10 Makanan Khas Solo Oleh-Oleh Yang Tak Boleh Dilewatkan – Jika Anda sudah pernah menunjungi kota jogja sebaiknya Anda juga tidak melewati berwisata di kota solo, kota yang juga tidak kalah indahnya dengan kota jogja ini memang menjadi salah satu tujuan wisata lokal maupun manca negara. Selain keindahan kota, Solo juga seringkali menjadi tujuan wisata karena keanekaragaman kuliner yang lezat dan dengan harga yang terjangkau.

Selain itu wisata alam juga sangat banyak bisa Anda temukan di Solo, dari mulai air terjun yang sangat terkenal yaitu Grojogan Sewu Tawangmangu, hingga water park seperti Water World Solo baru yang akan menambah daftar kunjungan Anda saat berada di kota Solo.

Namun dalam artikel ini kita tidak akan membahas satu persatu keindahan kota solo baik alam maupun wisata perkotaan, artikel ini akan membahas mengenai wisata kuliner dan oleh-oleh khas Solo yang lezat yang wajib Anda cicipi dan bawa pulang sebagai oleh-oleh, berikut kami rangkum 10 makanan khas solo oleh oleh yang tak boleh dilewatkan.

1. Selat Solo

Selat Solo Image by PengusahaSukses.com

Nama kuliner yang satu ini memang unik karena ada kata “selat” yang biasanya diartikan sebaga lautan yang luas, namun selat disini bukan berarti demikian. Kata selat berasal dari kata salad, meskipun memang jika kita melihat dari bahan kuliner ini terkesan tidak cocok untuk dikatakan sebagai salad yang identik dengan sayuran segar dengan saos mayonais. Selat solo berbahan utama daging sapi yang disajikan dalam bentuk kuah khas Jawa yang manis. Beberapa orang menyebut kuliner ini sebagai pencampuran antara bistik, salad, dan sup.

Kuliner yang satu ini tidak hanya lezat dan menjadi makanan khas, Anda juga bisa menjadikan kuliner ini sebagai oleh-oleh karena melegenda, namun perlu diingat batas waktu konsumsi dari makanan ini.

Selat solo sendiri diyakini dipengaruhi oleh masa kolonial belanda yang memakan jenis makanan salad dengan ciri khas sayuran segar, roti, keju dan bistik yang biasanya sangat erat hubungannya dengan makanan khas kelas atas dari masyarakat Hindia Belanda.

Kemudian tercampurlah hidangan jawa dan juga hidangan eropa pada masa itu, yang bisa dikatakan campuran makanan eropa dan khas jawa dengan selera masakan Jawa, yang bisa dilihat dari rasanya yang cenderung manis dan berbeda dengan selera orang eropa yang asin dengan ditambahi mayonais.

Jangan sampai lupa untuk mencicipi rasa dari selat solo dan dijadikan oleh-oleh khas karena memang makanan yang satu ini sudah melegenda.

2. Brambang Asem

Brambang Asem Image by Solopos.com

Bagi Anda yang senang dengan makanan tradisional yang legendaris, makanan khas yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan, makanan dengan olahan daun ubi jalar ini memang sangat menggoda, meskipun terbilang sederhana namun kuliner yang satu ini sangat menggoda dan wajib Anda coba saat berada di kota Solo.

Kuliner dengan bahan daun ubi jalar yang direbus ini merupakan salah satu teman makan nasi yang sangat nikmat, meskipun hanya direbus Anda akan mencium aroma harum bawang merah dan rasa yang pedas, sangat cocok bagi Anda yang tidak berselera dengan makanan manis. Brambang Asem biasanya disantap dengan tempe rebus.

3. Lenjongan

Lenjongan Image by solo.tribunnews.com

Bagi Anda yang menyukai jajanan pasar, Lenjongan merupakan salah satu jajanan pasar yang wajib Ada santap saat berada di kota Solo, meskipun memang kota solo juga dikenal dengan banyaknya jajanan pasar yang nikmat namun Lenjongan ini tetap menjadi salah satu primadona jajanan pasar dan sangat banyak orang yang mencarinya. Lenjongan sendiri bukan hanya satu bagian, namun jajanan pasar ini terdiri dari beberapa jajanan pasar lainnya.

Seperti Klepon, Gendar, Getuk, Tiwul, Gendar, Ketan Hitam dan lainnya yang kemudian ditaburi dengan kelapa partu dan juga gula pasir ataupun gula merah cair.

Selain rasanya yang manis, gurih dan khas jajanan pasar yang kebanyakan rempah dan bahan dasarnya masih sangat terasa, jajanan yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan sangat terjangkau, bahkan bisa dibilang sangat murah, yaitu hanya Rp.3000 perbungkus, sangat murah jika dibandingkan dengan rasa dan kelezatan yang akan Anda nikmati.

Selain itu Lenjongan ini juga tidak menggunakan pengawet buatan apalagi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, sehingga jajanan pasar yang satu ini sangat aman. Tekstur dari lenjongan ini juga kenyal dan lembut, yang menjadikan lengjongan sangat nikmat untuk disantap saat bersantai.

