10 Makanan Khas Solo jawa Tengah Yang Menggigit Lidah – Bahas wisata di Indonesia tidak boleh ketinggalan wisata kuliner, selain keindahan alam pantai dan pegunungan di Indonesia, wisata kuliner bisa menjadi salah satu hal yang paling berkesan bagi wisatawan di Indonesia. Kekayaan akan rempah-rempah di Indonesia membuat Indonesia memiliki ratusan masakan khas yang tersebar diseluruh Indonesia.

Kota Solo juga dikenal sebagai kota kuliner, tidak heran jika kuliner dijadikan budaya di Kota yang indah ini, kuliner dibuat secara turun temurun, bumbu dan alat masak dan cara memasaknya sangat dijaga. Karena kuliner seperti produk budaya dan menjadi salah satu kekuatan pariwisata Kota Solo, maka kuliner-kuliner di kota solo adalah kuliner yang sayang Anda lewatkan jika sedang jalan-jalan di kota Solo. Selain Kota dengan kuliner yang sangat terkenal, Kota Solo juga terkenal dengan harga kuliner yang masih terjangkau sehingga Anda tidak perlu khawatir saat ingin menjajal semua kuliner khas di kota Solo

Keunikan masakan disetiap daerah menjadikan Indonesia sangat kaya dengan masakan enak, bahkan bisa jadi disetiap kabupaten di Indonesia memiliki makanan khas yang sangat enak. Berikut kami bahasa wisata kuliner khususnya di Indonesia yaitu 10 makanan khas solo jawa tengah yang menggigit lidah

1. Selat Solo

Selat solo image by Kompasiana.com

Salah satu kuliner dengan rasa lezat dan nama unik yang terkenal di solo adalah Selat Solo, mungkin bagi sebagian orang merasa bingung dengan namanya selat yang merupakan pemisah dua pulau menjadi nama makanan yang lezat, Selat Solo berupa sayuran wortel buncis, kentang dan selada sayuran tersebut dimakan bersama telur rebus dan daging dengan kuah rempah khusus yang lezat.

Selat sendiri bukan di ambil dari bahasa Indonesia yang berarti laut pemisah, namun diduga berasal dari bahasa jasa Slatjee yang berarti salad. Sejarah yang beredar bahwa dizaman penjajahan belanda warga pribumi solo tertarik dengan makanan salad orang belanda, namun rasa yang tidak familiar dengan rasa asli salad membuat warga membuat resep sendiri dengan nama salad, sehingga jadilah Selat Solo ini.

2. Kue serabi

Kue serabi Indirania.com

Kue yang khas dengan wanginya ini terbuat dari tepung beras dengan variasi topping yang berbeda-beda, dengan semakin banyaknya olahan topping yang bisa digunakan kue serabi kini hadir dengan banyak rasa, dari mulai yang sudah biasa seperti coklat, strawberry dan keju, rasa topping buah-buahan juga kini bisa Anda nikmati, seperti rasa nangka, pisang, dan lainnyya. Salah satu serabi yang paling terkenal di Kota Solo adalah Serabi Notosuman

3. Tahu Kupat Solo

Kue Serabi Image by IndonesiaKaya.com

Salah satu makanan khas solo jawa tengah yang menggigit lidah adala tahu kupat, tahu kupat memang bukan hanya ada di Solo, sajian khas tahu dan ketupat ini memang tersebar di beberapa daerah di jawa tengah, juga terdapat di kota Yogyakarta. Tahu kupat yang lezat bisa Anda dapatkan di kota solo.

Tahu Kupat biasanya disajian dengan telur dadar dan kerupuk untuk menambah kelengkapan rasa lezat kuliner ini, biasanya sajian ini disajian dengan cabe rawit bagi Anda yang pecinta kuliner pedas.

4. Sate Buntel

Sate buntel Image by Agrowindo.com

Bagi Anda pecinta kuliner sate, di Kota solo ada kuliner sate yang sangat terkenal, yaitu Sate Buntel. Sate Buntel adalah salah satu kuliner khas Solo yang dibuat dari daging kambing di cincang dan dibungkus dengan emak kambing kemudian di bakar, sehingga sate ini dinamai Sate Buntel.

Selain Sate Buntel, teman kuliner ini adalah Tongseng Buntel, dan salah satu warung Sate Buntel adalah warung Sate Bu Hj Bejo bahkan warung sate ini merupakan salah satu tempat makan orang nomor 1 di Indonesia yaitu Bapak Presiden Joko Widodo

5. Soto Gading

Soto Gading Image by Solo.TribunNews.com

Bagi Anda yang favorit dengan kuliner berkuah terutama soto, kuliner soto di Solo yang bisa Anda nikmati adalah Soto Ayam di Soto Gading, soto gading bukan nama dari makanan, tapi nama salah satu tempat kuliner Soto di Kota Solo, soto yang disajikan adalah soto ayam dengan kaldu kental.

