10 Oleh-Oleh Khas Semarang Selain Makanan Yang Wajib Dimiliki – Semarang adalah ibu kota dari provinsi jawa tengah dan menjadi salah satu kota terbesar ke 5 di Indonesia, dengan jumlah penduduk mencapai 2 juta jiwa. Kota semarang juga menjadi kota metro politan hanya dalam waktu yang singkat salsah satunya disebabkan karena industri dan perdagangan banyak berkembang di kota semarang, daya beli masyarakat terus meningkat, modal berputar dan siklus bisnis yang kondusif

Kota semarang juga memiliki bangunan yang eksotis dengan gaya arsitektur kuno menambah kesan kota dengan sejarang yang sangat banyak. Kota semarang juga sangat cantik untuk dijadikan spot foto, sudut kota dan tata letak banguan membuat kota semarang sangat populer sebagai salah satu destinasi wisata kota dan berburu spot berfoto yang cantik.

Selain dari arsitektur gedung yang sangat unik, kota semarang juga memiliki berbagai wisata alam yang sudah sangat terkenal di seluruh indonesia. Artikel kali ini tidak sedang membahas wisata di kota Semarang namun kami akan membahas tentang oleh-oleh yang merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki saat berada di kota Semarang.

Bicara mengenai oleh-oleh biasanya bicara mengenai makanan khas, baik itu kue ataupun makanan basah dan jajanan tradisional, namun kali ini kami ingin membahas suatu hal yang berbeda, yaitu oleh-oleh khas Semarang selain makanan atau kuliner, berikut kami rangkum 10 oleh oleh khas semarang selain makanan.

1. Batik Semarang

Batik Image by myimage.id

Kekayaan jenis dan corak batik di Indonesia memang sangat beragam, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas jenis dan corak kain khususnya batik ini. Tidak terkecuali di kota semarang, batik semarang adalah salah satu oleh-oleh khas semarang selain makanan yang wajib Anda bawa pulang.

Motif batik yang sangat unik dan berbeda dengan daerah lain di Indonesia membuat siapa saja yang menggunakannya akan terlihat sangat elegan dan berkelas. Anda bisa dengan mudah mendapatkan oleh-oleh batik semarang dengan mudah di kampung batik Semarang yang terletak di Jalan Patimura. Diketahui bahwa pada tahun 2005 pemerintah setempat mulai menghidupkan lagi batik semarang yang sebelumnya sudah di hancurkan para penjajah baik jepang maupun belanda.

Menurut catatan yang ada batik semarang sudah berkembang di kota Semarang sejak tahun 1919 dan sangat berkembang dari mulai 1919 sampai 1925, tentu bisa kita lihat bahwa jenis batik ini memang benar-benar sudah lama dan melegenda.

2. Kaos Khas Semarang

Kaos Khas Image by Mytrip123.com

Selayaknya beberapa kota lain di Indonesia yang memiliki oleh-oleh kaos khas, di Semarang juga memiliki oleh-oleh Kaos semarang, warna dan desainnya yang sangat cantik membuat banyak wisatawan ingin membeli dan menggunakannya.

Selain itu gambar-gambar yang ada di kaos semarang sangatlah unik, juga berisikan gambar-gambar kota semarang itu sendiri.

3. Kerajinan Eceng Gondok

Kerajinan Eceng Gondok Image by beritadaerah.co.id

 

Salah satu bahan baku kerajinan yang sangat ramah lingkungan adalah bahan eceng gondok, bahan alami dari tumbuhan eceng gondok ini memang sangat kuat jika sudah kering sehingga sangat cocok untuk dijadikan sovenir atau oleh-oleh khsus kota semarang.

Meskipun berbahan yang sederhana yaitu dari eceng gondok, namun produk dari bahan eceng godok ini sudah di ekspor ke berbagai negara.

Tanaman eceng gondok yang dijadikn produk cantik memang sangat ramah lingkunan, selain untuk membersihkan rawa ataupun danau, yang jika tidak diambil atau diangkat eceng gondok dalam sebuah danau, maka hewan-hewan yang ada dalam danau bisa mati karena eceng gondok menjalar dan menutup semua permukaan air.

Anda bisa menemukan kerajinan eceng gondok ini diberbagai toko khas oleh-oleh atau toko kerajinan yang ada di kota semarang.

4. Berburu Oleh-Oleh di Kampoeng Semarang

Kampoeng Semarang Image by hellosemarang.com

Salah satu tempat terbaik bagi Anda yang tidak ingin membawa makanan sebagai oleh-oleh khas Semarang adalah mengunjungi kampoeng Semarang. Kampoeng semarang adalah lokasi yang menjual hasil kerajinan yang berasal dari UKM terbaik di Semarang jadi tidak perlu khawatir akan kualitas kerajinannya, yang Anda perlukan hanya memilih yang terbaik buat Anda jadikan oleh-oleh khas semarang selain makanan.

