10 Oleh-Oleh Khas Jakarta Kekinian Yang Wajib Dibawa Pulang – Ibukota negara Indonesia ini memang menyuguhkan suasana metropolitan yang sangat indah, sangat banyak orang yang berkunjung ke Jakarta tidak ingin keluar lagi dari kota Jakarta karene keindahan kota, dan juga fasilitas yang melimpah.

Kota jakarta memang adalah pusat perdagangan dan juga segala urusan kenegaraan, sehingga sangatlah padat dan menjadi tujuan utama dari berbagai urusan bisnis dan non bisnis di Indonesia, tidak heran jika Jakarta memiliki kepadatan kendaraan hingga kemacetan yang sampai saat ini masih belum bisa dibilang teratasi dengan sempurna

Meskipun demikian, keindahan lain kota jakarta bisa dinikmati dengan kuliner khas dan oleh-oleh khas jakarta yang kekinian, artikel kali ini tidak ingin membahas tentang keindahan kota Jakart naun lebih khusus akan membahas 10 oleh oleh khas jakarta kekinian yang wajib Anda bawa pulang.

1. Kue Geplak Betawi

Kue Geplak Betawi Image by IndonesiaKaya.com

Kue yang satu ini mungkin sangat jarang Anda temukan dan dijual diluar kota Jakarta, kue dengan rasa yang manis dengan tekstur lembut ini menjadi salah satu kue yang biasa dijadikan sebagai kue hantaran untuk pengantin.

Kue dengan warna putih kecoklatan ini berbahan dasar beras yang kemudian digiling dan disangrai sehingga menjadi tepung. Adonan ini kemudian nantinya akan dibentuk dan dicampur dengan gula pasir yang sudah dicairkan hingga mengental, diaduk tersus saat masih panas hingga adonan padat sempurna.

Bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh khas jakarta kekinian Anda bisa membawa kue geplak ini sebagai salah satu pilihan oleh-oleh, karena geplak bisa bertahan dari mulai 3 hari sampai 7 hari bisa dimasukan dalam lemari pendingin.

2. Kerak Telor

Kerak Telor Image by IndonesiaKaya.com

Mungkin bagi Anda kerak telor bukan lagi makanan khas yang kekinian apalagi dijadikan oleh-oleh kekinian. Namun saat ini kerak telor juga mengalami inovasi dari segi toping dan juga rasa yang mulai banyak menggunakan toping kekinian dengan rasa pedas dengan menggunakan produk abon cabe.

Jadi bagi Anda yang sangat menyukai kerak telor, kerak telor kekinian bisa Anda temukan dipusat-pusat kota di Jakarta, dan bisa menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan oleh-oleh khas.

3. Roti Buaya

Roti Buaya Image by goodnewsfromindonesia.id

Oleh-oleh khas jakarta yang satu ini sangat sering dijumpai di acara-acara besar salah satunya di acara pernikahan, dan menjadi ciri khas masyarakat betawi, yang mana mempelai laki-laki membawa rti buaya ini sebagai seserahan. Makna roti buaya sendiri menurut adat masyarakat betawi adalah sebagai lambang kesetiaan.

Selain penuh dengan makna dan tradisi, roti buaya khas betawi ini memang memiliki rasa yang lezat, tidak jarang juga banyak orang kini menjadikan roti buaya sebagai oleh-oleh khas Jakarta.

4. Dodol Betawi

Dodol Betawi Image by Khasjakarta.co.id

Oleh-oleh khas jakarta kekinian berikutnya adalah dodol betawi, dodol yang satu ini berbahan daar campuran ketan hitam, ketan putih dan durian. Dodol betawi merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib di bawa pulang. Beberapa produsen dodol betawi masih mempertahankan proses pembuatan yang manual dan tradisional sehingga bisa memberikan cita rasa yang spesial dan unik.

Mungkin dalam beberapa kesempatan Anda kesulitan dalam mendapatkan dodol betawi ini, karena memang dibuat dengan bahan-bahan yang tidak mudah untuk didapatkan juga proses pembuatannya. Biasanya dodol betawi bisa mudah didapatkan saat dalam acara pernikahan, acara syukuran, saat menjelang Idul Fitri dan hari-hari besar lainnya.

Namun saat ini dodol betawi juga sudha mudah didapatkan, terbukti mulai banyak produsen dodol betawi mulai memasarkan produk khas ini diberbagai media khususnya media online yang bisa menjadi sebuah penanda bahwa dodol betawi mengalami tren kekinian.

5. Bir Pletok

Bir Pletok Image by topindonesiaholidays.com

Bagi Anda yang mengira kalau minuman ini adalah sejenis minumam keras yang memabukan karena namanya bir, kenyataannya minuman ini bukan minuman keras atau minuman yang berbahaya melainkan sebaliknya yaitu minuman yang dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh.

Dibuat dari gabungan rempah-rempah pilihan minuman ini dapat menghilangkan pegal-pegal dan dapat menyehatkan tubuh. Nama bir pletok diperoleh dari bunyi letupan “pletok” pada saat perebusan minuman ini, sehingga nama minuman khas ini menjadi bir pletok.

