10 Keajaiban Alam Di Dunia Yang Menakjubkan – Keajaiban dunia merupakan salah satu daya tarik terindah yang menjadi tujuan wisata dunia, keindahan alam dan sejarah dari keajaiban dunia merupakan salah satu alasan bahwa keajaiban dunia merupakan tujuan favorit wisatawan.

Sebelumnya terdapat artikel tentang keajaiban dunia modern, keajaiban dunia kuno dan lainnya, namun tahukah Anda keajaiban dunia juga bisa terjadi karena alam? Jika sebelumnya beberapa keajaiban dunia itu terjadi karena buatan manusia, berikut dalam artikel ini akan kami bahas keajaiban dunia yang menakjubkan karena keindahannya yang tercipta karena proses alam.

Berikut akan kami rangkum dalam artikel ini keajaiban-keajaiban didunia yang terjadi karena alamiah dalam 10 keajaiban alam di dunia.

1. Aurora

Aurora Image by qa.arabiaweather.com

Keajaiban alam yang satu ini memang sangat mempesona, keajaiban alam dilangit yangv membentuk cahaya yang sangat indah di malam hari ini hanya terjadi di daerah utara bumi seperti di Norwegia, Swedia, Greenland, Islandia, Alaska dan Kanada. Bentuk yang sangat cantik memanjang seperti busur panah dan menyerupai tirai yang terbentang luas membuat aurora memang terlihat sangat indah di malam hari. Terlebih lagi aurora juga bergerak secara perlahan yang menambah keindahan dari pemandangan langit malam

Aurora sendiri dalam beberapa kepercayaan merupakan suatu legenda tertentu namun peristiwa in dapat dijelaskan secara ilmiah. Aurora adalah bentu dari medan magnetik di bumi, yang juga dipengaruhi oleh banyak hal seperti interaksi partikel atmosfir bumi dengan partikel bermuatan dari matahari yang kemudian mendekati medan magnet bumi. Aurora juga sering dihubungkan dengan badai matahari, yaitu jika semakin kuat gangguan matahar maka semakin lama dan semakin kuat aurora yang terbentuk

Fenomena alam ini sangat unik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, khususnya bagi negara-negara yang tidak dapat melihat aurora.

2. Gunung Everest

Gunung Everest Image by dzargon.com

Keajaiban alam di dunia yang satu ini memang sudah sangat terkenal, gunung everest dikenal sebagai puncak gunung tertinggi di dunia, sebelum membahas keajaiban dari gunung ini mari kita sedikit mengenal mengenai sejarah gunung ini, gunung ini diberi nama Sir George Everest nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh dia adalah surveyor general India dan berkebangsan Inggris.

Ukuran tinggi gunung ini sudah dihitung sejak 1852 dengan perhitungan matematika oleh pakar matematika dari Bengal. Gunung ini mempunyai tinggi 8.850 meter, meskipun ada beberapa variasi dari ukuran sebenarnya gunung ni, namun gunung ini pertama kali diukur pada tahun 1856 dengan ketinggian 8.839 meter

3. Air Terjun Angel

Air Terjun Angel Image by travelingyuk.com

Air terjun ini adalah air terjun tertinggi didunia, dengan ketinggian yang hampir mencapai 1 Kilo meter yakti 979 meter, tidak hanya ketinggiannya menjadi fenomena alam yang ajaib, air terjun ini jatuh bebas hambatan dengan ketinggian 807 meter. Air terjun ini terletak di Venezuela tepatnya di taman nasional Canaima di Rio Caroni.

Pertama kali air terjun ini ditemukan pada awal abad 20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz, namun pada saat itu masih belum terkenal sampai akhirnya ditemukan oleh penerbang asal amerika James Crawford Angle yang dalam perjalanan mencari lokasi tambah emas. Ini merupakan penyebab mengapa air terjun ini bernama Angel Falls atau air terjun angle, sebagai pengenang penemunya James Crawfor Angel

4. Paricutin Volcano

Paricutin Volcano Image by kolhazman.co.il

Keajaiban alam berikutnya adalah sebuah gunung, namun bukan gunung biasa melainkan gunung berapi. Gunung berapi ini terdapat di Meksiko lebih tepatnya didekat desa Paricutin dan sangat serin muncul sebagai tujuh keajaiban dunia.

Gunung ini sama sekali tidak ada tahun sebelum 1943, selama beberapa pekan suara aneh sering terdengar didaerah sekitar gunung ini berada sekarang, suara seperti menggelegar bak guntur meskipun cuaca langit sangat cerah dan terik.

