Sangat menarik untuk selalu mengetahui mengenai keajaiban-keajaiban dunia, saat ini memang sudah ada banyak keajaiban dunia yang bisa kita temukan, terkadang juga keajaiban dunia baru muncul karena diadakan voting dengan banyak negara sebagai pesertanya.

Keajaiban dunia memang menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia pariwisata, tidak mengherankan jika kita melihat keindahan dan keunikan dari keajaiban-keajaiban dunia, keajaiban dunia juga tersebar diberbagai negara, sehingga keindahannya juga tidak itu-itu saja, mengingat setiap negara punya ciri khas tersendiri

Salah satu keajaiban dunia yang paling terkenal adalah taj mahal yang menurut kisahnya bangunan megah ini dibangun sebagai hadiah dari sang raja buat istrinya, di India memang sudah terkenal dengan banyak keindahan, salah satuya keindahan dari keajaiban dunia tajmahal ini, namun tahukah Anda bahwa tajmahal bukanlah satu-satunya keajaiban dunia di India?

India sendiri memiliki beberapa keindahan yang bisa dikategorikan sebagai keajaiban dunia. Dalam artikel ini akan kami bahas beberapa keindahan dan juga keajaiban dunia yang ada di india saja, kami rangkum dalam 10 keajaiban dunia di india.

1. Tajmahal

Tajmahal Image by NDTV.com

Tentu saja yang pertama adalah tajmahal, bangunan ini memang sudah lama menjadi keajaiban dunia selain karena kemewahan dan kemegahannya, daya tarik tajmahal juga terletak pada sejarah dan juga kisah dibalik pembuatan dari taj mahal. Monumen ni terletak di Agra di India, bangunan ini dibuat atas keinginan Kaisar yang pada waktu itu adalah Mughal Shah Jahan, sebagai musoleum untuk istrinya, taj mahal merupakan karya arsitektur Mughal.

Kaisar Mughal mempunyai kekayaan yang sangat besar selama masa kejayaannya sebagai kasiar, dan bangunan ini merupakan salah satu bentuk cintanya kepada istri ke 3 nya yang menurut kisah bahwa menjadi istri yang paling dicintainya. Taj mahal di tetapkan oleh situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1983 dan menjadi salah satu tujuan wisatawan dunia jika berkunjung ke negara India

2. Kuil Emas

Golden Temple Image by stinglynomads.com

Jika sebelumnya kita sudah mengetahui monumen taj mahal di India juga terdapat sebuah kuil yang sangat megah yang menjadi tujuan wisata populer dunia, banyak orang menyebutnya sebagai golden temple yang menjadi pusat peribadatan dari ajaran Sikh di dunia. Terletak di kota Amristar yang seiring perkembangan zaman dan bergulirnya waktu kuil ini disebut sebagai house of god dan merupakan salah satu objek wisata populer di India. Diketahui bahwa kuil ini sudah dibangun pada tahun 1589 hingga tahun 1601.

Gaya arsitektur dari kuil ini terlihat seperti gabungan antara arsitektur islam dengan hindu, jika melihat dari sejarah bangunan ini merupakan jejak asal muasal ajaran yang merupakan gabungan dari Islam sufi dan juga hindu, perpaduan gaya arsitektur isam dan juga hindu masih terlihat jelas seperti keunikan ukiran-ukiran yang seperti ukiran khas hindu dan aksen-aksen kontemporer terlihat seperti gaya desain islam.

Meskipun banyak orang mengenal dengan nama kuil emas atau golden temple, namun kuil ini resmi berganti nama menjadi Harimandir Sahib pada tahun 2005.

3. Patung Monolitik Gomateshwara

Gomateshwara Image by playingwithmemories.wordpress.com

Sebuah keajaiban dunia memang sangat identik dengan peninggalan sejarah, baik itu monumen maupun sebuah patung, di India juga terdapat satu patung yang menjadi keajaiban dunia yang populer yaitu Patung Monolitik Gomateshwara. Patung ini berdiri di atas bukit di kota Shravanabelagola dengan tinggi 17,38 meter atau sekitar 58 kaki yang merupakan patung monolitik tertinggi didunia sehingga tidaklah mengherankan jika patung dan monumen ini menjadi salah satu dari tujuan wisatawan dunia. Patung ini juga memiliki umur yang menakjubkan, karena patung ini sudah dibangun sejak 983 masehi oleh seorang menteri yang berada di kerajaan Gangga.

4. Nalanda University di Bihar

Nalanda University Image by mysteryfiondia.com

Dari namana saa kita sudah bisa mengetahui bahwa Nalanda adalah sebuah bangunan kampus, nalanda adalah sebuah kampus atau universitas yang paling terkenal di India kuno. Pada masa kekaisaran Gupta universitas ini sangat berkembang pesat dan kemudian hingga pemerintahan kaisar Kannauj.

