10 Oleh-Oleh Khas Malang Kekinian Yang Wajib Dibawa Pulang – Salah satu kota dengan tujuan belajar di Indonesia adalah Malang, selain tujuan belajar kota malang juga terdapat wisata-wisata yang sayang jika tidak dikunjungi. Kota yang juga terkenal dengan udara yang sejuk ini memang sangat betah untuk berlama-lama di kota Malang, bahkan tidak jarang orang yang sudah mengunjungi kota ini ingin sekali kembali mengunjungi bahkan menetap di kota Malang. Kota Malang juga terkenal dengan olahan Baksonya, baik itu Bakso Malang maupun Bakso Bakar Malang yang sudah banyak di jual dibeberapa kota besar di Indonesia, selain wisata di Kota Malang wisata kuliner memang sangat cocok di kota yang sejuk ini.

Selain itu bagi Anda yang sedang berlibur di kota Malang Anda juga bisa dengan mudah menemukan oleh-oleh khas Malang, salah satunya yang paling terkenal adalah buah Apel. Buah apel memang sangat terkenal dengan buah apelnya, khususnya apel hijau yang memang banyak tumbuh di wilayah sekitar Malang.

Selain buah apel segar, ada beberapa oleh-oleh yang sangat terkenal dan sering dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berlibur ke kota Malang, berikut artikel ini akan membahas 10 oleh oleh khas malang kekinian yang wajib di bawa pulang.

1. Keripik Tempe

Keripik Tempe Image by kudo.co.id

Tempe memang terkenal akan banyak olahan yang bisa dibuat, dari mulai olahan makanan berat, seperti tempe penyet, tempe mendoan, dan lainnya, hingga keripik tempe. Keripik tempe juga merupakan salah satu oleh-oleh yang bisa Anda dapatkan dikota Malang, rasa yang gurih dan renyah membuat olahan tempe satu ini menjadi favorit di kota Malang.

Beberapa keripik tempe diolah dengan berbahan dasar kedelai impor, sehingga rasa dari keripik tempe ini berbeda dengan keripik tempe di kota lain di Indonesia. Bagi Anda yang tidak begitu menyukai rasa dari tempe, Anda tidak perlu khawatir karena keripik tempe di kota Malang bukan hanya rasa original saja, namun beberapa varian rasa juga tersedia, dari mulai rasa balado, ayam bakar, ayam bawang pedas, barbeque, balado cabe hijau, dan masih banyak lagi.

2. Keripik Apel

Keripik Apel Image by Bintang.com

Malang memang sangat identik dengan buah apel khususnya apel hijau, tidak jarang jika orang menyebut kota ini dengan sebutan kota Apel. Apel memang sangat melimpah di kota Malang, terutama salah satu kota penghasil Apel adalah kota Batu, yang jaraknya cukup dengan dengan pusat kota malang.

Apel yang melimpah dikota Malang tidak hanya dikonsumsi sebagai buah segar namun juga Apel diolah menjadi aneka ragam olahan salah satunya adalah keripik Apel. Keripik dengan bahan dasar Apel segar ini memang sangat sering dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan.

Keripik yang satu ini memang memiliki rasa yang unik, renyah dan sedikit sepat khas buah apel masih terasa di keripik apel ini. Bagi Anda yang ingin mencoba keripik lainnya, di Malang juga masih terdapat beberapa buah yang dijadikan olahan keripik, seperti nangka,  rambutan, mangga dan masih banyak lagi.

3. Madu

Madu Image by tipstren.pojoksatu.id

Salah satu oleh-oleh khas Malang kekinian adalah madu, madu yang ada di Kota malang bersumber dari madu alami yang memang diternak dan dipanen, bahkan merupakan salah satu tempat wisata di kota Malang, yaitu berwisata untuk memetik madu di Agro Tawon Malang.

Sehingga jangan takut untuk membeli madu sebagai oleh-oleh khas malang, karena madu yang dijual pasti madu asli karena tidaklah sulit untuk menemukan madu asli di kota Malang.

4. Buah Apel

Apel Malang Image by wisatamalangku.com

Jika sebelumnya Anda sudah tahu bahwa keripik apel menjadi salah satu oleh-oleh khas kota Malang, buah Apel segar tidak boleh ketinggalan. Karena buah Apel segar memang khas dari kota Malang, bahkan tidak jarang orang menyebut Malang dengan sebutan kota Apel.

Apel dengan bentuk bulat dengan warna hijau segar ini memang sering menjadi oleh-oleh khas malang, meskipun bentuknya kecil dan tidak sebesar apel import, apel Malang memiliki rasa yang manis, tidak hanya itu apel malang memiliki kandungan gizi dan sumber vitamin yang baik untuk tubuh, diantaranya adalah vitamin A, B, C dan mineral lengkap seperti zat besi, fosfor, kasium, magnesium, natrium dan masih banyak lagi. Sehingga selain oleh-oleh bisa menjadi sesuatu yang berkesan, bisa juga menjadi salah satu sumber kesehatan bagi orang yang menerima oleh-oleh tersebut.

