10 Oleh-Oleh Khas Medan Kekinian Yang Wajib di Bawa Pulang – Kota yang merupakan urutan tiga kota terbesar di Indonesia ini memang sangat menarik untuk dikunjungi, baik itu wisata dalam kota maupun wisata alam. Kota Medan juga sering disebut pintu gerbang Indonesia bagian barat karena keberadaan pelabuhan belawan dan bandar udara internasional kuala namu yang merupakan bandar udara terbesar kedua di Indonesia, bandara yang sangat terkenal ini karena dilengkapi dengan jalan tol dan kereta api ini memang menjadi salah satu ikon dan yang paling dikenal oleh banyak orang saat mengunjungi kota Medan.

Keindahan kota Medan ditambah dengan sangat banyak bangunan-bangunan dengan arsitektur tua khas arsitektur belanda, contohnya adalah gedung balai kota lama, kantor pos medan dan masih banyak lagi. Selain dari keindahan dan keunikan arsitektur bangunan kuno nuansa belanda juga masih banyak bangunan sejarah yang masih berdiri tegak di kota Medan, beberapa di antaranya adalah Masjd Raya Medan, Istana Maimun, Masjid Raya Al Osmani dan juga salah satu yang terkenal adalah Rumah Tjong A Fie.


Artikel kali ini tidak akan mengeksplor keindahan kota medan namun kita akan membicarakan kuliner khas khsusunya oleh-oleh khas kota medan yang bisa dibilang kekinian, berikut kami rangkum 10 oleh oleh khas medan kekinian yang wajib dibawa pulang.

1. Bika Ambon

Bika Ambon Image by coockpad.com

Kita mulai dari oleh-oleh khas Medan bika Ambon, meskipun nama kue ini ada nama kota Ambon namun sama sekali bukan berasal dari Ambon, kue ini memang khas kota Medan. Kue yang berbahan dasar telur, gula dan santan ini umumnya dijual dengan rasa pandan, namun bika ambon kekinian memiliki varian rasa yang lebih banyak, dari mulai keju, coklat, hingga durian.

Oleh-oleh khas Medan yang satu ini biasanya masih tahan sampai 4 hari, sehingga bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan jauh, pastikan untuk dikonsumsi sebelum hari ke 4. Saat Anda berada di kota Medan Anda akan sangan mudah menemukan oleh-oleh ini di pusat-pusat oleh-oleh khas Medan ataupun biasanya banyak di Jalan Mojopahit.

Nama Ambon diperkirakan berasal dari lokasi penjualan kue bika ini dijalan Ambon, yang akhirnya terkenal dan masyarakat terbiasa dengan sebutan Bika Ambon (Bika di Jalan Ambon).

2. Bolu Meranti

Bolu Meranti Image by pesonanusantara.co.id

Bolu Meranti adalah salah satu oleh-oleh khas medan yang wajib dibawa pulang saat Anda berkunjung ke kota Medan. Sama seperti bika ambon diperkirakan nama meranti berasal dari nama jalan yaitu Jalan Meranti yang merupakan toko pertama yang menjual bolu ini dan kemudian masyarakat Medan biasa menyebutnya dengan Bolu Meranti.

Tekstur bolu yang lembut dengan rasa yang legit sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh khas Medan, bagi Anda yang bosan dengan rasa kue bolu, Anda tidak perlu khawatir karena bolu ini menjadi bolu kekinian dengan berbagai macam varian rasa, dan sebagai salah satu oleh-oleh khas Medan yang terkenal tentu akan terus berinovasi dari segi rasa.

Saat ini Anda bisa membeli Bolu Meranti dengan rasa, keju, nanas, mocca, kacang, hingga blueberry. Bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh ini sebaiknya tidak lebih dari 3 hari karena bolu meranti bisa bertahan hingga 3 hari. Anda bisa membeli kue Bolu Meranti di sisingamangaraja no 19B.

3. Kain Ulos

Kain Ulos Image by tourtoba.com

Oleh-oleh khas medan kekinian bukan hanya makanan saja, namun dari segi fashion dan juga sandang juga tersedia di kota Medan. Salah satu yang wajib Anda bawa pulang adalah Kain Ulos, Kain Ulos salah satu kain yang wajib dikenakan dalam berbagai upacara budaya dan juga pernikahan. Kain ini berbentuk seperti selendang panjang dengan warna-warna yang sangat indah yang biasanya digunakan dengan cara seperti diselempangkan di badan kemudian diikat di kepala.

4. Sirup Markisa

Sirup Markisa Image by travel.tribunnews.com

Selain Kota Makassar terkenal dengan sirup markisa kota Medan juga terkenal dengan sirup markisa, dan salah satu oleh-oleh yang wajib bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh ini dalam waktu lama karena memang markisa dalam kemasan ini bisa bertahan lama. Bagi Anda yang belum sempat mencicipi segarnya buah markisa di Medan, olahan sirup Markisa menjadi solusi terbaik karena Anda masih bisa mendapatkan kesegaran seperti buah markisa asli. Sirup ini dipercaya mengandung sangat banyak vitamin C sehingga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan melengkapi kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

Anda dapat menemukan penjualan sirup markisa ini dengan mudah dipusat penjualan oleh-oleh khas kota Medan dengan mudah.