Bagi Anda yang ingin membawakan bir pletok in sebagai oleh-oleh, sangat cocok karena zaman kekinian ini sangat mudah untuk mengemas barang baik makanan dan minuman dengan higienis, dan bir pletok sudah diproduksi dalam bentuk botolan dengan kemasan yang rapi, sehingga Anda bisa membawa bir pletok dengan mudah untuk dijadikan oleh-oleh.

6. Miniatur Monas

Miniatur Monas Image by pricearea.com

Salah satu oleh-oleh khas jakarta kekinian adalah miniatur Monas atau monumen nasional. Meskipun bentuknya seperti itu saja tidak ada yang kekinian karena memang bentuk dari monaspun tdak berubah, namun yang akan menjadikan miniatur monas sebagai oleh-oleh khas jakarta kekinian adalah bahan dan bentuk dari souvenir. Kita biasa menemukan bentuk dari kayu ataupun sejenisnya, sehingga pemilihan barang akan menjadi sangat penting.

Oleh-oleh berupa miniatur tugu monas ini biasanya akan sangat berkesan bagi penerimanya, karena selain bentuknya yang unik penerima oleh-oleh juga biasanya merasakan keindahan monas meskipun hanya dengan melihat miniatur, terlebih lagi jika penerima oleh-oleh memang sudah pernah mengunjung monas pasti akan sangat berkesan. Oleh-oleh berupa miniatur juga akan terus dilihat karena dipajang di tempat-tempat yang mudah dilihat baik itu dirumah mapun dikantor, sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Jakarta.

7. Kue Kembang Goyang

Kembang Goyang Image by resepumi.com

Snack atau makanan satu ini tidak bisa tergantikan sepanjang zaman, meskipun kue yang satu ini memang bisa didapatkan dibeberapa kota di Indonesia namun tentu kue kembang goyang khas jakarta memiliki rasa yang berbeda dengan yang ada dikta lain. Rasa renyah dan gurih yang merupakan ciri khas kue ini bisa Anda rasakan. Bahan-bahan kue ini juga terbilang sederhana, hanya vanila, tepung beras, gula pasir, telur dan lainnya.

Kue kembang goyang mengalami perkembangan demi perkembangan, dari mulai varia rasa hingga penambahan warna yang membuat kue ini menjadi oleh-oleh khas jakarta yang kekinian. Bebrapa varan rasa yang tersedia sebagai inovasi kue kembang goyang adalah, rasa pandan, dan rasa biji wijen.

8. Tape Uli

Tape Uli Image by Gulalives.co

Kuliner yang satu ini mungkin sangat jarang terdengar, karena biasanya hanya didapatkan atau dibikin pada hari-hari spesial khususnya pada hari lebaran. Berbaha dasar ketan putih dengan aroma wangi yang khas, Tape uli melalui proses fermentasi dibantu oleh ragi, tape ini banyak dibuat menggunakan tape ketan hitam. Rasa lezat khas tape ketan bisa Anda dapatkan saat menyantap oleh-oleh khas Jakarta ini. Namun perlu diingat bahwa tape uli tidak tahan lama, sehingga sangat tidak cocok dibawa untuk perjalanan jauh.

9. Telur Gabus Keju

Telur Gabus Keju Image by cookpad.com

Oleh-oleh khas lainnya dari kota jakarta adalah telur gabus keju yang juga merupakan salah satu oleh-oleh yang legendaris di Jakarta ini memiliki rasa asin dan gurih, namun saat ini Telur gabus sudah menjadi oleh-oleh kekinian dengan banyak inovasi rasa yang bisa dengan mudah ditemukan. Kue ini dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana, seperti tepung sagu, garam, mentega dan telur tentu saja keju.

10. Kebaya Betawi

Kebaya Betawi Image by jualkebayaencimbetawi.blogspot.com

Bagi Anda yang bosan dengan oleh-oleh makanan saja, Anda juga memiliki pilihan oleh-oleh lainnya selain makanan yaitu kebaya, Jakarta memang sangat dekat dengan desain dan penggunaan kebaya, sehingga menjadkan kebaya sebagai salah satu oleh-oleh khas jakarta adalah ide yang bagus.

Kebaya betawi juga sangat berkelas dan sangat cocok Anda hadiahkan kepada orang tua, atasan ataupun keluarga. Kebaya betawi juga tentu mengalami inovasi-inovasi sehingga menjadi kekinian dan modern.

Bagi Anda yang belum tahu bahwa Jakarta punya kebaya khas yang biasa disebut encim yang biasanya dipakai oleh kaum wanita daam ajang Abang None Jakarta. Tentu akan sangat berkesan kain kebaya dengan warna dan desain cantik akan diberikan kepada keluarga, teman atau atasan. Salah satu lokasi tempat pembelian kebaya yang bisa Anda kunjung adalah di pasar tanah abang, jangan lupa untuk mempersiapkan budget agar mendapatkan kain dengan kualitas terbaik.

Demikian 10 oleh-oleh khas jakarta kekinian yang bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga, teman ataupun atasan Anda. Jangan lupa juga untuk selalu cek tanggal kadaluarsa bagi oleh-oleh makanan atau minuman, jangan lupa juga untuk selalu memilih produsen terbaik dari setiap oleh-oleh khas yang Anda pilih.