10 Oleh-Oleh Khas Makassar Di Bandara Yang Wajib Dibawa Pulang – Makassar yang merupakan kota di selatan pulau sulawesi ini masuk salah satu kota metropolitan di Indonesia, kota yang juga dulu pernah dikenal dengan nama ujung pandang ini memang memiliki 1001 pesona kendahan kota. Makassar juga merupakan salah satu tujuan pendidikan di kawasan Indonesia tengah dan timur, dengan luas wlayah kurang lebih 199,26 kilo meter dan jumlah penduduk lebih dari 1,6 juta jiwa ini memiliki banyak pesona wisatanya, baik itu wisata alam maupun wisata kulinernya.

Beberapa yang sangat terkenal adalah Coto Makassar, Jalangkote, Kue tori, Palabutung, Pisang ijo, Sop Konro dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang berada di kota Makasar baik itu berlibur maupun melaksanakan tugas kantor dengan waktu yang tidak lama dan tidak sempat berjalan-jalan wisata kulner di kota Makassar atau bahkan tidak sempat membawakan oleh-oleh khas Makassar. Anda bisa berburu oleh-oleh khas Makassar di bandara yaitu bandara Sultan Hasanuddin.

Seperti halnya bandara lain, ada banyak toko yang menjual oleh-oleh khas yang bisa kita kunjungi dan membeli beberapa oleh-oleh khas kota Makassar. Namun bagi Anda yang masih bingung apa saja pilihannya, berikut artikel ini akan membahas sedikit mengenai beberapa jenis oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang ketika berada di kota Makassar. Berikut adalah 10 oleh oleh khas makassar di bandara yang wajib dibawa pulang.

1. Brownis Amanda

Brownies Amanda Image by ekbis.sindonews.com

Bagi anda yang tinggal di kota-kota besar, brownis Amanda mungkin bukan lagi sesuatu yang asing ditelinga Anda, olahan kue brownis yang satu ini memang sudah populer dibeberapa kota besar, salah satunya di Yogyakarta.

Oleh-oleh ini berpusat di Makassar dan membuka cabang di beberapa kota besar di Indonesia, jadi bagi Anda yang belum dijangkau oleh cabang Brownis lezat ini jangan sampai lupa untuk membelinya dan menjadikannya sebagai oleh-oleh khas yang berkesan.

Brownis Amanda selain rasanya yang memang enak, dengan berbagai macam varian rasa dan juga toping yang menggugah selera, brownis Amanda juga dijual dengan harga terjangkau, sehingg sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh. Tidak hanya itu kemasannya juga sangat menarik dan sangat berkesan jika di jadikan oleh-oleh khas. Bagi Anda yang sudah terlanjut belum membeli oleh-oleh khas makassar di kota, Anda juga masih bisa mendapatkannya di Bandara makassar sebelum keberengkatan Anda.

2. Makassar Baklave

Baklave Makassar Image by travel.rakyatku.com

Oleh-oleh khas yang satu ini memang sedang naik daun, pemiliknya adalah salah satu presenter ternama di Indonesia yaitu Irfan Hakim. Cake lembut dengan rasa yang lezat ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas, selain memang sedang populer rasa yang enak dengan tekstur yang lembut membuat oleh-oleh khas Makassar ini sangat banyak dicari, baik itu didalam bandara maupun diluar bandara.

Kue ini juga memiliki beberapa varian rasa yang sayang untuk Anda lewati beberapa diantaranya adalah Oreo Blast, Nutty Fluffy yang dari namanya sudah bisa kita tebak isinya, yaitu kacang-kacangan sangat cocok bagi Anda yang menyukai kue dengan topping kacang, ada juga varian rasa Royal Chocolate yang memberikan rasa makan kue coklat yang berbeda, Rich Cheese varian rasa untuk Anda penggemar keju, dan rasa banana flufy untuk Anda pecinta rasa pisang.

3. Roti Daeng

Roti Daeng Image by britaloka.com

Bagi Anda yang ingin membawa makanan ringan khas kota Makassar dan sudah tiba di bandara, Anda tidak perlu keluar bandara terlebih dahulu, karena di bandara Sultan Hasanuddin Makassar bisa Anda temukan beragam makanan ringan khas kota Makassar yang bisa dijadikan oleh-oleh khas, salah satunya adalah roti daeng. Dari namanya saja sudah tercermin bahwa makanan ringan roti ini memang khas dari Makassar, roti daeng adalah merek roti dan juga beberapa kue yang bisa Anda temukan di Bandara Sultan Hasanuddin, meskipun ada nama rotinya Anda bisa membeli oleh-oleh selain roti, misalnya brownis, donat dan lainnya.

Roti dan donat dengan berbagai rasa, donat yang disajikan juga cantik dan menggugah selera, banyak toping enak yang bisa Anda pilih. Bagi Anda yang pecinta kue brownis Anda juga bisa membeli brownis daeng yang juga masih satu produksi dengan roti daeng.

