10 Oleh-Oleh Khas Surabaya Kekinian Yang Wajib Dibawa Pulang – Suarabaya adalah salah satu kota terbesar di Indonesia yaitu lebih tepatnya kota kedua terbesar di Indonesia yang merupakan ibukota provinsi jawa timur, kota dengan ikon buaya dan ikan hiu ini juga memiliki peranan yang penting dalam kemerdekaan Indonesia, sehingga sangat banyak gedung dan kisah sejarah berasal dari kota Surabaya.

Surabaya memiliki luas sekitar 350 KM persegi dengan berbagai keindahan dan fasilitas di kota Surabaya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa surabaya merupakan kota yang menjadi salah satu kota dengan peranan penting untuk kemerdekaan Indonesia, yang akhirnya sekarang Surabaya disebut sebagai kota pahlawan.

Selain dari kota yang dikena sebaga kota pahlawan disurabaya juga sangat banyak pelajar di Indonesia menuntut ilmu di universitas-universitas yang juga masuk terbaik di Indonesia, selain itu juga kota surabaya memiliki banyak sekali jenis kuliner yang sangat memanjakan wisatawan, wisata kuliner di Surabaya yang sangat banyak akan sangat panjang untuk dibahas dalam artikel ini.

Membahas wisata, prestasi dan keindahan kota surabaya memang akan sangat panjang, dalam artikel ini kita akan membahas semuanya secara mendalam karena artikel ini akan membahas mengenai 10 oleh oleh khas surabaya kekinian atau secara umum apasaja oleh-oleh yang wajib Anda bawa saat berkunjung ke kota pahlawan ini.

1. Kue Lapis Surabaya

Lapis Surabaya Image by ncc-indonesia.com

Bagi anda pecinta kue dan menjadikan kue sabagai pilihan favorit untuk dijadikan oleh-oleh, disurabaya ada banyak pilihan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh, salah satunya adalah Kue Lapis Surabaya, warnanya yang sangat menarik yaitu dengan warna kuning dan coklat bergaris di tengah kue membuat kue yang satu ini memang sangat memikat.

Bukan hanya kue biasa, kue lapis surabaya ini juga memiliki isian slai didalamnya, rasanya yang empuk dan lembut membuat kue ini memang menjadi incaran para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh khas Surabaya.

Jika Anda melihat kue ini, sekilas terlihat mirip dengan sponge cake, namun rasa dan teksturnya berbeda, karena kue yang satu ini lebih lembut dan lebih wangi aromanya. Kelembutan tekstur ini dikarenakan kue ini diolah dengan lebih 20 butir telur untuk 1 buah kue, hal ini juga menyebabkan kue ini menjadi terasa elit dengan harga yang sedikit tinggi.

2. Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy Image by rejekinomplok.net

Bagi Anda pecinta kuliner pedas, di Surabaya memiliki sangat banyak pilihan kuliner pedas yang bisa Anda nikmati dan juga dibuat oleh-oleh kekinian. Salah satu sambal kemasan yang bisa Anda beli adalah sambal bu Rudy yang sudah melegenda yang pedasnya nikmat bukan hanya sekedar pedas saja. Sambal bu Rudy juga hadir dalam beberapa pilihan rasa, seperti sambal bawang, sambal udang, sambal bajak yang masing-masing dengan harga yang sangat terjangkau.

Sensasi pedas bukan hanya akan terasa dilidah Anda, namun juga udangnya sangat terasa dilidah sehingga bukan seperti sambal biasa saja yang hanya terasa cabai saja, tapi sambal ini memang berbeda dengan rasa udah yang khas. Sambal Bu Rudy memang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas, selain memang rasanya enak sambal ini memang sudah terkenal sehingga akan sanngat berkesan untuk dijadikan oleh-oleh. Jangan khawatir soal kemasan, karena sambal ini dikemas dengan baik dan profesional yang membuat Anda semakin percaya diri untuk memberikan oleh-oleh ini kepada siapa saja termasuk orang yang lebih tua ataupun untuk atasan.

3. Suoklat

Suoklat Image by dhydyan.wordpress.com

Bagi Anda penikmat olahan coklat, suoklat ini sangat cocok bagi Anda atau sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi orang yang sangat mencintai rasa coklat. Olahan coklat yang satu ini dibangun degan modal awal hanya 2 juta rupiah saja. Nama suoklat bukanlah nama yang salah ketik atau typo tapi nama ini berasal dari kata Suroboyo Cokelat yang ada awal produksi hanya varian kacang mete dan kurma saja, namun karena rasanya yang enak produk ini langsung bisa diterima oleh masyarakat.

Walaupun di awal-awal pembuatan produk ini mengalami kegagalan, namun dengan semakin berinovasi dan berusaha untuk semakin kekinian maka produk ini akhirnya mampu bertahan hingga sekarang. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh spesial ini di Jl, Gubeng Kertajaya atau Anda bisa menggunakan bantuan navigasi GPS untuk bisa menunjukan arah ke toko Suoklat.

