan kami bahas beberapa, kami rangkum dalam artikel ini 10 wisata thailand selain bangkok

1. Pantai Ao Nang

Ao Nang Image by mediumminda.blogspot.com

Pantai Ao Nang terletak di Krabi dan menjadi pusat wisata di Krabi. Pantai ini lebih tepatnya terletak 12 KM dari Kota Krabi. Pantai ini memang sudah sangat populer bagi para wisatawan karena pantai ini memiliki pasir yang indah dan sangat sering digunakan untuk wisatawan berjemur dan bersantai, di pantai ini juga terdapat banyak hotel, restoran sehingga tidak begitu sulit untuk akomodasi dan akses ke pantai ini. Selain itu Ao Nang juga merupakan gerbang perjalanan menuju pulau – pulau wisata lainnya yang ada di disekitar krabi.

2. Kuil Tiger Cover

Tiger Cover Image by Beritagar.id

Berkunjung ke thiland sangat erat dengan wisata ke kuil, bahkan tidak lengkap jika tidak mengunjungu kuilnya sama sekali. Di Thailand sendiri terdapat banyak kuil terutama yang terdapat di krabi ini. Kuil yang terletak diatas puncak bukit yangkapur ini membutuhkan sedikit perjuangan untuk sampai kesana, karena kuil tersebut terletak di bukit dengan 1237 anak tangga yang harus pengunjung lalui untuk menuju kuil tersebut. Namun tidak perlu khawatir biasanya perjalanan tidak akan terasa melelahkan karena disuguhkan keindakan alam di sekitar kuil yang memberikan suasana yang nyaman. Anda juga akan sangat takjub ketika sampai di puncak

3. Sra Morakot

Sra Morakot Image by TripAdvisor.com

WIsata yang berjarak kurang lebih 55 Km dari Kota Krabi dan 75 Km dari Ao Nang ini salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Thailand, Sra Morakot juga dikenal dengan nama Emerald Pool Krabi atau Crystal Pool. Seperti namanya kita sudah bisa menebak kalau obyek wisata yang satu ini merupakan sebuah kolam yang terbentuk secara alami dengan keunikan bagian dasarnya terbentuk dari bebatuan kapur. Bebatuan kapur tersebut juga yang mengubah warna air menjadi berwarna kehijauan jernih dan seperti saat terkena sinar matahari langsung. Pepohonan yang rindang disekitar Sra Morakot menambah keindahan kolam alam ini .

4. Wat Phra That Doi Suthep

Wat Phra That Doi Suthep Image by meodulich.info

Masih tentang kuil, wisata yang satu ini adalah Wat Phra That Doi Suthep merupakan salah satu kuil penting dan paling disucikan oleh umat Buddha di Thailand. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata ziarah populer dan menjadi utama pada hari besar umat Buddha. Anda bisa berwisata didalam kompleks yang terdapat Chedi atau monumen setinggi 24 meter yang dilapisi oleh emas dari bagian bawah hingga puncaknya. Chedi akan bersinar terang memantulkan cahaya matahari jika pada hari yang terik. Selain itu juga terdapat Bhubing Palace yang merupakan tempat peristirahatan keluarga Kerajaan di Thailand, membuat tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata populer. Selain rumah kerajaaan, Bhubing Palace juga digunakan untuk menerima tamu penting kenegaraan.

5. Chiang Mai Zoo

Chiang Mai Zoo Image by Tripadvisor.com

Wisata Chiang Mai ini merupakan salah satu destinasi favorit di Thailand. Dengan area yang sangat luas, kebun binatang Chiang Mai ini dapat menjadi alternatif pilihan tujuan wisata keluarga Anda. Terdapat hampir 400 jenis spesies fauna di Chiang Mai Zoo, beberapa diantaranya adalah gajah, macan, badak dan lainnya. Anda juga bisa mengeksplor aquarium yang membawa Anda ke dunia bawah air. Selain ada banyak satwa yang bisa Anda lihat, Anda juga bisa merasakan diri Anda menyatu dengan dunia alam layaknya di hutan alami karena pengaturan kebun binatang yang diatur sedemikian rupa. Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan satwa yang ada seperti jerapah dan zebra. Selain wisata alam mengunjungi tempat ini Anda juga sekaligus bisa berwisata edukasi.

