10 Makanan Khas Indonesia Yang Terkenal di Korea – Indonesia selain memiliki wisata alam yang luar biasa juga sangat terkenal denan berbaga kuliner yang lezat, beberapa diantaranya menjadi favorit beberapa negara. Kuliner di Indonesia yang sangat beragam dan sangat berbeda-beda rempah dan kelezatannya menjadi daya tahan tersendiri bagi wisatawan asing.

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah, tak hanya melimpah akan rempah namun masyarakat Indonesia yang memiliki kreatifitas tinggi dalam mengolah makanan membuat suatu keunggulan tersendiri. Dari saman dahulu Indonesia memang sudah sangat terkenal dengan rempah-rempah masakan yang sangat menggoda siapa saja, baik itu dari wilayah paling barat Indonesia hingga wilayah paling timur.

Bahkan salah satu masakan Indonesia menjadi nomor satu makanan terlezat di dunia menurut sebuah survey yang pernah dilakukan beberapa tahun lalu, makanan itu adalah rendang. Selain prestasi tersebut tidak bisa dipungkiri daya tarik Indonesia selain keindahan alam dan kota-kota d Indonesia juga wisata kuliner yang sangat memanjakan lidah para wisatawan, sehingga berwisata di indonesia tidak hanya memanjakan mata tapi juga memanjakan lidah.

Tahukah Anda bahwa beberapa kuliner di Indonesia menjadi favorit didunia? Beberapa negara menjagokan makanan Indonesia sebagai makanan favorit karena rasanya yang lezat. Kami tidak bisa membahasnya secara keseluruhan negara-negara mana saja yang menyukai makanan khas Indonesia, baik itu dari pulic figure maupun restoran-restoran yang menjual makanan Indonesia, untuk itu kami akan membahas satu negara saja yang terdapat makanan khas Indonesia dan menjadi terkenal di negara tersebut.

Negara itu adalah korea, makanan khas Indonesia yang terkenal di korea memang ada beberapa, tidak hanya itu artis-artis dari negara yang salah satunya terkenal karena produksi drama dan juga grup musiknya yang berkunjung ke Indonesia jatuh cinta dengan rasa makanan khas di Indonesia, karena keunikan rasa dan rempah-rempah yang sangat kaya yang membuat makanan di Indonesia memiliki rasa yang khas. Dalam artikel ini akan kami bahas 10 makanan khas indonesia yang terkenal di korea yang semoga menginspirasi Anda semua dan sebagai pengingat bahwa kuliner di Indonesia merupakan kuliner yang menjadi juara dibeberapa negara sehingga kita seharusnya lebih sering dan lebih mencintai kuliner khas Indonesia dibandingkan dengan kuliner di luar negeri

1. Nasi Goreng

Nasi Goreng Image by selerasa.com

Nasi goreng adalah kuliner yang sangat sering dan paling mudah untuk kita dapatkan ketika berada di Indonesia, hampir tidak ada daerah khususnya kota kabupaten yang tidak tersedia menu nasi goreng. Nasi goreng sendiri ada beberapa rasa dan khas dari mulai wilayah barat sampai timur Indonesia terdapat beberapa macam nasi goreng.

Kuliner yang satu ini memang sangat terkenal di Indonesia, bahkan juga terkenal di luar negeri dan menjadi salah satu favorit seorang artis ternama asal Korea yaitu Lee Min-ho yang beberapa tahun lalu sebelum memulai pertemuannya dengan para fans, dikabarkan Lee Min-ho menghabiskan sampai 3 porsi nasi goreng. Tentu bukan hanya karena dalam keadaan lapar, tapi tentu saja karena rasanya yang spesial membuat Lee Min-ho menjadi sangat suka dengan rasa kuliner yang satu ini.

2. Sop Buntut

Sop Buntut Image by selerasa.com

Makanan khas Indonesia yang terkenal di Korea berikutnya adalah sop buntut, jenis olahan sop ini memang sangat terkenal rasanya, bukan hanya di Indonesia tapi juga sampai keluar negeri. Sop yang berbahan dasar ekor sapi ini memiliki cita rasa yang khas dan tidak terdapat di beberapa kuliner lainnya di Indonesia.

Salah anggota satu grup musik Big Bang asal korea yang melakukan konser di Indoneia beberapa tahun yang lal menyatakan sangat menyukai kuliner satu ini, tidak hanya sop buntut dia juga menyatakan menyukai kuliner lainnya yaitu mie goreng dan nasi goreng.

3. Tempe

Tempe Image by Halallifestyle.id

Lauk yang berbahan dasar dari kacang kedelai ini memang di Indonesia sangat biasa saja, bahkan cenderung tidak berkelas. Mungkin disebabkan sangat mudah didapatkan juga dengan biaya murah tempe sering menjadi pilihan yang kesekian saat memilih menu makan. Namun ternyata tempe yang terkesan di anggap remeh di Indonesia justru sangat populer di beberapa negara.

Mungkin kita masih teringat oleh salah seorang warga negara asing yang serius mempelajari cara membuat tempe di Indonesia karena kecintaannya terhadap rasa khas tempe yang kemudian dia memperkenalkannya di Amerika dengan membuka kedai tempe goreng di daerahnya di Amerika Serikat. Tidak hanya kisah tersebut, ternyata di Korea tempe menjadi salah satu menu yang favorit, khususnya di beberapa kedai dan restoran masakan khas Indonesia, meskipun masakan khas Indonesia namun yang berkunjung dan menyantap makanan bukan hanya orang Indonesia tapi tentu saja masyarakat asli korea, dan tempe menjadi salah satu menu yang disajikan disana dengan demikian masyarakat koreapun menjadi sangat mengena dengan olahan yang dalam tanda petik dianggap remeh di Indonesia.

