10 Oleh-Oleh Khas Lombok Murah Meriah Yang Wajib Dibawa Pulang – Keindahan lombok memang kian hari kian terkenal, saat ini lombok menjadi primadona pariwisata selain pulau bali. Selain memang destinasinya yang masih baru, pulau lombok juga memiliki keindahan alam pantai dan pegunungan yang sangat indah.

Pulau yang luasnya kurang lebih 4.800 kilometer persegi memang memiliki keindahan alam dan kepulauan yang cantik dan menakjubkan, selain dari keindahan laut pulau lombok juga memiliki banyak destinasi selain pantai dan laut, salah satu yang paling terkenal adalah Taman Nasional Gunung Rinjani yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.

Selain gunung rinjani masih ada banyak lagi belasan wisata di lombok yang sayang untuk dilewatkan, namun artikel ini tidak akan membahas mengenai keindahan lombok, namun artikel ini akan membahas mengenai oleh-oleh khas lombok yang merupakan hal wajib saat mengunjungi tempat-tempat wisata didunia khususnya di Indonesia, namun oleh-oleh seringkali tidak cocok untuk dibawa pulang, bukan hanya ukuran namun juga harganya. Untuk itu pada artikel ini kami akan merangkum oleh-oleh khas lombok yang murah, berikut adalah 10 oleh-oleh khas lombok murah yang wajib dibawa pulang.

1. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut Image by ameliaoleh2lombok.com

Salah satu yang paling terkenal di lombok adalah olahan dodol rumput laut ini, selain dari rasanya yang enak dodol yang berbahan dasar rumput laut sangat baik untuk kesehatan dan pencernaan kita. Dodol ini sangat cocok disajikan sebagai cemilan dan makanan saat santai atau bisa untuk menemani perjalanan Anda saat berada di lombok.

Dodol rumput laut menjadi salah satu oleh-oleh khas lombok yang populer, selain rasa yang enak dodol ini memiliki rasa yang lezat dan tentu saja dengan harga yang terjangkau karena sumber rumput laut yang merupakan bahan utama pembuatan oleh-oleh ini berasal dari lombok khususnya Teluk Ekas di Lombok Timur.

Dodol lombok memiliki rasa yang enak dengan tekstur yang kenyal dan tidak lengket seperti dodol-dodol lainnya di Indonesia. Dodol ini juga memiliki warna yang sangat menarik, pilihan warna yang cerah membuat dodol ini sangat cantik dan menggugah selera.

2. Minyak Gosok Sumbawa

Minyak Sumbawa Image by minyaksumbawa.wordpress.com

Bagi Anda yang ingin membawakan oleh-oleh khas lombok selain makanan dengan harga murah, minyak gosok sumbawa adalah salah satu pilihan tepat, minyak gosok ini sangat terkenal dan memang hanya ada di sumbawa saja, sehingga akan sangat berkesan jika Anda bawa minyak sumbawa ini sebagai oleh-oleh.

Minyak sumbawa sendiri memang sudah dikenal lama memiliki khasiat yang sangat baik untuk pijat dan urut, dapat digunakan oleh siapa saja sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh. Jangan khawatir juga dengan harganya, meskipun minyak gosok ini sudah dikenal lama, tapi harganya masih sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp.30.000 saja.

3. Peyek Kangkung Rumput Laut

Peyek Rumput Laut Image by nanatronreviews.blogspot.com

Jika selama ini Anda menyantap peyek dengan irisan daun jeruk, di Lombok olahan peyek mengalami inovasi yatu peyek kangkung rumput laut. Sesuai namanya peyek ini memang berbahan dasar lumput laut dan juga kangkung. Sangat unik dan khas, perpaduan antara rumput laut dan kangkung membuat rasa peyek ini sangatlah unik dan tentu saja enak.

Bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh khas Lombok dengan harga yang murah, peyek kangkung rumput laut ini menjadi solusinya. Hrga oleh-oleh khas ini kisaran mulai dari Rp.25.000 perbungkus.

4. Terasi Bakar Lombok

Terasi Bakar Lombok Image by oleholehlombok.wordpress.com

Satu lagi oleh-oleh khas lombok murah dan unik, terasi bakar lombok. Jika selama ini Anda menyantap terasi biasa saja di lombok ada terasi bakar. Banyak yang bilang bahwa terasi inilah yang membuat rasa kuliner ayam taliwang berbeda dengan yang lainnya.

Jadi bagi Anda yang sangat suka dengan rasa ayam taliwang dan juga sangat menikmati sambal dengan campuran terasi, terasi bakar khas lombok ini harus di bawa pulang, dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas. Harganya juga cukup terjangkau, perkilo gram nya hanya berkisar antara Rp.50.000 hingga 90.000 saja.

5. Permen Susu Kuda Liar

Permen Susu Image by Samawaera.com

Oleh-oleh khas lombok berikutnya yang enak dan juga murah adalah permen susu ini, berbeda dengan permen susu lainnya yang ada di Indonesia, permen susu ini berasal dari susu kuda liar yang sudah dikenal bermanfaat bagi kesehatan kebugaran tubuh juga daya tahan tubuh. Bagi Anda yang berada di lombok menicipi susu kuda liar merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan.