6. The JEATH Museum

The JEATH Museum Image by TripAdvisor.com

Museum ini merupakan museum peninggalan sejarah antara Jepang, Inggris, Amerika, Thailand, dan Belanda. Itu artinya, negara-negara tersebut merupakan representasi dari kewarganegaraan yang ada dan terlibat dalam pembangunan jembatan maut River Kwai Death Railway & Bridge. Sejarah mencatat bahwa pembangunan jembatan itu dalam prosesnya memakan puluhan ribu pekerja dari kelima negara tersebut. Sehingga diberinama JEATH yang merupakan singakatan dari Jepang, England, Amerika, Thailand, dan Holland. Anda bisa mengunjungi museum ini yang terletak di dekat jembatan maut Kwai Death Railway. Selain museum disini juga terdapat sebuah kuil Wat Chai Chumphon, yang menyimpan berbagai bukti sejarah berupa barang dan peninggalan sejarah yang berhubungan dengan jembatan Kwai dari tahun 1940an.

7. Erawan National Park

Erawan National Park Image by yourthaiguide.com

Anda juga bisa mengunjungi Taman Nasional Erawan yang terletak di provinsi Kanchanaburi, yang lebih tepatnya berada di wilayah Tha Kradan, Thailand. Taman nasional ini memiliki luas 550 km persegi, yang memberikan keindahan alam yang tidak terlupakan. Salah satu yang paling menggoda wisatawan adalah Air Terjun Erawan yang sangat indah. Taman Nasional ini telah berdiri sejak 1975, dan merupakan taman nasional ke-12 yang berada di negara Thailand. Erawan National Park sangat terkenal di baik bagi warga Thailand maupun dunia karena adanya air terjun Erawan Falls, air terjun ini adalah air terjun tujuh tingkat yang mengalir ke kolam indah berwarna hijau dan dikelilingi hutan alami yang menjadi rumah bagi banyak hewan, seperti gajah, dan lainnya, selain itu bila Anda sedang beruntung, dapat menyaksikan elang melintas di atas kepala Anda. Tiga tingkat pertama dari Erawan Falls relatif mudah untuk dijangkau, tidak heran jika kolam yang ada di tiga tingkat ini lebih ramai turis dibandingkan kolam di tingkat yang lebih tinggi lagi.

8. Taman Nasional Khao Yai

Taman Nasional Khao Yai Image by Wisataya.com

Selain taman nasional Erawan Anda juga bisa mengunjungi Taman Nasional Khao Yai yang merupakan taman nasional terbesar ketiga di Thailand. Taman nasional Khao yai merupakan taman nasional tertua di negara ini dan juga sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO. Khao Yai adalah rumah bagi beberapa spesies tumbuhan dan hewan,  tiga objek utama taman adalah gajah Asia, owa putih, dan rangkong raksasa. Khao Yai adalah satu tempat tersisa dimana gajah Asia masih berkeliaran bebas, dan juga owa yang masih terlindungi dari pemburu.

9. Bang pa- in royal palace

Bang pa- in royal palace Image by TripAdvisor.com

Bang Pa-In Royal Palace merupakan sebuah komplek Istana Musim Panas yang digunakan oleh raja Thailand. Istana ini terletak memiliki pemandangan yang sangat indah karena terletak di tepi Sungai Chao Phraya di distrik Bang Pa-In. Bang PA-In Royal Palace terdiri dari taman yang luas, yaitu Warophat Phiman, Wehart Chamrunt, Aisawan Thiphya-Art, Ho Withun Thasana dan sebuah paviliun yang berada di tengah kolam.

10. Wat Chaiwatthanaram

Wat Chaiwatthanaram Image by easybook.com

Selain dari beberapa tempat wisata tadi, Anda juga bisa mengunjungi Wat Chaiwatthanaram yang merupakan Kuil Buddha yang berada di Taman Sejarah Ayutthaya. Kuil ini berada sebelah barat Sungai Chao Phraya dan merupakan salah satu dari tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Ayutthaya. Kuil Wat Chaiwatthanaram juga merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO namun tidak termasuk dalam bagian dari Kota Bersejarah Ayutthaya.

Demikian 10 wisata thailand selain bangkok yang bisa Anda kunjungi, masih banyak lagi tempat wisata di Thailand selain di bankok yang bisa Anda kunjungi, Anda hanya perlu mempersiapkan uang dan waktu saja.