Pemandangan Terindah di India – Tak hanya terkenal dengan film Bollywood-nya saja, India juga memiliki beragam budaya yang menjadi daya tarik wisata.

Salah satu negara dengan penduduk terpadat di dunia ini juga memiliki banyak tempat dengan pemandangan indah dan menakjubkan.


Wilayah daratan yang luas dengan beragam musim yang ada menjadikan banyak tempat di India memiliki pemandangan indah yang mengagumkan. Berikut ini kami sajikan informasi 10 pemandangan terindah di India yang tak boleh dilewatkan saat Anda berlibur ke sana!

1. Danau Dal Srinagar: Panorama Indah di Danau Luas dan Berliku

Di wilayah Srinagar terdapat sebuah danau yang sangat luas dan berliku-liku. Karena begitu luasnya dan berliku-liku, danau ini menjadi daerah yang menakutkan dan penuh legenda di masa lalu.

Namun, sekarang Danau Dal telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di India, dan mendapat julukan Permata Srinagar.

Keindahan panorama alam di Danau Dal tak boleh dilewatkan oleh wisatawan yang sedang berlibur ke India. Selain karena keindahannya, di Danau Dal juga banyak terdapat rumah perahu yang juga menjadi daya tarik wisata di tempat ini.

Anda bisa menikmati keindahan Danau Dal dengan berkeliling menggunakan perahu yang bisa disewa dari penduduk sekitar. Deretan perbukitan hijau yang mengelilingi danau semakin menambah keindahan pemandangan di danau ini.

2. Valley of Flower National Park: Taman Bunga Terindah di India

Valley of Flower National Park merupakan sebuah Taman Bunga yang terletak di Taman Nasional Uttarakhan, India. Karena letaknya yang berada di pegunungan Himalaya Barat, tempat ini menyajikan pemandangan alam yang indah dan mengagumkan.

Keindahan panorama area lembah hijau yang ditumbuhi beragam jenis bunga ini sungguh mempesona. Tak hanya itu, taman nasional ini juga dihuni oleh sejumlah hewan langka, di antaranya macan tutul salju, rubah merah, rusa kulit hitam, dan juga beruang coklat.

3. Pangong Lake: Danau Indah di Wilayah Pegunungan Himalaya

Danau Pangong sering dijadikan lokasi syuting film-film Bollywood karena memiliki latar pemandangan yang indah. Letaknya berada di wilayah Himalaya, dan merupakan salah satu danau terluas mengiringi jajaran pegunungan Himalaya sampai ke perbatasan China.

Pangong Lake dengan airnya yang berwarna biru dilatari pemandangan megah pegunungan Himalaya, menjadikan tempat ini salah satu destinasi wisata terkenal favorit wisatawan mancanegara.

4. Gua Ellora Aurangabad: Kuil di Dalam Gua yang Menjadi Situs Warisan Dunia

Gua Ellora merupakan situs arkeologi yang terletak di kota Aurangabad, Negara Bagian India Maharashtra. Gua ini terkenal sebagai situs warisan dunia peninggalan abad ke-5 dan abad ke-10 yang menjadi lambang arsitektur rock-cut India.

Kuil di dalam gua ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Rashtrakuta dan menjadi simbol dari keharmonisan agama selama periode sejarah India.

Gua Ellora menjadi salah satu tempat dengan pemandangan menakjubkan di India karena berupa kuil yang dibangun di dalam gua batu bukit dengan detail ukiran yang sangat teliti. Semuanya dibuat dengan tangan, hanya menggunakan palu dan pahat.

5. Gulmarg: Area Perbukitan Bersalju Destinasi Pecinta Ski dari Seluruh Dunia

Gulmarg merupakan daerah tujuan ski paling populer di India. Saat musim dingin tiba, daerah ini akan diselimuti oleh salju dan menyajikan pemandangan indah yang mempesona.

Lokasi Kota Gulmarg berada di wilayah negara bagian India Jammu dan Kashmir, tepatnya di daerah Prapanjal, Himalaya Barat. Selain bermain ski, Anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan di tempat ini dengan menaiki gondola.

