10 Oleh-Oleh Khas Makassar Kekinian Yang Wajib Dibawa Pulang – Salah satu kota terbesar di Indonesia tengah khususnya di pulau sulawesi adalah kota Makassar, kota yang merupakan ibu kota provinsi sulawesi selatan ini menyimpan kekayaan alam dan juga wisata sejarah yang sangat berkesan untuk dikunjungi. Kota yang juga merupakan kota asal dari orang nomor 2 di Indonesia yaitu Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla ini memang sangat indah tata kota yang juga bisa dijadikan tempat wisata bagi Anda yang sedang berlibur di Makassar.

Selain dari keindahan kota, di Makassar juga Anda bisa melakukan wisata kuliner selain makanan berat seperti coto makassar yang sudah sangat terkenal dan menjadi menu makanan di beberapa hotel dan restoran besar di Indonesia. Selain menu coto makassar, masih banyak kuliner enak lainnya yang bisa Anda santap di kota Makassar seperti sop konro, mie titi, pallu mara, pisang ijo, dan masih banyak lagi, selain makanan berat ada juga makanan kecil berupa makanan ringan yang juga bisa dijadikan oleh-oleh khas.

Bagi Anda yang sedang berlibur di Makassar dan ingin membawakan oleh-oleh buat keluarga atau teman, berikut kami rangkum 10 oleh oleh khas makassar kekinian yang wajib di bawa pulang.

1. Coto Makassar Instant

Coto Makassar Image by bukalapak.com

Bagi Anda penikmat coto makassar dan ingin menikmati kelezatannya dirumah saat tidak di Makassar lagi, Anda bisa membawa pulang coto makassar instant yang merupakan salah satu inovasi dalam kuliner khas makassar ini. Harga cukup terjangkau, hanya sekitar Rp.135.000 per kemasan Anda sudah bisa membuat hingga 5 porsi coto makassar yang sudah lengkap dengan daging sapi pilihan, dengan rasa yang sama dengan coto makassar yang dihidangkan di kota Makassar.

2. Abon Raos

Abon Raos Image by pesonanusantara.co.id

Bagi Anda pecinta olahan abon, di Makassar ada oleh-oleh abon sapi yang bisa Anda bawa pulang. Abon yang satu ini berbeda dengan abon lainnya, rasanya pedas yang juga merupakan rasa dominan dari makanan yang ada di kota Makassar. Abon ini sangat nikmat jika dimakan dengan nasi hangat, atau juga Anda bisa menjadikan abon ini sebagai isi dari roti tawar.

Nama Raos sebenarnya bukan berasal dari kota Makassar, namun berasal dari bahasa sunda yang artinya enak, keunikan nama ini justru membuat abon khas makassar ini sangat sering dijadikan oleh-oleh khas, jadi bagi Anda yang berada di kota Makassar dan ingin membawakan oleh-oleh jangan sampai lupa untuk membawa Abon Raos.

3. Kerupuk Jintan

Kerupuk Jintan Image by dapurummahat.blogspot.com

Bagi Anda yang berpikir makassar hanya banyak makanan berat seperti coto, sop, ikan bakar dan lainnya, itu tidaklah benar. Makassar bisa dibilang pusatnya makanan ringan dengan rasa yang khas, salah satunya adalah kerupuk Jintant ini, kerupuk ini sebenarnya mrip dengan kue kering tapi diberinama kerupuk karena teksturnya yang sangat mirip dengan kerupuk pada umumnya, juga dengan rasa yang renyah tidak seperti kue kering sehingga nama kue ini lebih sering disebut kerupuk, dinamai kerupuk jintan karena memang bahan adonan dicampur dengan jintan hitam yang menambah rasa khas dan unik dari kerupuk ini.

4. Kacang Disco

Kacang Disco Image by dapur.website

Jika selama ini Anda mengenal kacang disco berasal dari Bali, di Makassarpun Anda bisa menemukan Kacang Disco, rasa gurih dan renyah dari cemilan ini menjadi rasa khas dari oleh-oleh khas Makassar ini. Jangan khawatir jika bosan dengan rasa kacang biasa, kacang disco ini memiliki berbagai varian rasa, seperti original dan rasa rempah lainnya, cemilan yang satu ini memang sangat cocok dimakan saat santai di kota Makassar dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

5. Handicraft Toraja

Handicraft Image by Pixamola.com

Jika Anda sudah banyak list untuk membawakan oleh-oleh khas makassar kekinian dalam bentuk makanan, masih ada pilihan lain selain oleh-oleh dalam bentuk makanan salah satunya adalah Handicraft Toraja, seperti namanya Handicraft atau bisa diartikan kerajinan tangan khas toraja memiliki banyak pilihan, dari mulai lukisan, gantungan kunci, baju khas toraja, ukiran kayu dan masih banyak lagi. Kerajinan tangan memang merupakan salah satu pilihan terbaik untuk dijadikan oleh-oleh. Selain itu desainnya yang mengikuti zaman membuat oleh-oleh ini semakin bisa kekinian.

