10 Keajaiban Dunia Islam Dalam Al-Qur’an dan Hadist – Keajaiban dunia memang sangat beragam  dan menjadi daya tarik yang sangat mengagumkan untuk selalu diikuti, baik itu keajaiban dunia modern maupun keajaiban dunia kuno dan saat ini. Keajaiban dunia sangat erat hubungannya sesuatu yang hampir bisa dikatakan mustahil bagi sebagian orang namun terjadi dengan peralatan dan kemampuan yang bisa dibilang masih terbatas.

Keajaiban dunia juga selalu menjadi perbincangan karena beberapa keajaiban dunia bisa tergantikan karena vooting banyak negara sehingga seringkali memunculkan keajaiban dunia yang baru yang menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk selalu di ketahu.

Tidak hanya keajaiban dunia kuno, modern atau saat ini, namun juga bagi Anda yang beragama islam keajaiban dunia juga terjadi di agama Islam, banyak peristiwa yang terbukti merupakan keajaiban dunia yang sangat menakjubkan. Bagi Anda yang belum mengetahui keajaban dunia islam berikut artikel ini akan membahasnya, memang tidak dapat kami bahas semuanya karena keajaiban dalam islam memang sungguh banyak, apalagi jika kita kaji secara mendalam dari Al-Qur’an dan Hadist seperti ayat-ayat yang zaman dulu sudah diturunkan dan sekarang sudah dibuktikan oleh sains modern, namun dalam artikel ini kami akan bahas 10 diantaranya, berikut adalah 10 keajaiban dunia islam.

1. Keajaiban Penciptaan Manusia

Penciptaan Manusia Image by techno.okezone.com

Siapa yang bilang penciptaan manusia bukanlah suatu keajaiban? Manusia hanya berasal dari sperma yang membuahi sel telur wanita dan akhirnya lambat laun tumbuh dan melahirkan sebagai manusia baru. Siapa yang saat ini bisa menciptakan sperma? Tidak akan ada yang mampu menciptakan, bahkan saat ini teknologi pembuahan dilakukan diluar alat kelamin wanita, tetap tidak dapat menggantikan rahim seorang perempuan tempat manusia baru akan tumbuh dan kemudian melahirkan.

Hal ini merupakan sebuah keajaiban yang tidak dapat dipungkiri, kalau bukanlah keajaiban dan kekuasaan Allah pasti tidak akan seluarbiasa ini, dan tidak ada tandingannya, dari mulai penciptaan sel telur perempuan dan sel sperma laki-laki, belum ada orang yang mampu membuatnya.

2. Air Laut dan Air Tawar Yang Tidak Bercampur

Air tidak bercampur Image by kesiniaja.com

Salah satu keajaiban dunia islam adalah fenomena air laut dan air tawar yang saling bersentuhan namun tidak menyatu satu sama lain, seakan terdapat tembok pemisah antara keduanya, padahal kalau kita lakukan uji coba sendiri, misal air tawar kita campurkan dengan air laut, maka tetap akan menyatu namun fenomena alam ini terjadi dan sesuai dengan firman Allah Subhanawata’ala. Fenomena ini terjadi di Angelita Meksiko terdapat air sungai yang ditemukan di bawah laut.

3. Batu Yang Berbicara

Batu Image by annur2.net

Keajaiban dunia Islam berikutnya terjadi pada zaman Rasulullah Sallahu’alaihwasallam, sesuai dengan sabda beliau yang sebagai umat Islam beriman kepada hadist-hadist Rasulullah. “Kalian akan memerangi orang-orang Yahudi sehingga seorang diantara mereka bersembunyi di balik batu. Maka batu itu berkata, “Wahai hamba Allah, Inilah si Yahudi di belakangku, maka bunuhlah ia”. [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (2767), dan Muslim dalam Shohih-nya (2922)]

Al-Hafizh Ibnu Hajar-rahimahullah- berkata, “Dalam hadits ini terdapat tanda-tanda dekatnya hari kiamat, berupa berbicaranya benda-benda mati, pohon, dan batu. Lahiriahnya hadits ini (menunjukkan) bahwa benda-benda itu berbicara secara hakikat”.[Lihat Fathul Bari (6/610)]

4. Semut Memberi Komando

Semut Image by nengain.web,id

Salah satu kisah yang menjadi keajaiban dala islam yaitu saat semut menjadi komando pada pasukan semut lainnya sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur’an:

“Dan Sulaiman telah mewarisi daud,dan dia berkata :”Hai manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu kurnia yang nyata”. Dan dihimpun untuk  Sulaiman tentaranya dari jin, manusia, dan burung lalu mereka diatur dengan tertib (dalam barisan). Hingga apabila mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut: hai semut-semut, masuklah kedalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dai berdo’a : “Ya Tuhan ku berilah Aku ilham untuk terus mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang Ibu Bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah Aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”. (QS. An-Naml: 16-19)

5. Keajaiban Pohon Kurma

Pohon Kurma Image by dakwatuna.com

Pada semasa hidupnya baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, ada keajaiban islam yang pernah terjadi yaitu pohon kurma yang menangis. Kisahnya bisa kita temukan dalam hadist nabi.