6. Periyar and Wildlife Sanctuary Madurai: Taman Nasional yang Dihuni Berbagai Jenis Fauna

Taman Nasional Periyar merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di India Selatan. Pusat taman nasional berada pada sebuah danau buatan yang dibangun pada tahun 1895.

Danau buatan tersebut mulanya diperuntukkan sebagai irigasi dan persediaan air bagi kota Madurai. Saat ini, area tersebut telah menjadi taman nasional yang dihuni oleh beragam jenis fauna, seperti Gajah India, Berang-berang, Harimau Bengal, Celeng, dan Monyet Ekor Singa.

7. Taj Mahal: Di Balik Kemegahannya Tersimpan Kisah yang Sangat Romantis

Taj Mahal yang menjadi 7 keajaiban dunia ini juga merupakan salah satu tempat dengan pemandangan terindah di India. Di balik keindahan Taj Mahal juga tersimpan sejarah tentang Raja Mughal Shah Jahan yang begitu mencintai istrinya.

Suatu ketika Raja Shah Jahan yang bernama Mumtaz Mahal meninggal dunia. Sang raja sangat bersedih atas kepergian istrinya itu untuk selama-lamanya. Sebagai penyelamat dari kesedihannya, dibangunlah Taj Mahal pada tahun 1631 untuk mengenang kisah cinta mereka.

Ada taman yang sangat cantik bertema Taman Firdaus di sekeliling bangunan. Taj Mahal pun sangat populer sebagai salah satu tempat terindah di India bahkan di dunia.

8. Deretan Pantai nan Cantik di Daerah Goa

Di India terdapat suatu daerah yang terkenal memiliki pantai-pantai nan cantik. Anda bisa menemukan pemandangan terindah di India dengan berkunjung ke Goa.

Goa merupakan daerah dengan bibir pantai sepanjang 103 kilometer. Oleh karena itu, Goa memang terkenal dengan wisata pantainya yang cantik dan mempesona.

Ada banyak pantai yang bisa menjadi rujukan Anda saat berwisata ke Goa, India, di antaranya seperti Pantai Mandrem yang terkenal sebagai destinasi bulan madu, Pantai Agonda yang tenang dan banyak terdapat Lumba-lumba, serta Pantai Baga dengan kehidupan malamnya yang meriah.

9. Sungai Pushpawati: Lembah Hijau dengan Bunga-bunga Cantik

Sungai Pushpawati menawarkan pemandangan alam yang asri dan menyegarkan. Aliran sungai ini berasal dari gunung Uttarakhand dan bermuara di wilayah Badrinathji.

Sungai yang mengalir menyusuri lembah hijau dengan bunga-bunga nan cantik ini menjadi salah satu tempat dengan pemandangan terindah di India yang tak boleh dilewatkan saat Anda berlibur ke sana.

Sungai ini juga dikaitkan dengan legenda Pandawa yang melihat bunga-bunga cantik mengambang di sungai, sehingga dinamakan Sungai Pushpawati.

10. Biara Phugtal Gompa: Indahnya Pemandangan Gereja di Atas Tebing

Biara Phugtal Gompa memiliki keindahan dan keunikan tersendiri karena letaknya yang berada di atas tebing. Lokasi Biara Phugtal Gompa berada di sebelah tenggara Zanskar, di Ladakh, India Utara.

Lokasinya yang terpencil dan agak sulit dijangkau, membuat efek spiritual yang menenangkan bagi para biarawan dan biarawati yang tinggal di gereja ini.

Itulah informasi mengenai 10 pemandangan terindah di India yang dapat menjadi referensi tempat wisata bagi Anda yang tengah berlibur ke India.

Dengan demikian sekarang kita semakin mengenal India yang ternyata tak hanya terkenal dengan budaya dan industri perfilmannya saja, tapi juga panorama alamnya yang indah dan mengagumkan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat di atas? rencanakan liburan Anda ke India mulai dari sekarang yah!