10 Oleh-Oleh Khas Medan Murah Yang Wajib Dimiliki – Berwisata tidak lengkap jika tidak berburu oleh-oleh khas suatu daerah, membeli oleh-oleh khas suatu daerah membuat kesan berlibur di kota tersebut menjadi lebih indah. Tidak heran jika setiap orang yang melakukan jalan-jalan ke suatu daerah pasti menyempatkan diri untuk membeli makanan khas atau oleh-oleh yang di bawa pulang untuk disantap di rumah atau dibagikan dengan teman, tetangga atau sanak saudara.

Oleh-oleh dari setiap daerah atau negara tentu berbeda-beda, di Indonesia sendiri setiap provinsin memiliki oleh-oleh tersendiri bahkan disebagian tempat disetiap kabupaten memiliki ciri khas yang dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawannya.


Salah satu kota tujuan wisata terkenal di Indonesia adalah kota medan, kota yang masuk dalam 10 kota besar di Indonesia ini menyimpan potensi wisata yang sangat indah, termasuk juga wisata kuliner. Artikel kali ini tidak membahas mengenai apa saja wisata yang ada di Kota Medan namun akan membahas 10 Oleh-Oleh Khas Medan Murah Yang Wajib Dimiliki, semoga menjadi bahan tambahan mencari oleh-oleh khas saat berkunjung ke kota Medan.

1. Jambu Biji

Manisan Jambu Biji Image by TourToba.com

Buah jambu biji, buah yang satu ini memang sangat banyak manfaatnya baik olah sebagai jus maupun dimakan segar, namun di Medan buah jambu tidak hanya diolah sebagai jus dan dimakan sebagai buah segar, di Medan Anda bisa menemukan buah jambu diolah sebagai manisan, manisan jambu ini dapat Anda temui banyak di pinggiran jalan di kota Medan.

Dengan dijadikan manisan, keaslian dan khasiat dari jambu batu masih bisa Anda nikmati. Jambu batu yang dibuat manisan adalah jambu segar, sehingga jika Anda menjadikan manisan ni sebagai oleh-oleh, tentu ada batasan waktu agar manisan ini masih bisa digunakan atau dikonsumsi. Bagi Anda yang ingin membawakan oleh-oleh berupa manisan jambu, pastikan jarak tempuh Anda tidak begitu jauh sampai berhari-hari, karena bisa jadi ketika Anda sudah sampai ditujuan manisan ini sudah tidak dapat dikonsumsi lagi.

2. Sirup Buah Markisa

Sirup Markisa Medan Image by markisamedan.com

Selain dari manisan jambu, oleh-oleh segar lainnya yang dapat Anda beli adalah sirup buah markisa, buah markisa memang sering dibuat sebagai oleh-oleh khas, termasuk didaerah sulawesi selatan juga memiliki oleh-oleh khas berupa olahan buah markisa.

Namun bagi Anda yang ingin menikmati segaranya buah markisa dan sedang berlibur di Medan, Anda tidak perlu jauh-jauh memesan jus buah markisa ke derah sulawesi selatan, di Medan banyak olahan sirup markisa yang bisa Anda beli dan jadikan sebagai oleh-oleh.

Kualitas dari sirup buah markisa tidak diragukan lagi, sirup buah markisa khas medan sudah lama terkenal dan menjadi salah satu oleh-oleh favorit di Medan. Merek yang biasanya paling banyak orang mencarinya adalah sirup markisa merek Sarang Tawon atau sirup markisa merek Pohon Pinang, kedua merek ini memang sudah lama terkenal di kota Medan.

3. Pancake Durian

Pancake Durian Image by ucokdurian.id

Bagi Anda pecint pancake dan pecinta rasa buah durian, membeli pancake durian khas kota Medan adalah pilihan tepat, pancake yang sekilas berbentuk kue serabi ini dibentuk dengan cara digulung, kulit dari pancake durian terbuat dari tepung dan isinya isi dari daging buah durian pilihan.

Pancake durian kini memiliki banyak varian rasa, mulai rasa mocca, coklat atau pandan, semua varian rasa ini sangat lezat dan layak Anda coba kesemua rasa pancake ini. Seperti olahan manisan sebelumnya, tentu pancake ini berjenis kue basah yang memiliki daya tahan ketika Anda bawa sebagai oleh-oleh, pastikan perjalanan Anda untuk memberikan oleh-oleh atau sekedar dinikmati di rumah bukan perjalanan yang jauh, sehingga setibanya Anda di rumah pancake ini masih layak untuk di konsumsi.

4. Bika Ambon

Bika Ambon image by tokomesin.com

Siapa yang tidak mengenal kue yang satu ini, bagi orang awam tentu akan mengira bahwa kue ini berasal dari kota Ambon, namun pada kenyataannya kue ini memang berasal kota Medan dan merupakan salah satu kuliner khas kota Medan. Tekstur berserat bika ambon membuat kue yang satu ini sangat legit ketika digigit, dengan bahan yang terbuat dari tapioka, santan, gula, telur dan air nira, juga sering di variasi dengan beberapa varian rasa.

Ketika Anda mengunjungi kota Medan Anda akan dengan mudah menemukan banyak sekali toko kue atau toko oleh-oleh yang menjual bika ambon, namun banyak orang yang memiliki pengalaman rasa merekomendasikan bika ambon Ibu Zulaikha yang menjadi salah satu tempat produsen bika ambon paling populer di Medan.

