10 Oleh-Oleh Khas Cirebon Kekinian Yang Menggoda Dan Wajib di Bawa Pulang – Salah satu kabupaten di Jawa Barat yang wajib di kunjungi dan merupakan salah satu tempat favorit yang dikunjungi karena keindahan kota dan sejarah kota kesunanan yang sangat mempesona apalagi kalau bukan kota Cirebon, kota yang berawal dari desa ramai dengan nama Caruban atau dalam bahasa cirebon berarti bersatu padu, kemudian menjadi nama Cirebon yang mana nama tersebut karena di kota Cirebon memang bersatu padu aneka bangsa dan budaya, seperti Sunda, Jawa, bangsa Arab, Tionghoa dan lainnya.

Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa faktor penamaan Cirebon adalah sejak awal mata pencaharian masyarakat Cirebon adalah menangkan ikan dan udang kecil atau rebon di sepanjang pantai yang kemudian diolah menjadi petis atau terasi, yang kemudian disebut dengan cai-rebon dan akhirnya menjadi Cirebon.

Cirebon bukan hanya pesona kotanya yang menjadi daya tarik tersendiri namun juga wisata kuliner yang sangat menggoda yang sangat lezat untuk dinikmati ataupun untuk dijadikan oleh-oleh khas untuk sahabat ataupun saudara, berikut kami rangkum 10 oleh oleh khas cirebon kekinian yang wajib dibawa pulang.

1. Rengginang

Rengginang Image by tokokitasemuah.blogspot.com

Oleh-oleh yang renyah ini memang sangat populer di kota Cirebon, sangat disayangkan bagi Anda yang sedang berlibur di kota Cirebon dan tidak membawa oleh-oleh Rengginang. Jika dibeberapa kota di Indonesia rengginang berbentuk kotak seperti kubus, di kota Cirebon rengginang bisa didapatkan dengan bentuk bulat kecil berbentuk seperti kelereng.

Sebagai kota yang biasa disebut dengan kota udang, rengginang di kota Cirebon memiliki rasa udang, rasa yang unik yang bisa Anda nikmati, karena bisasanya di beberapa kota rasa rengginang hanya rasa manis saja, seperti dengan gula putih ataupun gula aren, di kota Cirebon Anda bisa menikmati renyahnya rengginang dengan rasa udang, selain itu rasa lainnya seperti keju dan juga terasi bisa Anda nikmati. Makanan yang satu ini memang sangat cocok untuk dinikmati saat santai dan juga sangat cocok untuk dihadiahkan sebagai oleh-oleh khas kekinian.

2. Cirebon Sultana

Cirebon Sultana Image by rakyatjabarnews.com

Oleh-oleh khas Cirebon yang kekinian berikutnya adalah Cirebon Sultana, oleh-oleh yang satu ini memang sangat kekinian yaitu baru buka pada tahun 2017, dimiliki oleh salah satu artis dan pembawa acara terkenal di Indonesia Indra Bekti memproduksi kue jenis bolu padat yang dilapisi topping dengan berbagai varian, yang saat ini tersedia beberapa varian yaitu blueberry, mangga, keju, coklat pisang dan juga dobel coklat.

Meskipun merupakan salah satu oleh-oleh khas kota Cirebon yang kekinian namun Cirebon Sultana selalu habis setiap harinya, bahkan dalam satu hari Cirebon Sultana bisa produksi hingga sampai 3 kali. Anda juga hanya akan mendapatkan olahan kue bolu yang segar, atau fresh from oven setiap harinya.

Cirebon Sultana memang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena bentuknya yang cantik, baik kemasan maupun hiasan topping, selain itu Cirebon Sultana juga bisa bertahan beberapa hari sehingga sangat cocok untuk dibawa keluar kota sekalipun.

Uniknya meskipun promosi dilakukan di media online seperti salah satunya menggunakan instagram, namun kedai milik Indra Bekti ini belum menerima penjualan online atau pemesanan online, sehingga pembeli harus mengunjungi kedainya langsung, Anda bisa mengunjungi kedai Cirebon Sultana di Jalan Kartini No 5 Kota Cirebon Jawa Barat.

3. Serabi

Serabi Image by aryahniramadita.blogspot.com

Serabi merupakan salah satu makanan tradsional yang berbahan dasar tepung gula dan telur yang diolah dengan cara di panggang dengan cetakan khsusus dan masih menggunakan bara api bagi sebagian penjual Serabi asli yang bisa Anda temukan di kota Cirebon. Tekstur kue lembut ini menjadikan kue serabi sangat di sukai dan menjadi salah satu oleh-oleh favorit dikota Cirebon, bahkan jika kue ini dijual di kota lain di Indonesia juga menjadi primadona dan selalu banyak orang yang ingin mencicipinya.

Jika Anda berada di kota Cirebon Anda bisa menjadikan serabi sebagai oleh-oleh khas cirebon yang kekinian, untuk tag kekinian Anda bisa mencari kue serabi dengan topping kekinian juga, sehingga bukan hanya dengan topping gula aren saja namun juga dengan berbagai macam topping kekinian, seperti yang biasanya adalah keju ataupun topping coklat.

Rasa khas dari kue yang dibakar ini memang sangat menggoda dan sangat sulit untuk dilupakan. Kue yang satu ini memang sangat cocok untuk disantap saat dingin maupun dijadikan oleh-oleh khas dengan topping kekinian.

Namun bagi Anda yang menjadian kue serabi sebagai oleh-oleh, untuk dapat diingat waktu tahan kue ini, sehingga tidak bisa dibawah jauh-jauh.

4. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay Image by arzarentcarcirebon.com

Salah satu sirup yang melegenda di kota Cirebon adalah Sirup Tjampolay, sirup ini memang sudah dikelola oleh beberapa generasi, namun label kekinian bisa diberikan oleh sirup legendaris ini. Sekarang dengan semakin banyaknya varian rasa yang bisa Anda pilih membuat sirup ini bisa dijadikan salah satu oleh-oleh khas cirebon yang kekinian.

Meskipun saat ini gempuran produk luar yang begitu pesat masuk ke Indonesia dan dengan mudah menyebar keseluruh Indonesa, namun sirup yang satu ini tidak bisa tergantikan dihati masyarakat Cirebon dan juga bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke kota Cirebon.

Sirup ini semakin berkembang melawan perubahan zaman dan persaingan ketat di produk minuman khususnya sirup, kini Anda sudah bisa menikmat sirup ini dengan berbagai ras, dari mulai rasa mawar, mangga, jeruk, pisang, nanas, susu, hingga rasa frozen. Sirup yang satu ini memang sangat sering dijadikan oleh-oleh khas Cirebon

5. Terasi Udang Cirebon

Terasi Udang Cirebon Image by fid-fud.blogspot.com

Kurang rasanya kalau berkunjung ke kota Cirebon dan belum membawa olahan udang di kota udang ini, salah satu olahan udang yang bisa dibilang wajib untuk dibawa pulang adalah terasi udang. Campuran sambal yang satu ini memang sangat menggoda selera, khususnya teras udang khas cirebon menjadikan makanan semakin istimewa dengan campuran terasi khas ini. Oleh-oleh yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan, disetiap penjualan pusat oleh-oleh khas Cirebon pasti menyediakan terasi udang, dengan harga yang sangat terjangkau yaitu mulai dari 15 ribu rupiah saja. Terasi udang khas cirebon ini juga selain terkenal akan kelezatannya juga terasi ini tahan lama, sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas meskipun dalam perjalanan jauh.

6. Kue Gapit

Kue Gapit Image by Seratus.id

Salah satu kue kekinian dan oleh-oleh khas kota Cirebon yang wajib Anda bawa pulang adalah kue gapit, kue yang satu ini memiliki rasa yang khas, bentunya yang sangat tipis mirip keripik kentang ini sangat sering dijadikan oleh-oleh khas.

Berbahan dasar tepung tapioka kue ini sangat cocok untuk dijadikan teman saat bersantai, kue tradisional ini kini mengalami perkembangan yang kekinian yatu dengan berbagai rasa atau topping, dari mulai balado, rasa udang, rasa keju, rasa manis, rasa kacang dan lainnya. Proses pembuatan kue yang satu ini juga sangat unik, bukan digoreng melainkan dipanggang sehingga memberikan rasa khas yang tak terlupakan.

7. Jeniper atau Jeruk Nipis Peras

Juniper Image by cirebon24.com

Oleh-oleh khas cirebon kekinian berikutnya adalah minuman jeruk nipis dengan nama Jeniper atau jeruk nipis peras, namanya yang sangat unik membuat minuman ini sangat terkenal dan menjadi salah satu oleh-oleh khas. Minuman jeruk nipis ini dikemas dalam botol sirup yang siap minum, rasa khas asam manis segar jeruk nipis bisa Anda nikmati.

Kemasan yang tidak begitu besar sehingga sangat mudah untuk Anda bawa pulang dan dijadikan oleh-oleh khas.

8. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak Image by tokomesin.com

Bahas kerupuk dikota udang, tidak hanya kerupuk udang saja namun juga terdapat kerupuk berbahan lain seperti kerupuk rambak, kerupuk rambak berbahan utama kulis sapi yang disamak dan dibersihkan dengan baik selanjutnya digoreng dengan minyak yang panas, menghasilkan kerupuk dengan tekstur yang renyah dan rasa yang gurih juga rasa khas sapi. Kerupuk ini sangat cocok sebagai teman saat makan nasi dan sangat spesial ketika dijadikan oleh-oleh khas, mengingat beberapa kota di Indonesia belum tersedia olahan kerupuk kulit sapi.

9. Batik Cirebon

Batik Cirebon Image by denucup.web.id

Oleh-oleh khas kota Cirebon tidak hanya makanan saja khusunya bukan hanya olahan udang saja, namun dari segi sandang atau kain juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dan berkesan yang harus Anda miliki.

Salah satunya adalah batik Cirebon, batik yang merupakan kekayaan seni dan budaya di Indonesia menjadi sangat wajib bagi kita untuk mencintai berbagai batik di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya di kota Cirebon, ciri khas corak yang merupakan salah satu daya tarik orang untuk membeli batik Cirebon

10. Emping

Emping Cirebon Image by Oleholehmami.com

Emping salah satu oleh-oleh khas kota Cirebon yang belum banyak orang mengenalinya, tidak seperti daerah lainnya. Emping yang berbahan dasar melinjo ini memang sangat cocok dijadkan teman makan dengan nasi. Makanan khas ini memang sangat legendaris, namun kini diolah menjadi lebih kekinian dengan berbagai rasa kekinian juga, seperti rasa rumput laut, rasa udang, rasa asin dan manis. Akan menjadi pengalaman berbeda saat menikmati emping.

Demikian 10 oleh oleh khas cirebon kekinian yang wajib Anda bawa pulang saat berada di kota Cirebon. Semoga menjadi rekomendasi yang tepat.