10 Makanan Khas Solo Di Malam Hari Andalan Kuliner Lezat – Berwisata di Indonesia tidak boleh ketinggalan dengan wisata kuliner, di Indonesia memang wisata kuliner menjadi salah satu hal yang sangat digemari oleh wisatawan Indonesia ataupun wisatawan mancanegara. Keragaman akan makanan dengan rempah-rempah yang sangat beragam pula membuat wisata kuliner di Indonesia tidak bisa ditolak.

Selain makanan yang enak-enak, di Indonesia juga sangat terkenal dengan penyajian makanan yang unik dan mungkin tidak terdapat di negara lain, tidak hanya penyajian saja beberapa kuliner di Indonesia juga waktu buka penjualnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Jika selama ini kita mengenal kuliner yang buka dari pagi hingga malam, tapi beberapa daerah justru sebaliknya mulai bukanya hanya dari malam sampai pagi, sebagian orang mungkin bertanya-tanya apakah ada orang yang makan diwaktu subuh atau tengah malam di hari-hari biasa?

Berbeda memang jika diwaktu bulan Ramadhan, banyak penjual makanan yang buka hingga subuh karena banyak yang mencari makanan tengah malam dan hampir subuh untuk menyantap sahur, namun bagaimana di hari-hari biasa? Ternyata di beberapa daerah warung makan yang buka pada malam hari justru sangat ramai penikmatnya, salah satunya ada di kota Solo. Kota yang terkenal dengan berbagai macam kuliner lezat dan banyak varian jajanan pasar ini memang menjadi salah satu tujuan wisata yang memikat baik keindahan kota maupun kulinernya.

Artikel ini akan mengulas sedikit tentang 10 makanan khas solo di malam hari dengan rasa yang lezat dan tempat yang asik untuk mengisi waktu di malam hari.

1. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

Nasi Liwet Image by sintacarolina.blogspot.com

Jika anda lapar ditengah malam saat berada di kota solo dan ingin jalan-jalan menikmati keindahan kota solo sekaligus ingin mencari makanan khas malam hari, Anda bisa mencari Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang terkenal di Solo. Anda bisa mengunjungi Nasi Liwet Bu Wongso Lemu di jalan Teuku Umar yang buka dari sore jam 4 hingga jam 1 malam.

Sangat cocok bagi Anda yang tidak sempat makan malam tepat waktu dan sudah larut malam baru ingin makan malam. Anda akan merasakan enaknya Nasi Liwet ini dimasak dengan santan dan disajikan dengan sayur labu siam dengan rasa yang pedas sangat cocok bagi Anda yang berselera dengan makanan yang pedas.

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu lengkap dengan daging ayam suwir dan sejenis serundeng yang kemudian disajikan diatas daun pisang yang membuat aroma kuliner yang satu ini keluar dan sangat khas. Jangan khawatir soal harganya, karena kuliner yang satu ini masih terjangkau harganya Anda bisa menikmati lezatnya kuliner ini mulai dari harga Rp.10.000 saja

2. Galabo Solo

Galabo Image by yukselonjoran.com

Bagi Anda yang mencari tempat kuliner lengkap di kota Solo ke Galabo adalah tempat yang tepat untuk di kunjungi, Galabo sendiri adalah singkatan dari Gladag Langen Bogan yang merupakan sebuah tempat kuliner malam kota Solo.

Tempat ini hanya buka pada malam hari berlokasi di timur bundaran Gladag, di tempat ini Anda bisa menemukan semua jenis makanan khas kota Solo dalam satu tempat, Anda hanya perlu memilih yang mana yang ingin Anda santap. Mulai dari tengkleng, soto, nasi bebek, mie, ketoprak dan masih banyak lagi kuliner dalam 1 tempat.

Anda bisa mengunjungi tempat ini mulai dari jam 7 Malam sampai jam 11 malam, tersedia hingga 100 warung makan ditempat ini dengan hidangan makanan dan minuman yang lezat-lezat dengan pilihan duduk dikursi ataupun lesehan dengan santai.

3. Sate Kambing Pak Dahlan

Sate Kambing Image by food.detik.com

Bagi Anda yang suka dengan kuliner sate, di Solo Anda bisa menikmati kuliner yang sangat populer khususnya dimalam hari, bahkan sate ini menjadi salah satu tempat sate favorit orang nomor satu di Indonesia yaitu Pak Presiden Joko Widodo.

Terletak juga tidak jauh dari kediaman Pak Presiden di persimpangan Jalan Letjen Suprapto warung ini menyajikan hidangan daging kambing muda sekitar di bawah 5 bulan. Tidak hanya sate kambing saja yang bisa Anda santap di warung ini, tapi Anda juga bisa menyantap nasi goreng kambing, tongseng kambing, tengkleng kambing, sate buntel dan masih banyak lagi.