Selain dimakan segar, apel malang juga sangat enak jika di jus dan diolah menjadi olahan lainnya seperti bahan salad, ataupun kue pie. Malang memiliki setidaknya 2 jenis Apel yang bisa Anda jadikan oleh-oleh yaitu Apel manalagi dengan warna kulit hijau terang, dengan rasa manis dan aroma khas apel, dengan daging berwarna putih. Yang kedua adalah Apel Rome Beuty dengan warna kulit kemerah-merahan, daging putih kehijauan dengan rasa yang manis. Dua-duanya sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas kota Malang.

5. Sari Apel

Sari Apel Image by apelsari.blogspot.com

Buah Apel di kota malang tidak hanya bisa dimakan segar, ataupun dimakan dalam bentuk keripik tapi juga Apel Malang bisa dinikmati dalam bentuk sari Apel. Sari Apel menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang yang terkenal, sangat mudah Anda dapatkan jika berada di kota Malang. Apel yang digunakan berasal dari jenis apel rome beauty dan apel manalagi, sari apel ini dibuat dari apel pilihan yang masih segar dicuci dan diolah higienis.

Ada beberapa produsen sari Apel Malang untuk itu sebaiknya Anda mencari produsen dengan kualitas olahan yang paling enak dan higienis. Oleh-oleh khas malang ini bisa Anda temukan di pusat-pusat kota malang atau di sekitar agrowisata.

6. Keripik Ceker

Keripik Ceker Image by ngalam.co

Kota Malang tidak hanya memproduksi keripik dari apel saja, keripik dari olahan cekerpun bisa Anda temukan disini, ya ceker ayam diolah menjadi keripik dan menjadi oleh-oleh khas kota Malang. Kerepik ceker selain rasanya yang enak juga mengandung gizi yang baik untuk tubuh seperti asam amino, kalsium dan kolagen. Anda bisa menemukan oleh-oleh ini di pusat penjualan oleh-oleh di kota Malang.

7. Pia Mangkok

Pia Mangkok Image by wisata.javaindonesia.org

Kue pia bukan hanya oleh-oleh khas Yogyakarta saja, tapi dikota Malang juga punya oleh-oleh khas kue Pia meskipun dengan bentuk dan rasa yang juga berbeda, oleh-oleh kue Pia khas Malang disebut dengan kue pia mangkok, meskipun namanya kue mangkok bentuknya bukan seperti mangkok. Mangkok adalah nama dari merek kue ini dan salah satu tempat menjual kue pia mangkok ada di Jalan Semeru.

Kue ini memiliki cita rasa yang khas, dengan berbagai rasa isi seperti durian, keju, cokelat dan kacang hijau.

8. Keripik Buah

Keripik buah Image by dparagon.com

Kota Malang tidak hanya punya keripik apel saja, tapi aneka buahpun bisa menjadi keripik beberapa diantaranya adalah, buah nangka, buah naga, buah pisang, buah nanas, hingga buah mangga. Anda dapat dengan mudah mendapatkan oleh-oleh aneka keripik buah ini di kawasan wisata Malang ataupun di pusat penjualan oleh-oleh khas Malang.

9. Carang Mas

Carang Mas Image by PustakaKulinerku.com

Oleh-oleh khas Malang kekinian yang satu ini mungkin sangat jarang terdengar, namun oleh-oleh ini merupakan salah satu oleh-oleh favorit di kota Malang. Masih dengan berbahan dasar Apel diolah dengan tepung dan gula kemudian digoreng. Carang Mas dirintis oleh Ibu Nazil sejak tahun 2011, sehingga oleh-oleh ini bisa kita katakan oleh-oleh kekinian khas Malang.

10. Cokelat Tempe

Coklat Tempe Image by Inovasee.com

Masih ditahun 2011 Bisnis yang dirintis oleh Yoga Surya Pratama ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang, pemilik bisnis ini mengalami tantangan dalam membuat yaitu bagaimana mengolah tempe dan coklat yang sesuai dengan lidah masyarakat Malang, namun sekarang kerja kerasnya berbuah hasil dan menghasilkan cokelat tempe ini. Oleh-oleh ini berbahan dasar tempe dan cokelat menjadikan rasa unik dan khas yang wajib dibawa pulang saat berkunjung di kota Malang.

Cokelat tempe tidak hanya rasanya yang unik dan enak, tapi desain kemasan cokelat batangan ini juga sangat unik, sehingga akan sangat berkesan saat dijadikan oleh-oleh

Demikian 10 oleh oleh khas malang kekinian yang bisa Anda bawa pulang dan berikan buat kerabat ataupun keluarga. Jangan lupa untuk selalu mencari produsen terbaik dari masing-masing oleh-oleh tersebut, karena semakin banyak produsen oleh-oleh khas di kota Malang tentunya yang diolah dengan baik dan higienis dengan bahan-bahan terbaik akan menghasilkan oleh-oleh dengan rasa yang lebih enak dan lebih berkesan.