Dan untuk dijadikan oleh-oleh, Anda bisa membawa permen susu kuda liar ini dengan praktis dan mudah tetapi tetap dapat merasakan enaknya susu kuda liar. Permen ini masih diolah secara tradisional tetapi tetap menjaga kebersihan dan higienis, Anda dapat membeli permen susu ini di pulau sumbawa.

6. Kacang Mete Lombok

Kacang Mete Lombok

Kacang mete yang satu ini berbeda dengan kacang mete lainnya di Indonesia, kacan mete lombok di olah dengan bumbu dan rempah-rempa pilihan, membuat rasanya gurih, asin dan nikmat. Kacang mete selain rasanya yang enak juga terkenal memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan, seperti dapat membantu resiko serangan janutng, stroke, dan lainnya termasuk penyakit berbahaya seperti kanker.

Selain sebagai cemilan ringan, kacang mete juga sangat baik untuk kesehatan, sehingga sangatlah cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas lombok dan diberikan pada orang yang kita cintai. Harga kacang mete ini terbilang cukup murah yaitu hanya kisaran Rp.25.000 saja per 250 gram.

7. Abon Ikan Marlin

Abon Ikan Marlin Image by sumarningsieh.blogspot.com

Bagi Anda yang sangat senang dengan olahan abon, abon ikan tentu tidak bisa Anda lewatkan lagi. Biasanya abon ikan berbahan dasar ikan cakalang atau ikan tongkol, atau juga berbahan dasar ayam dan sapi, namun di lombok abon diolah dengan berbahan dasar ikan marlin yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, diantaranya dapat membantu perkembangan otak anak karena mengandung DHA dan omega 3.

Selain itu Abon ikan marlin juga bebas kolestrol sehingga sangat aman dikonsumsi oleh siapa saja. Abon ikan marlin ini bisa dibilang oleh-oleh wajib yang harus Anda bawa pulang saat berada di Lombok. Harganya pun sangat terjangkau untuk seperempat kilo gram Abon ikan marlin bisa Anda dapatkan dari mulai Rp.60.000 saja.

8. Kerajinan Tangan Khas Lombok

Kerajinan Khas Lombok Image by lombokigh.wordpress.com

Tidak hanya tentang makanan saja, di lombok Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas lombok murah selain makanan dan minuman, yaitu kerajinan. Kerajinan memang salah satu alternatif oleh-oleh khas yang tepat, karena kerajinan dengan bentuk yang unik akan memberikan kesan yang tdak terlupakan bagi orang yang diberikan.

Anda bisa mendapatkan oleh-oleh kerajinan khas Lombok seperti kalung, gelang, gantungan kunci dan lain sebagaimana seperti yang juga terdapat diberbagai daerah wisata di Indonesia. Harganya juga sangat terjangkau dari mulai Rp.5.000 hingga Rp.20.000

9. Kaos Lombok

Kaos Lombok Image by lombokwondertour.com

Selain sovenir oleh-oleh khas selain makanan adalah baju, seperti ditempat-tempat wisata lainnya di Indonesia kaos khas menjadi salah satu oleh-oleh khas yang sangat tepat. Lombok sebagai destinasi wisata terpopuler di Indonesia juga memiliki kaos khas yang sangat bagus kualitas dan gambar kaosnya. Harganya juga sangat terjangkau dari mulai Rp.45.000

Kaos khas juga biasanya menjadi pertanda bahwa kita sudah mengunjungi tempat tersebut, tentu akan sangat menyenangkan jika dipakai santai dan juga diberikan sebagai hadiah kepada rekan-rekan kita. Untuk mendapatkan harga murah, Anda bisa membeli dengan jumlah yang lebih banyak sangat cocok bagi Anda yang ingin membawakan oleh-oleh untuk orang yang lebih banyak.

10. Madu Sumbawa

Madu Sumbawa Image by Kaskus.co.id

Selain minyak gosok sumbawa, madu sumbawa merupakan salah satu oleh-oleh khas Lombok yang bisa Anda bawa pulang. Madu Sumbawa memiliki keunikan tersendiri seperti madu putih yang diambil dari sarang lebah yang bersarang di karang putih.

Madu juga dikenal sangat baik untuk mengobati penyakit dan juga sebagai daya tahan tubuh, madu memang menjadi primadona bagi sebagian kalangan, namun bagi sebagian orang juga merasa takut membeli madu karena taku madu yang dibeli adalah madu palsu.

Namun di Lombok Anda bisa memastikan madu yang dijual adalah madu asli, dan juga merupakan oleh-oleh khas lombok yang sudah terkenal. Harga madu cenderung mahal dibeberapa kota di Indonesia namun di Lombok Anda bisa mendapatkan madu ini mulai dari harga Rp.40.000 saja.

Demikian 10 oleh oleh khas lombok murah yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang berburu oleh-oleh di Lombok.