4. Bakso

Bakso Image by Kompasiana.com

Bakso adalah salah satu makanan khas indonesia yang sangat mudah ditemukan di Indonesia bahkan tidak jarang hanya menunggu penjual bakso lewat didepan rumah kita sudah bisa menyantap bakso khas Indonesia, makanan yang satu ini mungkin sudah di anggap makanan biasa dan tidak lagi spesial di Indonesia bagi sebagian orang, namun siapa sangka bakso menjadi makanan yang sangat terkenal di korea.

Salah satu restoran yang menjual bakso di Korea dan yang sangat terkenal adalah restoran Bakso Bejo Korea, Bakso Bejo Korea memang sudah sangat terkenal di Korea. Kedai baks ini bahkan sudah memiliki puluhan cabang yang tersebar di 5 kota di Korea Selatan. Para penikmat bakso ini bisa menikmati lezatnya kuliner ini dengan beberapa cara, yaitu dengan membelinya mentah dan bisa diolah lagi di rumah, atau juga bisa memesan online. Dengan puluhan cabang yang sudah tersebar di Korea membuat makanan khas Indonesia ini tentu menjadi sangat terkenal disana.

5. Rendang

Rendang Image by selerasa.com

Siapa yang tidak mengenal kuliner yang satu ini, kuliner ini memang sangat populer dan menjadi makanan enak di Indonesia dan juga dunia, rendang juga menjadi kuliner terlezat di dunia menurut sebuah survey yang pernah dilakukan beberapa tahun lalu.

Tidak hanya didunia, anggota grup musik SNSD saat mengunjungi Indonesia untuk konser mereka, mereka memilih menu rendang sebagai menu makan mereka dan mereka menyukainya. Tidak hanya grup SNSD tapi J-Hope juga menyukai makanan khas Sumatera ini.

6. Gorengan

Gorengan Image by myeatandtravelstory.wordpress.com

Pernahkah Anda terpikirkan bahwa gorengan menjadi salah satu kuliner yang terkenal di Korea? Salah satu makanan ringan di Indonesia ini menjadi favorit Sungmin dari Super Junior yang bahkan diberitakan meminjam uang sopir bus yang mengantar mereka untuk membeli gorengan. Tentu bis ditebak bahwa makanan yang satu ini sangat enak dan disukainya, bahkan dia juga pernah mengatakan ke penggemarnya bahwa gorengan merupakan makanan yang sangat enak.

7. Mie Ayam

Mie Ayam Image by tokomesin.com

Siapa yang tidak mengenal olahan mie yang satu ini, hampir setiap kota kabupaten juga terdapat olahan ini, di Indonesia memang sangat terkenal namun siapa sangka juga mie ayam terkenal diberbagai negara dan menjadi favorit di lidah orang luar negeri, salah satunya adalah anggota Super Junior yang saat itu mengunjungi Jakarta untuk sebuah pemotretan.

Saat ia berkunjung dan mengelilingi tempat-tempat wajib bagi wisatawan di Jakarta dia menyempatkan mampir dipinggir jalan untuk makan mie ayam. Tentu bisa ditebak bahwa mie ayam menjadi salah satu makanan yang disukainya.

8. Mie Instan

Masih dengan mie makanan khas Indonesia yang terkenal di Korea salah satunya adalah mie instan, mie instan memang menjad favorit dibeberapa negara salah satu yang diekspor keluar negeri adalah mie dari Indomie yang sangat beragam rasa yang lezat. Rasa lezat dari mie instan Indomie ini menjadi favorit beberapa negara salah satunya di korea.

Terbukti salah satu artis korea Moon Geun-yong yang saat mengunjungi pulau bali mendapatkan kiriman kado dari penggemar yang ternyata isinya adalah mie instan, Kyuhyun dari Super Junior juga mengakui bahwa dia sangat menyukai mi instan dengan rasa kari ayam.

9. Sate

Sate Image by resepcaramemasak.info

Makanan khas Indonesia ini tidak hanya terkenal di negara Korea tapi kita masih teringat bahwa mantan presiden Amerika Serikat pernah bercerita tentang kenangannya dengan sate di Indonesia dengan menirukan suara penjual sate keliling, tentu makanan ini menjadi salah satu makanan favorit mantan orang nomor 1 di amerika itu.

Begitu juga di Korea salah satu anggota Super Junior sangat menyukai sate ayam dan sate kambing bahkan Bo-hum mendatangi penjual satenya langsung saat berkunjung ke Indonesia.

10. Durian

Durian Image by thejakartapost.com

Buah khas ini menjadi salah satu buah favorit bagi sebagian masyarakat korea, rasanya yang manis dengan aroma khas ini membuat buah ini menjadi primadona bagi sebagian masyarat korea. Tidak jarang bagi wisatwan korea yang sedang berkunjung ke Indonesia ingin merasakan enaknya buah yang satu ini.

Demikian 10 makanan khas Indonesia yang populer di Korea, semoga menambah wawasan kita semua dan menumbuhkan kecintaan kita terhadap makanan khas di Indonesia.