Lokasi kuliner ini merupakan lokasi terkenal di Solo dan pernah dikunjungi oleh Presiden-presiden di Indonesia selain Soekarno, Soeharto dan BJ Habibie, jika melihat orang-orang nomor satu pernah mengunjungi tempat ini tentu menyajikan kuliner yang sangat lezat.

6. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak Image by Masakandapurku.com

Cabuk rambak salah satu kuliner khas Solo, jika selama ini kita sering mendengar kata rambak di Solo punya kuliner khas yang mungkin belum semua orang pernah mendengarnya, yaitu Cabuk Rambak, cabuk rambah adalah kuliner yang dihidangkan dengan kerupuk nasi namun tetap disebut dengan rambak, sedangkan cabuk diambil dari bahan wijen yang merupakan bahan utama saus dari kuliner ini. Kuliner ini masih tergolong langka di Solo, tidak semua tempat menjual kuliner enak ini, hanya di tempat-tempat tertentu seperti di Pasar Gede yang merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Solo.

7. Bakso Solo

Bakso Solo Foody.id

Bakso merupakan salah satu kuliner favorit di Indonesia, setiap daerah di Indonesia sangat mudah untuk menemukan kuliner ini, namun di Solo Anda akan merasakan sensasi makan bakso yang berbeda karena Bakso Solo sangat terkenal kelezatannya. Sampai-sampai Solo sering di sebut dengan kota bakso dan ada juga ungkapan belum ke solo kalau belum makan bakso, khususnya bakso Kadipolo, bakso yang satu ini memang sangat terkenal di Solo.

8. Nasi Liwet

Nasi Liwet Image by resepcaramasakan.com

Nasi liwet adalah nasi uduk khas Solo, nasi liwet dimasak dengan santan sehingga rasanya yang gurih menambah kelezatan. Disajikan dengan lauk suwir daging ayam, telur dan labu siam sangat cocok dimakan saat sarapan merupakan waktu yang paling tepat.

Pelengkap lainnya tahu, tempe, kerupuk membuat nasi liwet solo menjadi favorit semua kalangan, nasi liwet juga mempunyai tekstur yang pulen dengan rasa gurih khas yang disajikan di atas daun pisang sehingga aroma wangi khas daun pisah menambah kenikmatan nasi liwet ini.

9. Lenjongan

Lenjongan Image by KSMTour.com

Jika sebelumnya yang kami bahas adalah kuliner untuk makanan berat, bagi Anda yang ingin mencari makanan ringan atau jajanan enak di Solo Anda bisa mencicipi jajanan Lenjongan Khas Solo. Lenjongan sendiri adalah nama bagi beberapa jajanan pasar yang berbahan dasar singkong, lenjongan terdiri dari berbagai makanan, harga perporsi lengkap hanya Rp.3.000 per bungkus dengan bahan alami tanpa pengawet dan pewarna buatan.

Meskipun terdapat beberapa jajanan, Anda juga bisa memilih jajanan apa saja yang ingin Anda ambil, misalnya saja Anda hanya mengambil tiwul dan gatot saja, atau jika Anda ingin mencicipi semuanya juga bisa yang lengkap. Anda bisa membeli Lenjongan Solo di pasar-pasar tradisional, salah satunya di pasar Gede kota solo.

10. Timlo Solo

Timlo Image by resepterupdate.com

Timlo adalah hidangan yang legendari di Solo, kuliner ini sudah ada sejang tahun 1960an, rumah makan yang menghidangkan hidangan ini sampai saat ini masih buka, bahkan punya cabang di semarang dan beberapa tempat di Indonesia.

Timlo adalah jenis makanan sejenis sup berisi ati ampela ayam, dadar gulung, irisan sosis, bihun telur dan ayam goreng. Kuah yang bening dan segar menjadikan kuliner ini sangat segar untuk disantap. Kuliner ini bisa dimakan dengan nasi dicampur ataupun dipisah.

Demikian 10 makanan khas solo jawa tengah yang mengigit lidah, wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi ketika berliburan di Kota Solo, jika Anda baru di kota Solo dan masih belum menguasai jalur atau arah di kota, Anda bisa menggunakan jasa layanan ojek online dengan memesan makanan online, sehingga Anda tidak perlu lagi tersesat dijalan saat Anda mencari kuliner-kuliner enak di kota Solo.

Namun jika Anda ingin sambil menikmati keindahan kota Solo, cara lain adalah dengan menggunakan taxi ataupun mencari tour guide atau kawan sehingga wisata kuliner di kota Solo jauh lebih nyaman dan aman. Kota yang sangat indah dengan kuliner yang terkenal di seluruh Indonesia sangat sayang jika Anda tidak menjajal semua kuliner lezat di atas.