5. Teri Medan

Teri Medan Image by Indonesian-medan-food.blogspot.co.id

Ikan teri merupakan salah satu jenis ikan yang sangat populer di Indonesia, tidak hanya dimedan memang ikan teri begitu populer, namun di beberapa daerah di Indonesia khususnya daerah yang memiliki garis pantai sangat populer dengan olahan ikan yang satu ini.

Namun ketika Anda berada di kota Medan jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh khas Medan ini, karena oleh-oleh ini berupa ikan kering dengan pengawet alami tentu oleh-oleh ini akan lebih tahan lama dibandingkan dengan oleh-oleh lainnya sebelumnya. Sehingga tidak mengkhawatirkan saat Anda akan membawa oleh-oleh ini dalam perjalanan yang jauh.

Teri medan memiliki harga yang bervariasi, dari mulai Rp.70.000 hingga Rp.80.000 per kilo gramnya, juga tidak begitu sulit untuk menemukan ikan teri medan, Anda cukup mengunjungi jalan Majapahit yang sudah terkenal banyak penjual teri Medan mentah disana.

6. Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk Image by food.detik.com

Oleh-oleh khas medan murah berikutnya adalah kacang sihobuk, sesuai namanya kacang ini memang berasal dari desa Sihobuk, sala satu desa di Tapanuli Utara. Kacang tanah yang berada di daerah ini memang terkenal akan kualitasnya, selain kualitas kacang yang terkenal, cita rasa gurih dan lezat merupakan salah satu yang paling populer di kota Medan.

Cemilan ini merupakan kacang tanah pilihan dengan diolah dengan cara di sangrai dengan pasir dalam kuali yang sangat besar, panas dari pasir akan membuat kacang matang merata dan memiliki rasa yang gurih juga garing. Untuk mendapatkan oleh-oleh yang satu ini Anda tidak perlu kesulitan mencarinya, karena semua toko oleh-oleh biasa menyediakan oleh-oleh kacang Sihobuk ini.

7. Medan Napoleon

Medan Napoleon Image by dimedan.co

Oleh-oleh khas medan murah lainnya adalah Medan Napoleon, oleh-oleh yang satu ini salah satu oleh-oleh yang terkenal di kota Medan, sehingga bisa dibilang wajib ada jika Anda ingin membawakan saudara atau teman oleh-oleh dari kota Medan.

Medan Napoleon sejenis bolu gulung dengan isi selai dan tumpukan pastry, dengan rasa legit dan lezat. Pemilik toko ini adalah salah satu artis ternama di tanah air, yaitu Irwansyah. Tidak jarang Anda akan menemukan antrian yang cukup panjang ketika ingin membeli Medan Napoleon.

8. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang Image by minumkopi.com

Bagi Anda penikmat kopi, kota medan memiliki oleh-oleh khas yang cocok buat Anda, yaitu kopi Sidikalang. Kopi khas ini tentu memiliki cita rasa yang berbeda dibandingkan daerah lain. Seperti yang kita ketahui bahwa biji kopi memiliki keunikan dan menghasilkan rasa yang berbeda-beda dari setiap daerah, dipengaruhi oleh cara merawat dan juga struktur tanah membuat kopi memiliiki hasil dan rasa yang berbeda-beda, begitu pula dengan cita rasa Kopi Sidikalang.

Kopi Sidikalang salah satu jenis kopi yang sangat terkenal di Sumatera Utara bahkan juga sampai ke luar negeri. Nama Sidikalang sendiri adalah nama daerah pegunungan yang sejuk dengan tanah yang subur dan curah hujan yang cukup sehingga memberikan pertumbuhan biji kopi yang terbaik.

Rasa yang unik dan juga enak mampu bersaing dengan kopi luar negeri seperti kopi Brazil yang merupakan salah satu jenis kopi terbaik di dunia. Bagi Anda yang khawatir dengan harga kopi berkelas, Kopi Sidikalang masih memiiliki harga yang terjangkau, sehingga sangat cocok untuk membeli banyak dan dijadikan oleh-oleh. Bagi Anda yang ingin menikmati langsung kenikmatan dari kopi ini, Anda bisa membelinya di warung-warung terdekat.

9. Dolung-dolung Parapat

Dolung-dolung image by Jurnalsumut.com

Salah satu jajanan pasar yang enak dan merupakan oleh-oleh khas medan murah yang lezat adalah dolung-dolung, dolung-dolung adalah jenis makanan yang berasal dari tepi danau toba yaitu Kota Parapat. Jajanan tradisional ini bisa menjadi pilihan untuk dijadikan oleh-oleh khas Medan.

Berisi gula aren dan kelapa parut yang dibungkus oleh adonan tepung beras dan pembuatannya di balut dengan daun bambu, membuat aroma dan kelezatan jajanan pasar ini semakin lezat. Hidangan ini bisa dinikmati sambil mengikmati keindahan alam danau toba. Namun bagi Anda yang ingin membawa pulang dan dijadikan oleh-oleh, jajanan pasar ini sangat cocok.

Namun sekali lagi, karena ini berupa kue basah tentu kita harus memperhatikan waktu tempuh dalam membawa jajanan pasar ini.

10. Bolu Meranti

Bolu Meranti Image by kulinerkhasmedan.com

Satu lagi jenis kue bolu yang menjadi favorit di Kota Medan dan menjadi oleh-oleh khas di kota Medan. Bolu meranti adalah kue gulung dengan tekstur luar dalam yang lembut, bolu miranti memiliki beragam rasa, dari nanas, keju, moka, coklat hingga blueberry. Bolu ini bisa Anda jadikan oleh-oleh dan bsia bertahan selama 3 hari di lemari pendingin.

Demikian 10 oleh-oleh khas medan murah yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda saat berlibur di kota Medan.