“Jabir bin Abdillah -radhiyallahu ‘anhu- berkata: “Adalah dahulu Rasulullah -Shollallahu ‘alaihi wasallam- berdiri (berkhutbah) di atas sebatang kurma, maka tatkala diletakkan mimbar baginya, kami mendengar sebuah suara seperti suara unta dari pohon kurma tersebut hingga Rasulullah -Shollallahu ‘alaihi wasallam- turun kemudian beliau meletakkan tangannya di atas batang pohon kurma tersebut” .[HR.Al-Bukhariy dalam Shohih-nya (876)]

Ibnu Umar-radhiyallahu ‘anhu- berkata,

“Dulu Nabi -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- berkhuthbah pada batang kurma. Tatkala beliau telah membuat mimbar, maka beliau berpindah ke mimbar itu. Batang korma itu pun merintih. Maka Nabi -Shollallahu ‘alaihi wasallam- mendatanginya sambil mengeluskan tangannya pada batang korma itu (untuk menenangkannya)”. [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (3390), dan At-Tirmidziy dalam Sunan-nya (505)]

6. Keajaiban Hewan Unta

Unta Image by tabloidbintang.com

Tidak hanya manusia yang mempunyai perasaan, namun juga hewanpun memiliki perasaan, bisa merasakan, marah, sedih, senang, dan lainnya. Salah satu keajaiban islam adalah saat unta mengadu pada Rasulullah Sallahu’alaihi wasallam. Pada suatu hari Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wasallam- pernah memboncengku dibelakangnya, kemudian beliau membisikkan tentang sesuatu yang tidak akan kuceritakan kepada seseorang di antara manusia.

Sesuatu yang paling beliau senangi untuk dijadikan pelindung untuk buang hajatnya adalah gundukan tanah atau kumpulan batang kurma. lalu beliau masuk ke dalam kebun laki-laki Ansar. Tiba tiba ada seekor unta. Tatkala Nabi -Shallallahu ‘alaihi wasallam- melihatnya, maka unta itu

merintih dan bercucuran air matanya. Lalu Nabi -Shallallahu ‘alaihi wasallam- mendatanginya seraya mengusap dari perutnya sampai ke pundaknya dan tulang telinganya, maka tenanglah unta itu. Kemudian beliau bersabda, “Siapakah pemilik unta ini, unta ini milik siapa?” Lalu datanglah seorang pemuda Ansar seraya berkata, “unta itu milikku, wahai Rasulullah”. Maka Nabi -Shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda,: “Tidakkah engkau bertakwa kepada Allah dalam binatang ini, yang telah dijadikan sebagai milikmu oleh Allah, kerana ia (binatang ini) telah mengadu kepadaku bahawa engkau telah membuatnya letih dan lapar”. [HR. Abu Dawud dalam As-Sunan (1/400), Al-Hakim dalam Al-Mustadrak (2/99-100), Ahmad dalam Al-Musnad (1/204-205), Abu Ya’la dalam Al-Musnad (3/8/1), Al-Baihaqiy dalam Ad-Dala’il (6/26), dan Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyqa (9/28/1). Lihat Ash-Shahihah (20)]

7. Batu Yang Mengucap Salam

Batu Image by Freepik.com

Keajaiban dunia Islam berikutnya adalah keajaiban batu yang memberikan salam kepada Rasulullah, Rasulullah pernah menerima salam dari sebuah batu yang pada saat itu Rasulullah belum di utus, sebagai seorang Rasul tentu memiliki banyak kelebihan dan keajaiban yang diberikan sang pencipta, dan bagi seorang yang beriman tentu kita selalu mengimani apa yang disampaikan Rasulullah seperti dalam hadist. “Sesungguhnya aku mengetahui sebuah batu di Mekah yang mengucapkan salam kepadaku sebelum aku diutus, sesungguhnya aku mengetahuinya sekarang”.[HR.Muslim dalam Shohih-nya (1782)].

8. Keajaiban Al-Qur’an

Al-Qur’an Image byMuslimdaily.net

Al-Qur’an adalah kitab Suci umat Islam yang juga umat Islam meyakini bahwa sebagai kita penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya yang sudah diturunkan dan disebarkan oleh para nabi pendahulu sebelum nabi terakhir Nabi Muhammad Sallahu’alaihi Wasallam.

Al-Qur’an juga tidak hanya membahas perkara agama dan hal-hal ghaib, namun pengetahuan alam dan sains sudah dibahas sejak dahulu, tidak jarang banyak ilmuan yang mengambil inspirasi penilitian dari Al-Qur’an, atau juga secara tidak sengaja melakukan penelitian dan pada akhirnya mengetahui bahwa isi penelitian tersebut sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an. Sains modern suah banyak yang membuktikan keajaiban dan kebenaran Al-Qur’an

9. Keajaiban Hadist Nabi

Al-Hadist Image by islamic-indo.blogspot.com

Tidak hanya keajaiban Al-Qur’an saja yang menjadi keajaiban dunia islam, dalam hadist-hadist nabi juga terdapat banyak keajaiban, seperti sabda nabi yang akhirnya pada dunia sains moderen terbukti bahwa sabda Nabi terakhir ini memang benar, seperti sabda mengenai mencelupkan lagi lalat keminuman yang sudah di masukan lalat, karena sayap-sayapnya akan menjadi penawar dari penyakit yang dia bawa.

10. Hewan Berbicara

Hewan Image by pixabay.com

Pada akhir zaman nantinya akan ada hewan-hewan yang dapat berbicara, dan itu merupakan salah satu tanda-tanda besar hari kiamat. Sebagaimana yang ada dalam Al-Qur’an. An-Naml ayat 82, “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahawa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami”.

Demikian keajaiban dalam dunia islam, memang sangat banyak keajaiban yang bisa dibahas yang sudah terjadi dan akan terjadi dalam Islam, namun dalam kesempatan artikel ini kami hanya membahas 10 keajaiban dunia islam.