Anda bisa membeli Lenjongan dengan mudah di pasar-pasar tradisional di kota Solo

4. Kue Lapis Mandarijn

Lapis Mandarijn Image by pusatgrosirsolo.com

Bagi Anda pecinta kue kekinian dan bukan jajanan pasar, solo juga memberikan banyak pilihan bagi Anda, salah satunya adalah kue lapis mandarijn. Kuliner berjenis roti basah ini merupakan rot dua sisi dengan ciri khas warna kuning dan coklat yang bertumpuk dan dilapisi selai nanas. Sekilas bentuknya seperti kue lapis surabaya, namun kue lapis mandarijin memiliki rasa yang berbeda juga dengan tekstur yang lembut.

Salah satu toko roti yang menjual kue lapis mandarijn ini adalah toko roti orion yang memiliki 3 varian rasa, yaitu mandarijn kismis, mandarijn spesial, mandarijn biasa, untuk yang mandarijn biasa hanya menggunakan mentega saja, sedangkan mandarijin spesial menggunakan mentega rumbotter yang membuat rasanya semakin spesial, dan untuk varian kismis kue lapis ini di berikan taburan kismis yang membuat rasanya semakin lezat.

5. Sate Buntel

Sate Buntel Image by dream.co.id

Bicar soal sate yang merupakan salah satu kuliner yang sangat dicari-cari wisatawan, di kota Solo mempunyai jenis sate yang unik dengan rasa yang sangat menggoda. Sate buntel, sate buntel adalah olahan sate yang sudah melegenda dan bisa dibilang tradisional di kota Solo dengan pengolahan yang berbeda, jika sate-sate lainnya hanya berupa potongan daging kambing yang dibakar, sate buntel adalah daging cincang yang dibungkus dengan lemak lalu dibakar.

Rasa yang sangat berbeda dengan sate-sate lainnya diseluruh Indonesia, sate buntel ini juga sangat berbeda dengan banyak olahan sate di Indonesia yang diolah dengan cara yang umum seperti dipotong dadu, dibakar dan dibaluri bumbu kecap saja.

Sate buntel dari olahannya saja memang sudah memberikan ciri khas dan rasa yang spesial, pantas saja kalau sate buntel menjadi salah satu makanan khas solo oleh-oleh khas juga yang wajib Anda bawa.

Namun untuk selalu diperhatikan ketahanan sate yang tentu saja tidak akan bertahan selama beberapa hari, maka selalu diperhatikan perjalanan Anda jangan sampai terlalu jauh saat ingin membawa sate buntel sebagai makanan khas dan oleh-oleh khas solo

6. Serabi Solo

Serabi Solo Image by coockpad.com

Salah satu makanan khas solo oleh-oleh yang lezat dan wajib dibawa pulang adalah serabi solo, kue dengan bahan tepung beras yang dicamput dengan santan dan digoreng diatas arang ini merupakan kue idolah para pelancong yang mengunjungi kota Solo, rasa gurih yang keluar dari santan kelapa yang bercampur dengan tepung membuat banyak orang sangat ingin menjadikan serabi solo ini sebagai oleh-oleh khas. Rasa lainnya yang menjadi favorit adalah taburan potongan pisang segar di atas serabi yang memberikan sensasi rasa berbeda dengan serabi yang lainnya.

7. Sate Kere

Sate Kere Image by cookpad.com

Nama kuliner khas solo yang satu ini memang unik, sate kere bukan berarti yang makanan hanya orang kere atau tidak beruang, atau mungkin kere atau kekurangan dengan bumbu. Sebaliknya sate ini memiliki cita rasa yang unik khususnya pada bumbunya, bumbu kental yang dibalur disate dengan sensasi rasa pedas seperti di bumbu pecal membuat sate ini sangat berbeda dengan sate-sate yang ada di Indonesia, Sate kere biasanya disajikan dengan lontong membuat sate ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda ingin makan berat saat berwisata di kota Solo.

8. Mata Maling

Mata Maling Image by naboxparah.com

Makanan khas solo oleh-oleh dengan nama yang unik, mata maling. Makanan khas ini terbuat dari kulit melinjo yang kemudian dikeringkan dan diberi bumbu tabur seperti garam, cabe dan bawang putih. Mata maling sangat cocok disantap sebagai kudapan saat menyantap nasi.

9. Ampyang

Ampyang Image by masakandapurku.com

Olahan kacang yang dibalur dengan gula merah ini menjadi salah satu makanan yang sangat digemari di kota Solo, rasa manis dan juga rasa khas dari kacang tanah membuat rasa cemilan yang satu ini sangat lezat. Ampyang sangat cocok dijadikan teman ngemil saat Anda sedang berjalan-jalan di kota Solo.

10. Nasi Liwet

Nasi Liwet Image by Resepayam.net

Nasi liwet merupakan salah satu makanan khas Solo yang sangat lezat, berbahan dasar nasi yang gurih ditambah dengan sayur labu siam dan potongan daging ayam, dan telur. Nasinya sendiri dimasak dengan santan mirip dengan nasi uduk. Salah satu tempat favorit di Solo adalah Nasi Liwet Bu Sarmi.

Demikian 10 makanan khas solo oleh oleh yang tak boleh dilewatkan, semoga menjadi rekomendasi bagi para wisatawan yang ada di kota Solo.