Oleh-oleh khas Solo kekinian – Solo, merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang masih sangat kental unsur kebudayaannya. Selain memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk disambangi, kota Solo juga memiliki daftar oleh-oleh khas dan kekinian yang wajib dibawa pulang.

Apa saja daftarnya? Ini dia 10 oleh-oleh khas Solo kekinian yang tak boleh Anda lewatkan!


1. Serbat Solo

Serbat merupakan salah satu minuman tradisional masyarakat Jawa Tengah. Terbuat dari campuran jahe dan gula merah. Di kota Solo juga ada banyak penjual minuman serbat khas Solo, bahkan oleh-oleh khas solo ini juga bisa Anda beli dalam bentuk serbuk yang bisa Anda seduh saat tiba di rumah.

Harganya pun relatif terjangkau, pokoknya enggak bakal bikin ‘kantong bolong’ deh. Meski minuman serbat juga telah banyak dijual di kota lain sekitar Jawa Tengah, tapi Anda tetap harus mencoba serbat khas Solo ini. Enak dan menyegarkan badan.

2. Surabi Solo

Surabi memang menjadi makanan tradisional dan dapat kita jumpai di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Namun demikian, surabi Solo memiliki rasa yang khas dan sedikit berbeda dengan surabi dari daerah lainnya.

Oleh oleh khas solo kekinian berupa kuliner ini memiliki tekstur yang lebih tipis, dan kulit luarnya agak kering sehingga terasa ‘krenyes’ saat digigit. Rasanya manis, gurih, dan lembut, cocok disandingkan dengan teh hangat maupun kopi panas.

Salah satu penjual surabi Solo yang cukup terkenal beralamat di Jalan Muhammad Yani No 28, Kota Solo. Ada 2 pilihan rasa, yaitu surabi polos, dan surabi coklat. Harganya pun sangat bersahabat, silahkan mampir untuk mencicipi lezatnya oleh-oleh kuliner khas solo ini.

3. Abon Mesran Solo

Abon Mesran khas Solo merupakan kuliner yang terbuat dari bahan dasar daging sapi dan ayam yang menjadi salah satu favorit wisatawan saat menyambangi kota Solo.

Rasanya lezat dan bergizi, cocok dijadikan lauk makan ataupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Di kota Solo Anda tak perlu bingung untuk mencari penjual abon mesran, karena banyak pusat oleh-oleh yang menjual kuliner khas Solo yang nikmat ini.

Biasanya, abon mesra Solo dijual dengan harga mulai dari Rp 35 ribu sampai Rp 50 ribu per bungkusnya. Cukup terjangkau bukan?

4. Rambak Petis khas Solo

Oleh-oleh khas Solo kekinian berikutnya adalah jajanan rambak petis. Camilan yang menggugah selera ini rasanya gurih dan pedas. Cocok untuk dinikmati oleh keluarga di kala santai atau dijadikan sebagai lauk makan.

Camilan khas Solo kekinian ini akan menemani perjalanan Anda di kota Solo menjadi lebih menyenangkan. Harganya relatif terjangkau, yaitu sekitar Rp 130 ribu per kilogram.

5. Roti Kecik Ganep Khas Solo

Bagi para pelancong yang suka ngemil sambil santai bersama keluarga, roti kecik ganep merupakan camilan yang pas untuk dijadikan pilihan. Rasanya yang gurih dan renyah sangat cocok dinikmati bersama secangkir teh hangat.

Roti kecik genep dibuat dari bahan dasar tepung ketan dan memiliki rasa yang khas dan unik. Oleh-oleh khas Solo ini merupakan camilan yang pas untuk menemani Anda selama dalam perjalanan pulang dari kota Solo.

Jangan lupa memborong lebih banyak sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Satu bungkus roti kecik ganep ukuran besar ini biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 50 ribuan.

6. Intip Solo

Intip merupakan camilan yang terbuat dari kerak nasi yang tersisa pada panci menanak nasi, kemudian dijemur hingga kering, dan digoreng sebelum siap dikonsumsi.

Makanan tradisional ini sekarang menjadi kekinian karena telah tersedia dalam banyak rasa, seperti rasa original, gurih, ataupun manis.

Meski terkesan sederhana, intip memiliki sensasi rasa yang unik. Camilan dengan rasa yang renyah dan gurih ini menjadi salah satu camilan favorit orang Jawa.

Intip bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Solo kekinian yang bisa Anda bawa pulang. Harganya pun bervariasi namun tetap terjangkau, mulai dari Rp 5 ribu sampai Rp 15 ribu per buah.

7. Ampyang

Oleh-oleh khas Solo berikutnya merupakan camilan yang terkenal dengan rasa gurih, manis, dan legit. Terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang digoreng hingga kering, lalu dilelehkan dengan gula merah hingga membentuk gumpalan kacang berbentuk pipih.

Satu buah ampyang biasanya dijual seharga Rp 4 ribu sampai Rp 5 ribu. Anda bisa menemukan banyak penjual camilan ini di Pasar Gedhe, Solo. Tak hanya untuk oleh-oleh saja, ampyang juga bisa dijadikan camilan nikmat untuk menemani perjalanan Anda.

8. Serundeng Solo

Serundeng dapat menjadi makanan pelengkap lauk yang gurih. Makanan ini berbahan dasar kelapa parut yang dicampur dengan rempah-rempah, lalu digoreng tanpa minyak sampai berubah warna dan menimbulkan aroma yang wangi.

Makanan pelengkap khas Solo ini sangat menggugah selera dan cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk di rumah. Harganya juga terjangkau lho, diborong saja yang banyak!

9. Brem Solo

Brem Solo merupakan produk hasil peragian ketan. Air dari hasil peragian tape diolah kembali menjadi produk makanan dengan aneka bentuk, ada yang cair, kepingan, maupun berbentuk padat.

Meski sebenarnya merupakan makanan tradisional khas Wonogiri, namun camilan ini juga dikenal dengan sebutan Brem Solo. Dan Anda bisa menjumpai banyak penjual Brem di setiap sudut kota Solo.

Ciri khas dari camilan lezat yang satu ini adalah bentuknya berupa kepingan yang padat, rasanya pun unik, ada manis, masam, dingin, dan juga mudah larut di mulut. Rasanya yang unik membuat makanan tradisional ini menjadi sangat istimewa.

Hampir setiap pelancong yang menyambangi kota Solo pasti menyempatkan diri untuk berbelanja Brem Solo sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kota asalnya.

10. Klengkam Solo

Klengkam merupakan makanan yang terbuat dari kentang kering lalu dicampurkan dengan bumbu pedas. Camilan lezat khas Solo ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah.

Selain dijadikan sebagai camilan, makanan ini juga nikmat untuk dijadikan sebagai pelengkap lauk makan. Selain itu, camilan ini juga tahan lama sehingga tetap enak meski dibawa dalam perjalanan jauh.

Itulah 10 oleh-oleh khas Solo kekinian yang bisa Anda bawa pulang saat singgah di kota Solo. Masih banyak makanan khas Solo lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, salah satunya adalah Bakpia Balong.

Bakpia tak hanya ada di Jogja, di kota Solo juga ada lho! Kalau di Jogja namanya Bakpia Pathok, di Solo sering disebut dengan nama Bakpia Balong.

Camilan lezat ini memiliki varian rasa yang unik, mulai dari rasa ketan, kacang hitam, hingga rasa cokelat. Ciri khas dari Bakpia Balong dibandingkan bakpia lain adalah ukurannya yang lebih besar dan memiliki tekstur yang lebih lembut dengan paduan rasa isi yang ada di dalamnya.

Selamat berwisata belanja!