4. Roti Boy

Roti Boy Image by Foody.id

Meskipun yang satu ini memang sangat mudah kita jumpai hampir disetiap bandara di Indonesia, namun tidak lah salah jika kita menjadikan roti boy sebagai oleh-oleh di bandara Makassar. Selain rasanya yang enak, roti boy memang sulit ditemukan selain di dalam bandara.

Tidak jarang juga orang merindukan rasa enak dan tekstur yang lembut dari roti boy, untuk itu membeli roti boy di bandara makassar merupakan salah satu alternatif terbaik bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh d dalam bandara.

5. Mie Tarik JF

Bagi Anda yang pecinta dengan makanan mie, mie tarik JF bisa merupakan pilihan terbaik untuk di bawa pulang saat Anda berada di bandara sulta hasanuddin Makassar. Mie ini disukai semua kalangan tidak heran kalau kedai yang satu ini memang ramai dikunjungi.

Selain rasanya yang enak Anda bisa melihat langsung proses pembuatan mie ini karena kedai ini menggunakan open kitchen yang memungkinkan semua orang yang ada bisa melihat langsung proses pembuatannya.

Selain itu bagi Anda yang sudah mendengar istilah bahwa makanan di bandara harganya melambung tinggi bahkan bisa berkali-kali lipat dari harga diluar bandara, tidak di kedai ini karena Anda bisa menikmati mie tarik dengan harga yang masih terjangkau. Anda bisa meminta untuk dibungkus bagi Anda yang ingin membawa mie tarik dalam perjalanan sebagai oleh-oleh

6. Bebek Goreng Harissa

Bebek Goreng Harissa Image by Foody.id

Bebek goreng bisa menjadi salah satu oleh-oleh terbaik bagi Anda yang sudah berada di bandara dan belum sempat berbelanja oleh-oleh dari makassar. Bebek goreng harissa adalah salah satu restoran yang berada di Bandara Sultan Hasanuddin, menu spesial bebek goreng yang diracik dengan bumbu khas dan disantap berasama sambal khas membuat kuliner yang satu ini sangatlah cocok untuk dibawakan sebagai oleh-oleh.

Tidak hanya itu Anda juga bisa mendapatkan menu pelengkap seperti sayuran, tahu dan olahan pelengkap lainnya, untuk menambah kelezatan dari bebek goreng ini.

7. Café Kasma Jaya

Kafe Kasmajaya Image by hasanuddin-airport.co.id

Tempat yang cocok untuk berburu oleh-oleh khas makassar di bandara, café yang satu ini adalah tempat yang cocok untuk berburu oleh-oleh. Selain oleh-oleh khas, kafe ini juga menjual berbagai makanan khas kota Makassar seperti sop konro, coto makassar dan lainnya.

Makanan berat bisa Anda minta untuk dibungkus sebagai oleh-oleh khas, namun jangan lupa ketahanan makanan agar masih bisa dinikmati saat Anda sudah berada di rumah.

8. Rumah Markisah

Image by makassar.tribunnews.com

Salah satu oleh-oleh yang terkenal di Makassar adalah markissa sirup, bagi Anda yang sudah berada di bandara dan belum sempat berbelanja markisa di luar bandara, Anda bisa juga mendapatkan sirup markisa di dalam bandara, salah satunya di outlet Rumah Markisah.

Menjual oleh-oleh khas makassar salah satunya adalah sirup markisa ini. Selain sirup markisa Anda juga bisa membeli kerajinan khas kota Makassar.

9. Sakti Gift Shop

Kafe Sakti Image by hiveminer.com

Bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh khas makassar selain makanan dan minum, seperti kerajinan Anda bisa mengunjungi toko ini untuk berburu oleh-oleh khas makassar di bandara. Berbagai macam kerajinan dan karya seni bisa Anda beli ditoko ini.

10. Indo Gift Shop

Indo Gift Shop Image by hasanuddin-airport.co.id

Tidak hanya di Sakti Gift Shop Anda juga bisa mencari oleh-oleh khas makassar di bandara di outlet ini, berbagai macam oleh-oleh bisa Anda dapatkan disini. Termasuk salah satunya sirup markisa dan berbagai macam makanan ringan yang wajib Anda bawa pulang, selain makanan, minuman dan beberapa snack khas Anda juga bisa membeli baju yang beberapa kali tersedia disini.

Anda bisa mengunjung outlet ini di area keberangkatan, jadi bagi Anda yang sudah berada di ruang tunggu Anda bisa berkeliling sebentar untuk membeli oleh-oleh khas makassar di Indo Gift Shop

Demikian 10 oleh-oleh khas makassar di bandara Sultan Hasanuddin yang bisa Anda beli, jangan lupa untuk selalu menyiapkan budget yang lebih karena memang seperti yang sudah kita ketahui bahwa makanan di bandara jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan diluar bandara, meskipun tidak semuanya seperti demikian.