10 Keajaiban Dunia di Asia Tenggara Yang Menakjubkan – Membahas tentang keindahan dunia tidak terlepas dari keajaiban dunia, jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai keajaiban dunia yang secara umum dan global, juga kita sudah bahas mengenai keindahan keajaiban dunia kuno dan juga keajaiban dunia Islam dalam kesempatan kali ini kami akan bahas keajaiban dunia khusus yang berada di wilayah asia tenggara.

Seperti yang kita ketahui bahwa negara-negara di asia tenggara memiliki banyak potensi keindahan alam dan menjadi banyak objek wisata yang sangat populer di dunia.

Ternyata tidak hanya keindahan alam dan juga pulau-pulaunya saja yang menjadi primadona, tapi juga terdapat beberapa keajaiban dunia yang sangat mengaggumkan dan menjadi salah satu tujuan wisatawan dunia. Keajaiban-keajaiban dunia ini bisa berupa bangunan, maupun keunikan suatu pulau yang ada di kawasan asia tenggara. Berikut artikel 10 keajaiban dunia di asia  tenggara.

1. Angkor wat – Kamboja

Angkor Wat Image by Twitter.com

Angkor wat adalah bangunan megah yang dibangun oleh raja Suryawarman II yang diperkirakan dibangun pada pertengahan abad 12, Angkor wat telah menjadi ikon atau bahkan bisa dibilang jiwa dan sumber kebanggan bagi masyarakat kamboja. Angkor wot berbeda dengan monumen kuil lainnya yang ada di kamboja, Angkor wat selalu difungsikan dan tidak pernah ditinggalkan, yang artinya terus ada aktifitas dan terus bergungsi sejak pertama kali di bangun.

Terdapat relief dan ukiran di sudut-sudut Angkor wat, dan merupakan relief dan ukiran yang sangat indah sehingga sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Semakin indah dan kagum saat meihat relief dan ukiran yang menggambarkan religiusme dan mitologi pada peradaban masa lalu.

Dalam Angkor wat sendiri diketahui terdapat lebih dari 3000 apsaras relief berbentuk perempuan, yang dipahat di dinding-dindingnya. Tidak hanya keindahan ukiran dan pahatan namun masing-masing relief sangat unik bentuknya. Tidak heran jika angkor wat menjadi miniature alam semesta, dan memiliki menara pusat yang terletak di meru.

2. Teluk Ha long bay – Vietnam

Halong bay Image by asiatouradvisor.com

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Vietnam, salah satu tujuan wisata yang popular di Vietnam dan menjadi ikon di Vietnam adalah Ha long bay yang terletak di teluk Tonkin. Dikethui Ha long bay memiliki 1.600 pulau dan pulau-pulau kecil yang terlihat seperti gumpalan batuan kapur putih yang sangat menakjubkan sekaligus juga sangat indah.

Karena wilayah yang luas, ha long bay ini menjadi dua, yakni kawasan criterion VII dan criterion VIII. Pulau-pulau kecil yang menjulang tinggi membuat area ini sangat indah, terdapat banyak sekali pulau-pulau batu kapur dan pulau kecil yang menjulang tinggi. Kesemuanya terdiri dari beragam bntuk, ukuran serta keunikan tersendiri. Meskipun telah terbentuk berabad-abad yang lalu namun keindahannya tetap tergradasi oleh peradaban manusia.

Semakin mempercantik ha long bay adalah danau yang sangat tenang, dan juga dikelilingi oleh beragam dolines. Dolines merupakan salah satu asset penting dari fencing karst yang akan muncul ketika surut dan sebaliknya akan tenggelam saat air pasang.

3. Borobudur – Indonesia

Candi borobudur Image by sayanda.com

Pada tahun 1814 candi ini ditemukan oleh pasukan inggris dibawah pimpina Sir Thomas Stanford Raflesh, setelah ditemukan area candi kemudian mulai di bersihkan pada tahun 1835. Candi buddha ini terletak d daera magelang Jawa Tengah, bangunannya yang sangat indah dan juga tinggi, membuat banyak wisatawan asing dan pun lokal bersemangan untuk melihat langsung salah satu dari keajaiban dunia ini. Ukiran-ukiran yang terdapat disekitar dinding meambah tingkat seni dari candi ini. Dari segi sejarah candi ini memang dibangun untuk keperluan ibadah bagi umat buda di zamannya.

Stupa-stupa yang menambah cantik dan unik yang ada di bagian atas candi ini, Tidak hanya keindahan dari bangunan candi ini namun juga keindahan alam saat sudah berada di puncak borobudur.