5. Teri Bajak

Teri Bajak Image by medanbisnisdaily.com

Bagi Anda pecinta kuliner pedas yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan, teri bajak adalah olahan ikan teri yang diolah secara modern dengan rasa pedas yang menggugah selera makan. Tekstur renyah membuat teri bajak khas medan ini memang sangat cocok dijadikan teman makan nasi. Teri Bajak merupakan salah satu oleh-oleh khas medan kekinian dan juga tahan lama, sangat cocok bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh dalam perjalanan jauh.

Tambahan kacang dalam sambal menambah rasa khas dan nikmat dari sambal bajak ini, meskipun rasa yang lezat dan olahan ikan teri dibeberapa kota terkenal mahal, namun teri bajak ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai dari 40 ribu rupiah, yang bisa Anda dapatkan di jalan SM Raja Medan dan beberapa tempat penjualan oleh-oleh khas medan.

6. Manisan Jambu

Manisan Jambu Image by tourtoba.com

Jika selama ini Anda mengkonsumsi buah jambu dengan cara dimakan langsung jambu segar, ataupun di blender menjadi jus jambu di kota Medan Anda bisa mencicipi olahan jambu yang berbeda yaitu manisan jambu, manisan jambu ini berasal dari olahan Jambu jenis Jambu Bangkok bentuknya yang besar sehingga sangat cocok dijadikan manisan.

Manisan ini bisa bertahan hingga 3 hari, sangat cocok bagi Anda yang sedang dalam perjalanan dan menjadikan manisan jambu ini sebagai oleh-oleh khas. Selain rasa segar khas dari manisan, manisan jambu juga masih memiliki khasiat-khasiat yang baik dari buah jambu, salah satunya adalah baik untuk penderita DBD karena buah jambu diyakini dapat menaikan trombosit.

7. Risol

Risol Image by Bukalapak.com

Makanan yang satu ini biasa juga disebut risoles dibeberapa daerah, risol di kota Medan juga sangat terkenal dan biasa dijadikan oleh-oleh khas Medan, oleh-oleh Kekinian ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di kota Medan, isi daging cincang dan sayuran dengan kulit dilapisi tepung panir dan kocokan telur ayam membuat rasanya sangat khas dan lezat.

Salah satu yang terkenal di kota Medan adalah Risol Spesial Gogo yang sudah buka sejak tahun 1981, yang memiliki rasa lezat dengan tekstur luar yang lebih lembut

8. Pia Tamiang

Pia Tamiang Image by id.openrice.com

Bukan hanya di kota Yogykarta kue Pia sangat terkenal, di kota Medan juga ada oleh-oleh kekinian kue pia dengan nama Pia Tamiang, pia tamiang adalah jenis kue kering denganĀ  bahan tepung dengan isian tertentu. Salah satu yang paling terkenal di kota Medan adalah Pia Hou Chen yang sudah memproduksi kue pia selama 40 tahun.

Nama kue Pia Tamiang juga berasal dari nama jalan yang pada waktu itu tempat berjualan kue pia ini, yaitu jalan Tamiang. Saat ini pia kekinian bisa Anda dapatkan dengan lebih banyak isian dan aneka rasa, sehingga kue pia Tamiang ini bisa dikatakan sebagai oleh-oleh khas medan kekinian.

9. Ikan Sale

Ikan Sale Image by Cookpad.com

Mungkin selama ini Anda hanya mendengar nama makanan pisang sale, yaitu pisang masak yang dijemur dan digoreng kering. Namun bagi Anda yang berkunjung dikota Medan Anda bisa mendapatkan olahan Ikan Sale, ya bukan pisang tapi ikan. Olahan ikan ini juga kurang lebih mirip dengan pisang sale yaitu diproses dengan di jemur atau di asap yang berbahan dasar ikan lele. Ikan biasanya dijadikan olahan gulai ikan atau digoreng kering dan dimakan dengan irisan bawang dan cabai

10. Roti Ganda Medan

Roti Ganda Image by food.detik.com

Roti yang satu ini memang sesuai dengan namanya, yaitu roti yang dioles dengan mesen dan coklat kemudian dibagi menjadi dua bagian. Sekilas terlihat seperti roti bakar bandung, tapi Anda bisa mendapatkan rasa yang berbeda dengan rasa khas Roti Ganda.

Demikian 10 oleh oleh khas medan kekinian yang wajib Anda bawa pulang, semoga bisa menjadi rekomendasi oleh-oleh saat Anda mengunjungi kota Medan