Universitas ini sempat hancur dan terlupakan pada tahun 1200 masehi yang sebelum kehancurannya merupakan salah satu universitas yang banyak dikunjungi oleh para ilmuan dari berbagai negara. Namun saat ini universitas ini mulai dikembangkan lagi oleh pemerintah setempat dan saat ini sudah menjadi salah satu tujuan wisata dunia.

5. Kompleks Kuil Hampi

Hampi Image by nikunikasik.blogspot.com

Selain dari beberapa kuil dan juga monumen keajaiban dunia di india lainnya adalah kompleks kuil hampi, Anda akan menmukan kombinasi reruntuhan, bukit yang berbatu dan kuil. Kuil hampi sangat erat hubungannya dengan mitologi Ramayana dengan gaya arsitektur Vijayanagar dengan ciri khas pahatan yang besar dan detail dengan pilar atap pradakshina atau lorong berliku.

6. Monumen Kelompok Khajuraho

Khajuraho Image by serbiserbainfo.blogspot.com

Kuil yang terletak di Khajuraho ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan merupakan wisata ppaling populer di India, seperti namanya monumen kelompok yang artinya dalam lokasi ini terdapat beberapa bangunan dan juga monumen yang dianggap sebagai situs warisan dunia dan menjadi tujuh keajaiban dunia di India.

Bangunan ini juga terkenal dengan patung-patung yang erotis terpahat di sekitar dinding monumen ini. Kuil-kuil ini menurut sejarah di bangun dalam rentan waktu dari mulai 200 tahun, dari tahun 960 masehi hingga tahun 1150 masehi. Seluruh kawasan kota dikelilingi oleh tembok dengan gerbang yang berjumlah 8 dan masing-masing gerbang di apit oleh palma emas. Tersisa 25 kuil saja di daerah ini yang sebelumnya terdapat 80 kuil. Namun 25 kuil yang tersisa saat ini masih bisa dilihat dan menjadi daya tarik wisatawan karena masih berdiri kokoh hingga sekarang.

7. Kuil Matahari Konark di Orissa

Kuil Matahari Image by Deccanchronicle.com

Sebuah kuil yang berasal dari abad 13 yang juga dikenal sebagai pagoda hitam ini terletak di Konark, kuil ini merupakan kuil yang dibangun dengan batu pasir dan merupakan arsitektur contoh dari arsitektur Orissa dan dinasti Ganga.

Kuil ini merupakan salah satu dari kuil-kuil yang terkenal di India, karena sejarah dan keindahannya kuil in kemudian dipilih sebagia keajaiban dunia dan menjadi situs warisan dunia.

8. Gua Ellora

Ellora Image by versesofuniverses.blogspot.com

Gua Ellora adalah salah satu gua yang populer di India, di gua ini Anda bisa menemukan arsitektur yang menakjubkan dan juga patung-patung budha yang lengkap. Suasana yang khas dan sejarah dari gua ini membuat gua ini menjadi salah satu lokasi wisata yang populer di Indida. Gua ini juga sudah berumur sudah sangat lama, diperkirakan gua ini dibuat pada abad ke 6.

9. Gua Ajanta

Gua Ajanta Image by verseofuniverse.blogspot.com

Bagi Anda yang gemar dengan wisata gua, di India Anda bisa menikmati keindahan dan juga suasana berbeda dari gua Ajanta dan Ellora, gua ini meurpakan gua  batu yang memberikan kesan seni yang menakjubkan, kedua monumen dan gua ini terpisah jauh 100 kilometer dan nama gua ini sering disebut secara bersamaan, ada yang menyebutkan bahwa karena kedua gua dan monumen ini sama pentingnya, untuk gua Ajanta Anda bisa menemukan lukisan-lukisan yang dibuat disekitar dinding yang bertema agama Budha, sedangkan pada gua Ellora terdapat patung-patung dengan arsitektur yang berbeda, yaitu dengan 3 agama yang berlaku yaitu Budha, Hindu dan juga Jain.

Jika kita memperhatikan bentuk gua kita akan melihat bahwa gua ini di buat dengan cara dipahat menggunakan palu yang diperkirakan di buat pada abad 6 dan 11 masehi, sedangkan pada gua Ajanta diperkirakan di buat pada tahun 2 masehi dan pada abad 6 masehi. Kedua gua ini juga menjadi sangat terkenal karena arsitekturnya yang sangat menawan.

10. Kompleks Qutb

Qutb Image by coretanhari110.blogspot.com

Kompleks ini merupakan komplek monumen yang dibangun didesa Mehrauli Delhi di India, terdapat menara-menara yang sangat tinggi dan menjadi bangunan dengan kompleks yang pertama dibangun pada penguasa pertama Dinasti Slave. Dalam bagian kompleks terdapat bagian yang penting seperti Masjid Quwwatul Islam.

Demikian 10 keajaiban dunia di India yang bisa kami bahas, bagi Anda yang berencana untuk mengunjunginya sebaiknya untuk memahami hari-hari besar di India agar tetap bisa menikmati keindahan arsitektur, keunikan bangunan dan juga sejarah-sejarahnya, karena beberapa lokasi diatas masih digunakan sebagai pusat beribadatan.