4. Shwedagon Paya Pagoda – Myanmar

Shwedagon livingnomads.com

Salah satu kuil yang paling bagus bagi warga Myanmar adalah Shwedagon paya Pagoda. Kuil budda ini diperkirakan sudah berusia 2500 tahun, kuil ini dilapisi oleh batangan emas dan juga berlian yang menambah kesan mewah dan juga menawan untuk dilihat baik itu bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pagoda ini merupakan bagian dan gabungan dari dari kuil, stupa, patung-patung dengan gaya dan seni arsitektur lebih dari 2500 tahun yang lalu menambah keindahan dari pagoda, tidak heran pagoda sering dijadikan ikon karena memang keindahannya. Menurut sejarah kuil ini dibangun mulai abad ke-6 masehi, atas perintah Okkalapa yang meminta rakyatnya untuk mendirikan sebuah kuil dari emas, dengan tujuan untuk meyimpan baik-baik delapan helai rambu, sehingga jadilah pagoda yang saat ini bisa kita lihat, tinggi dari pagoda ini adalah 99 meter dari permukaan tanah sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang mengunjungi pagoda merasa kagum atas keindahan bangunan ini.

5. Taman Nasional Komodo – Indonesia

Pulau Komodo Image by today.line.me

Siapa yang tidak mengenal pulau yang satu ini, pulau yang dihuni oleh hewan purbakala komodo ini terdapat di Indonesia dan merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia, Pulau komodo ini terletak di nusa tenggara, lebih tepatnya berada disebelah barat pulau Sumbawa, termasuk wilayah taman nasional pulau komodo, yang juga terletak di kabupaten manggarai barat, nusa tenggara timur.  Dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Tercatat hingga 2009 di pulau komodo terdapat 1300 ekor komodo.

Daya tarik pulau komodo bukan hanya karena dihuni oleh ribuan komodo, tap juga terdapat eksotisme flora yang beragam, tidak hanya itu juga keindahan pulau dan pantai membuat pulau komodo memang menjadi salah satu daya tarik wisatawan asing di Indonesia.

6. Menara Kembar Petronas – Malaysia

Menara Kembar Image by airasia.com

Menara yang satu ini memang sudah sangat terkenal, hampir setiap orang yang mengunjungi Malaysia pasti mengabadikan momen berfoto berlatar menara kembar ini Menara kembar petronas Malaysia atau yang dikenal sebagai KLCC yang pembangunannya terinpirasi dari bentuk geometris yang ditemukan pada arsitektur Islam, Bentuknya yang tinggi dan berkilau lampu-lampu saat malam hari merupakan daya tarik tersendiri dari menara kembar. Didalam gedung ini terdapat komplek perbelanjaan suria, orchestra, pusat sain, galeri seni, dan masih banyak lagi.

7. Candi putih atau Wat Rong khun-thailand

Jika sebelumnya kita sudah membahas candi Borobudur, salah satu candi yang sangat indah di dunia terdapat di Thailand, candi ini didominasi oleh warna putih sehingga sering disebut dengan candi putih. Meskipun candi memiliki gaya arsitektur yang kuno ternyata candi ini pembangunannya di lakukan pada tahun 1999 yang dirancang oleh salah satu seniman dari Thailand.

8. Masjid sultan omar ali saiffudin – brunei darusalam

Masjid Sultan Brunei Image by travel.idntimes.com

Brunei darussalam yang merupakan negara yang sangat damai karena hampir tidak pernah ada berita tentang kekacauan dari negeri ini, selain kedamaian di Brunei darussalam juga terdapat wisata yang sangat menenangkan salah satunya bangunan Masjid sultan omar ali saiffudin yang masih menjadi masjid paling terkenal karena keindahan dan kemegahannya. Masjid ini tidak hanya terkenal karena keindahan dan kemegahan bangunannya  namun masjid ini juga memiliki kubah berlapis-lapis emas murni ini adalah masjid kesultanan brunei yang terletak di Bandar seri Begawan.

9. Sam Poh tong – Malaysia

Salah satu kuil yang sangat mempesona terdapat di Malaysia, Sam Poh tong adalah kuil yang sangat mempesona karena letaknya terdapat didalam gua  dan sangat terkenal, lokasinya terdapat di gunung sekitar 5 km sebelah selatan ipoh. Menurut sejarah gua ini menjadi gua yang besar di Malaysia, dan merupakan karya seni yang luar biasa.

Usia kuil ini juga sudah cukup lama, karena bebera bagian depan kuil di bangun pada tahun 1950 an dengan anak tangga curam sebanyak 246 anak tangga menuju ke sebuah gua terbuka dengan panorama yang sangat indah.

10. Candi prambanan – Indonesia

Candi Prambanan Image by Sportourism.id

Candi yang merupakan salah satu tujuan wisata saat berada di Yogyakarta ini memang menjadi bangunan indah yang sayang untuk dilewati. Candi prambanan terletak di taman wisata prambanan. Candi prambanan selain keindahan dan megah bangunannya juga merupakan candi hindu terbesar di Indonesia yang sampai saat ini masih digunakan saat acara keagamaan.