Seperti kita ketahui daging kambing sering tidak cocok dengan beberapa orang, selain kalau di olah dengan tidak benar bau tidak sedap kambing masih tercium apalagi jika kambing yang berumur tua tentu tekstur daging yang keras akan terasa, tapi tidak di warung ini kelezatan khas daging kambing muda yang lembut dan legit ini dengan cita rasa yang lezat menjadi pilihan tepat kuliner malam di kota Solo.

4. Markobar

Markobar Image by macamharga.com

Bagi Anda yang sangat suka dengan martabak manis Markobar adalah tempat terbaik Anda kunjungi saat ingin menjajal makanan lezat d kota Solo. Bukan hanya martabak manis biasanya yang hanya ditoping dengan gula, kacang meises dan susu manis. Namun toping martabak manis disini sangat beragam sehingga akan memberikan rasa berbeda dari martabak manis biasanya.

Cokelat dari berbagai merek yang bisa Anda pilih sebagai toping menambah kesan spesal di martabak manis ini. Bagi Anda pecinta coklat tempat ini memang menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang ingin mencari kuliner di kota Solo khususnya pada malam hari, jangan lupa untuk mempersiapkan budget yang cukup, karena harga martabak manis akan sesuai dengan toping apa yang Anda gunakan.

5. Gudeg Ceker Mergoyudan

Gudeg Image by aditwahyu.wordpress.com

Bagi Anda pecinta makanan Gudeg dan sedang berada di Solo, tidak perlu harus ke jogja dulu karena di Solo ada tempat makan Gudeg buka pada malam hari dan sudah terkenal di kota Solo, yatu Gudeg Ceker Mergoyudan, tempat makan gudeg yang satu ini memang sangat populer selain rasanya memang lezat gudeg ini uniknya buka nanti tengah malam tepatnya pukul 1:20 malam.

Uniknya lagi meskipun Anda datang lebih cepat 5 menit Anda tetap tidak akan dilayani sebelum memasuki jam 1:20 malam. Kelezatan kuliner ini terbukti karena salah satu artis Indonesia yang populer pernah makan disini yaitu Sharini.

6. Angkringan Malam

Angkringan Image by piesusubliman.com

Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke kota Yogyakarta, angkringan sangat sering ditemukan, dan ketika Anda berada di kota Solo dan ingin bersantap santai di angkringan Anda tidak perlu ke Jogja dulu karena di Solo Anda juga bisa menemukan angkringan.

Seperti yang sudah kita ketahui angkringan memang sangat sering bukanya nanti malam, beberapa angkringan yang rekomendasi adalah Omah Lawas, Omah Londo, 3 Trejet, atau Wedangan Pendopo.

7. Soto Seger Mbok Ronggeng

Soto Seger Mbok Ronggeng Image by KendallJenner.fun

Mencari hidangan soto di malam hari di kota Solo? Tenang, tidak perlu khawatir karena Anda bisa menemukan hidangan soto yang lezat dimalam hari dan buka mulai jam 11 malam. Soto Seger Mbok Ronggeng adalah pilihan kuliner malam jam 11 keatas, malam hari di kota Solo sering kali bercuaca sejuk dan dingin memang sangat cocok makan kuliner yang satu ini.

8. Susu Segar Shi Jack

Susu Segar Shi Jack Image by Tripadvisor.com

Bagi Anda yang tidak ingin makan makanan berat seperti soto, gudeg dan lainnya diatas tapi hanya ingin ngemil dan minum susu segar di Solo ada tempat yang cocok untuk Anda menikmati Susu segar pada malam hari. Susu Segar Shi Jack adalah salah satu tempat minum susu malam terkenal di Solo. Anda bisa menikmati beberapa carian susu murni diantaranya adalah Susu Coklat, Madu, Sirup, Susu Jahe dan masih banyak lagi.

9. Warung 24 Jam “Tiada Tara”

Tiada Tara Image by websta.me

Warung yang satu ini biasanya sangat terkenal di kalangan mahasiswa, selain buka 24 jam warung ini menyediakan bubur kacang ijo dan juga aneka mie instan. Burjo ni berada di belakang kampus UNS, selain mie dan burjo Anda juga bisa memesan menu lain seperti nasi goreng yang juga menjadi favorit di warung 24 jam ini.

10. Nasi Liwet Mbok Mami

Nasi Liwet Mbok Mami Image by infomakan.com

Nasi liwet yang satu ini menjadi favorit dan populer di kota Solo selain rasanya yang lezat nasi liwet ini juga bisa didapatkan dengan harga yang murah. Mulai dari harga 6 rupiah saja Anda sudah bisa menyantap kuliner lezat ini. Lokasinya dekat dengan pasar Jongkie sehingga sangat mudah untuk Anda temui. Bagi Anda yang ingin mencari tempat makanan murah dan lezat diatas jam 11 malam, nasi liwet mbok mami tempat yang tepat.

Demikian 10 makanan khas solo di malam hari andalan kuliner lezat yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang mencari kuliner malam di kota Solo.