4. Almond Crispy

Alomnd Chrispy Image by bukalapak.com

Oleh-oleh khas surabaya kekinian berikutnya adalah almond crispy, almond crispy memang menjadi salah satu oleh-oleh yang sedang naik daun di kota pahlawan, meskipun bisa dibilang merupakan salah satu oleh-oleh khas yang belum lama di produksi namun oleh-oleh yang satu ini bisa dibilang menjadi salah satu primadona kota pahlawan.

Makanan ringan ini dibuat dengan bahan-bahan pilihans eperti tepung, gula, susu, keju, telur, dan tentu saja almond yang menjadi toping. Jika dilihat dari bahannya, cemilan ini terlihat sederhana namun rasanya tidaklah sederhana, cemilan yang satu ini memang terkenal enak dengan varian rasa original, cheese, coklat, dan green tea.

5. Siropen Telasih

Siropen Telasih Image by oleholehdarisurabaya.com

Selain makanan saja, surabaya juga memiliki oleh-oleh khas berupa minuman segar yang kekinian, minuman ini terus berinovasi sejak berdiri dari tahun 1923 yang sebelumnya dikelola oleh belanda dan kemudian dipegang oleh orang Indonesia hingga sekarang. Konon dahulu minuman ini hanya dinikmati oleh kaum bangsawan saja sementara diluar itu tidak bisa menikmati minuman ini, mendengar sejarah tersebut tentu kita sudah bisa bayangkan bahwa minuman yang satu ini memang sangat spesial.

Inovasi demi inovasi tentu saja sudah dilakukan untuk terus mengikuti zaman sehingga bisa menjadi oleh-oleh kekinian di Surabaya, seperti varian rasa yang ada sekarang Anda sudah bisa menikmati rasa vanili, mawar, cocopandan dan lainnya.

6. Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Image by rewinnita.com

Abon sapi merupakan salah satu olahan lauk yang menjadi favorit banyak orang, di Surabaya Anda bisa mendapatkan abon sapi lezat yang bisa dijadikan oleh-oleh khas. Salah satu yang menjadi favorit adalah yang ada di Jalan Padmosusastro atau yang kemudian orang mengenalnya dengan Abon Sapi Padmosusastro.

Anda bisa memilih 2 varian rasa yaitu pedas dan manis, abon ini dikemas dengan berbagai ukuran sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan budget atau juga space tas bagi Anda yang ingin membeli abon sapi ini seagai oleh-oleh khas.

7. Jenang Sirup Mangrove

Jenang Mangrove Image by ibuarisusanti.wordpress.com

Masih degan minuman oleh-oleh khas Surabaya yang kekinian berkutnya adalah Jenang, sirup ini dipercaya mengandung vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan tubuh. Rasa dari sirup ini manis asam yang segar dengan berwarna coklat bertekstur kental.

Minuman ini sangat cocok jika dijadikan oleh-oleh karena memang sangat jarang didapatkan diluar kota Surabaya. Minuman ini juga menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin melengkapi oleh-oleh Anda yang mungkin sudah penuh dengan berbagai makanan khas kota Surabaya.

8. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Image by anekatempatwisata.com

Surabaya memang memiliki limpahan hasil laut, sehingga salah satunya menyebabkan pembuatan oleh-oleh khas ini, salah satu buah tangan kreatif masyarakat dalam mengolah hasil laut berupa seafood ini menjadi keurpuk yang sangat lezat. Kerupuk ini sangat lezat disantap dengan nasi ataupun juga disantap saat santai.

Kerupuk ini dijual dengan pilihan yang masih mentah ataupun yang sudah digoreng, bagi Anda yang ingin membawa kerupuk ini keluar kota dengan jarang yang jauh, sebaiknya untuk membeli varian yang mentah sehingga Anda bisa menggorengnya saat sudah tiba di rumah dengan rasa yang masih renyah.

9. Guna-Guna

Guna-Guna Image by wisatajawatimur.xyz

Namanya yang biasanya sering dihubungkan dengan sihir atau mantra membuat oleh-oleh yang satu ini memang menjadi naik daun. Isi dari oleh-oleh ini memang bukan mantra atau ilmu sihir namun berisi singkong dan kentang dengan berbagai varian rasa yang kekinian. Ada beberapa varian rasa yang bisa Anda beli, yaitu balado, kentang pedas, keju dan lainnya. Harga dari cemilan ini sangat terjangkau yaitu dimulai dari harga Rp.20.000

10. Kaos Cak Cuk

Kaos Cak Cuk Image by prelo.co.id

Bagi Anda yang pernah mengunjungi kota Yogyakarta mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan produsen kaos khas jogja Dagadu, di surabaya sendiri Anda bisa membeli kaos khas surabaya di Kaos Cak Cuk, distro yang berdiri dari tahun 2005 ini terus melakukan inovasi menjadikan produsen ini semakin menjadi oleh-oleh khas Surabaya kekinian. Selain produk kaos, distro ini juga memproduksi yang lannya seperti pin, mug, dan juga tas