5. Teng-Tengan

Teng-Tengan Image by jateng.merdeka.com

Kerajinan khas kota Semarang yang satu ini memang sudah melegenda, bahkan sudah ada sebelum Indonesia merdeka, kerajinan ini dulunya digunakan sebagai penerang yang biasa digunakan untuk membuat suasana yang meriah dan terang saat malam di Bulan Ramadhan. Selain itu Teng-Tengan juga biasa dibuat sebagai alat penerang di masjid atau mushola yang memang pada waktu itu belum ada aliran listrik di kota semarang.

Sekilas terlihat seperti lampion, namun jika dilihat lagi saat dinyalakan ada gambar bentuk siluet hewan yang terlihat seperti bergerak yang disebabkan oleh bayangan. Meskipun saat ini tidak lagi difungsikan sebagai penerangan, namun Teng-Tengan masih menyimpan daya tarik tersendiri saat mengunjungi kota Semarang dan bisa untuk dijadikan oleh-oleh khas Semarang.

6. Batik Lawang Sewu

Batik Lawang Sewu Image by Pinterest.com

Batik di kota semarang sangat beragam, salah satunya adalah batik Lawang Sewu, batik yang satu ini sangat cocok dipakai untuk acara resmi ataupun santai, nama Lawang Sewu memang berasal dari salah satu ikon kota semarang, sehingga di kain batik inipun terdapat gambar Lawang Sewu yang dibatik dengan indah. Objek wisata Lawang Sewu menjadi inspirasi dari pembuatan corak batik ini, dan kemudian menjadi salah satu batik yang khas di kota Semarang.

Bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh khas semarang selain makanan, Batik Lawang Sewu ini bisa menjadi pilihan tepat.

7. Batik Asem Tugu

Batik asem tugu Image by infobatik.id

Batik Asem tugu ini berasal dari pohon asam yang memang dulunya sangat banyak di kota semarang, namun saat ini jika Anda berkunjung ke kota semarang akan sangat jarang Anda menemukan pohon asem lagi. Dari banyaknya pohon asem tersebut sehingga menjadi inspirasi pembuatan batik ini sehingga memang corak dari bati yang satu ini terdapat pohon asem, dari mulai bunga, daun pohon asem dan juga buah asem. Selain pohon asem menjadi inspirasi dari pembuatan corak batik ini, di kota semarang juga terdapat tugu yang juga menjadi salahs atu ikon dari kota semarang, sehingga batik ini dinamakan batik asem tugu, tidak hanya nama saja gambar tugu juga masuk di corak batik ini.

Corak yang elegan ini sangat cocok untuk jadikan sebagai bahan pakaian resmi seperti untuk pernikahan, dan untuk acara kantoran. Sehingga batik ini bisa menjadi salah satu oleh oleh khas selain makanan yang wajib Anda bawa.

8. Kerajinan Bordir

Kerajinan Bordir Image by handukbordirsemarang.com

Selain dari beberapa corak batik yang indah, di kota Semarang bukan hanya batik saja yang bisa Anda bawa pulang, namun kerajinan bordirpun bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Semarang yang wajib Anda bawa pulang. Kerajinan ini biasanya berbentuk payet atau hiasan bordir yang basanya digunakan untuk baju pengantin. Kerajnan bordir ini sangat terlihat elegan, Anda bisa melihat-lihat dan membelinya dengan mengunjungi desa Wonorejo.

9. Kerajinan Kuningan

Kuningan Image by kaligrafikuningan.wordpress.com

Kuningan adalah salah satu jenis logam yang sangat banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan, bagi Anda yang menyukai dengan kuningan Semarang adalah kota yang tepat bagi Anda untuk berburu beragam kerajinan kuningan yang sangat indah.

Ada berbagai macam bentuk kerajinan kuningan yang bisa Anda temukan, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan budget dan keindahan ukiran kuningan.

10. Kopi Banaran

Kopi Banaran Image by BukaLapak.com

Oleh-oleh khas semarang selain makanan berikutnya adalah kopi, kopi yang merupakan salah satu minuman yang disukai banyak orang memang sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas. Kopi semarang atau kopi Banran dan Gunung Kelir adalah salah satu pilihan yang tepat. Sangat cocok menjadi teman dan pelengkap bagi Anda yang sudah mempersiapkan oleh-oleh khas Semarang dengan berbagai jenis makanan khas baik itu makanan besar atau yang berupa makanan ringan.

Tidaklah sulit untuk mendapatkan kopi khas ini, Anda bisa berkunjung ke CJ Mart di Gedung UMKM Center, atau Anda bisa mencarinya di toko oleh-oleh khas Semarang.

Demikian 10 oleh oleh khas semarang selain makanan yang wajib Anda bawa pulang, cara terbaik mencari oleh-oleh khas kota Semarang selain makanan adalah dengan mengunjungi pusat-pusat UMKM di Semarang atau langsung ke toko oleh-oleh khas semarang sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dijalanan ketika mencari oleh-oleh khas selain makanan atau kuliner di kota Semarang.