6. Kacang Sembunyi

Kacang sembunyi image by Masakankoki.com

Salah satu oleh-oleh khas Makassar kekinian adalah kacang sembunyi, oleh-oleh ini memiliki nama yang sangat unik yaitu kacang sembunyi, sebenarnya nama ini bukan hanya nama saja namun memang keadaan cemilan ini memang seperti namanya, yaitu dalam balutan cemilan ini terdapat kacang tanah yang renyah didalamnya, kacang yang memang posisinya tersembunyi didalam cemilan, membuat nama cemilan ini adalah kacang tersembunyi.

Cemilan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh yang bisa Anda dapatkan di pasar-pasar tradsional di Makassar.

7. Kopi Toraja

Kopi Toraja Image by inisehat.com

Belum kekinian kalau belum pernah mencicipi kopi toraja, kopi yang sudah terkenal kenikmatannya ini wajib untuk dibawa pulang dan juga diberikan sebagai oleh-oleh khas kota Makassar. Banyak pecinta kopi di dunia dan di Indonesia mengakui keunikan rasa dan aroma dari kopi toraja ini, bahkan di Jepang kopi Toraja di anggap sebagai kopi berkelas dan sekitar 40 persen kopi yang beredar di Jepang adalah kopi toraja.

Kopi ini berasal dari daerah Toraja yang merupakan kota penghasil kopi di Sulawesi Selatan dengan ketinggian lebih dari 1200 meter dari permukaan laut, jenis tanah menjadi keunggulan dan faktor yang mampu membuat kualitas kopi toraja sangat enak dan juga memiliki karakteristik dari rasa dan aromanya.

8. Minyak Tawon

Minyak Tawon Image by Arsy.co.id

Tidak hanya makanan ataupun kerajinan yang bisa Anda dapatkan dan menjadikan oleh-oleh khas saat berada di kota Makassar, salah satu khas dari kota Makassar dan yang akan sangat sulit atau mahal jika dibeli di luar kota Makassar adalah Minyak Tawon, minyak yang satu ini sering dijadikan minyak gosok, pijat ataupun urut, minyak tawon juga sangat berkhasiat untuk penyembuhan luka luar seperti luka gores yang efeknya akan cepat mengeringkan luka dibandingkan dengan minyak lainnya.

Minyak tawon juga bahkan biasa di minum dalam beberapa tetes bisa dan dipercaya bisa menyembuhkan asma. Khasiat yang banyak dari Minyak Tawon ini, membuat minyak tawon menjadi oleh-oleh kekinian, bahkan harganya bisa mencapai Rp.200 ribuan saat sudah dijual online, untuk itu sangat disayangkan jika Anda berada di kota Makassar dan belum membawa minyak tawon sebagai oleh-oleh khas.

9. Sarun Tenun Bugis

Sarung Tenun Image by Amanlase.com

Sarung bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas yang cocok untuk diberian ke kerabat ataupun orang yang lebih senior dari kita, sarung bugis merupakan salah satu pilihan tepat untuk dijadikan oleh-oleh khas karena corak dan warna yang sangat menarik, selain itu bahan kain yang sangat nyaman dipakai, tidak panas dan tidak gerah meskipun dipakai dalam keadaan lama.

Sarung juga akan sangat cocok jika kita jadikan sebagai hadiah, salah satunya adalah ucapan selamat dalam pernikahan, ataupun juga kita bisa memberikan oleh-oleh sarung tenun ini saat momen Ramadhan dan Lebaran sehingga akan sangat berkesan

10. Sirup Markisa

Sirup Markisa Image by Akutuku.com

Sirup yang asli buah markisa ini memang menjadi oleh-oleh khas yang paling populer, sangat sering orang yang berkunjung ke Makassar menjadikan sirup markisa sebagai oleh-oleh. Rasa asam segar khas markisa bisa Anda nikmati karena memang sirup markisa yang dijual adalah berbahan buah markisa asli tanpa tambahan olahan bahan kimia, sehingga khasiat asli dari buah markisa masih dapat Anda nikmati.

Buah markisa mengandung antioksidan yang banyak dan mampu menangkal berbagai penyakit berbahaya salah satunya adalah kanker, sangat baik dikonsumsi rutin dan juga dijadikan oleh-oleh, jangan lupa untuk memilih produsen sirup markisa terbaik sehingga bahan-bahan digunakan adalah bahan-bahan terbaik, dari buah markisa asli dan masih segar juga dengan bahan gula alami tanpa bahan pemanis buatan

Demikian 10 oleh oleh khas makassar kekinian yang wajib Anda bawa pulang, dari kesemua jenis oleh-oleh tersebut jangan lupa untuk selalu memastikan produsen oleh-oleh yang kita beli benar-benar terpercaya, sehingga kelezatan dan kebersihan juga olahan yang higienis bisa kita dapatkan.

Tentu saja saat kita ingin memberikan oleh-oleh pada orang lain harusnya dengan kualitas terbaik, baik itu rasanya maupun olahan nya yaitu harus yang bersih dan higienis, juga tidak lupa kemasan yang diberikan juga adalah kemasan yang terbaik dan menarik sehingga akan sangat berkesan bagi orang yang kita berikan oleh-oleh.