Suara yang selama beberapa pekan itu muncul ternyata bukan dari langit, melainkan dari dalam tanah yaitu suara aktivitas gunung merapi, aktivitas seismik yang semakin menjadi-jadi hingga beberapa pekan. Sampai-sampai beberapa orang petani menyaksikan terbukanya tanah retakan vilkanis ditengah-tengah ladang jagung mereka, namun karena belum mengetahui apa yang akan terjadi, petani dan warga setempat menutup retakan tanah tersebut sampai akhirnya letusan dan getaran yang cukup kuat melanda wilayah tersebut.

Keajaiban alam yang terjadi adalah hanya dalam waktu 24 jam letusan terjadi dan kemudian membentu gunung setinggi 50 meter pada awalnya dan kemudian menjad 2 kali lipat. Sekitar satu bulan kemudian aktivitas gunung ini terus meningkat sehingga pada tanggal 12 juni lava mengalir hingga ke desa-desa, yang mengakibatkan Paricutin ditinggalkan oleh penduduk karena sudah terkubur oleh lava dan debu.

5. Victoria Falls

Victoria Falls Image by TourismUpdate.co.za

Air terjun victoria merupakan salah satu air terjun yang sangat indah di dunia, bentuknya yang sekilas hampir mirip dengan air terjun niagara ini terletak d Zambezi yang saat ini membentuk sebuah perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Air terjun ini memliki lebar sekitar 1,6 kilo meter dengan ketinggian 128 meter.

Nama air terjun ini diberikan oleh seorang penjelajah asal skotlandia yang mengjungi air terjun ini pada tahun 1855. Saat ini air terjun ini merupakan bagian dari taman nasional Mosi-Oa-Tunya, dan menjadi objek wisata air terjun yang utama di Afrika selatan.

6. Niagara Falls

Air Terjun Niagara Image by groupon.com

Air terjun yang satu ini merupakan keajaiban alam didunia, air terjun ini sudah sangat lama terkenal dengan keindahannya karena ukurannya yang sangat lebar. Air terjun niagara terletak di Amerika serikat lebih tepatnya di provinsi kanada ontario. Air terjun ini merupakan air terjun yang sangat lebar dan terpopuler di dunia, kekuatan air dan banyaknya air yang dikeluarkan oleh air terjun in merupakan air terjun yang terkuat di amerika utara, selain keindahan air tejrun niagara, air terjun in juga sangat sering ditemukan pelangi membentang diantara air tejun, enambah indahnya dan cantiknya air terjun terpopuler di dunia ini.

Menikmati keindahan dari air terjun yang sangat lebar ini biasanya dinikmati dengan kapan yang berputar di daerah bawah sekitar tempat air jatuh yang sangat deras, namun tetap aman, Anda akan dibawa berputar mendekati keindahan air terjun niagara ini dengan kapal mewah dan juga perlengkapan pelampung yang lengkap. Percikan air terjun yang membuat suasana berwisata di air tejrun niagara ini semakin sejuk.

7. Gunung Mulu National Park

Gunung Mulu Image by infobudayaindonesia.com

Keajaiban alam berikutnya terletak di Malaysia yaitu tepatnya di Sarawak Malaysia, gunung ini terdiri dari formasi gua dan karst, dan yang sangat terkenal akan keindahan alam dan guanya. Tidak hanya itu keindahan alam dipercantik dengan air terjun setinggi 600 kaki terdapat jutaan kelelawar bergerak didalam gua ini sehingga terlihat seperti awan hitam yang sekaligus menciptakan pemendangan yang menakjubkan.

8. Pelabuhan Rio De Janeiro

Pelabuhan Rio De Janeiro Image by adityanovic.blogspot.com

Pelabuhan ini adalah salah satu pelabuhan terindah didunia, akena pelabuhan ini terletak di ujung muara sungai di antara laut dan sungai, selain itu letak geografis yang sangat indah membuat kota ini juga sebagai kota dengan keindahan alam yang menakjubkan, kota dan pelabuhan yang terdapat di Brazil ini awalnya juga ditemukan oleh orang portugal sehingga tidak mengherankan jika di negara ini juga sangat banyak kekayaan budaya dan keindahannya.

9. Great Barrier Reef

Great Barrier Reef Image by greatbarrierrelief.org

Biasanya terumbu karang yang tersebar didunia berbentuk kecil dan tersusun-susun namun berbeda dengan yang satu ini, Great barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar di dunia, daerah ini terdapat lebih dari 3000 terumbu karang dan 900 pulau yang membentang sepanjang 2600 kilo meter, great barrier reef terletak di australia lebih tepatnya di pantai queensland.

10. Grand Canyon

Grand Canyon Image by Tours4fun.com

Keindahan alam yang satu ini merupakan keindahan yang luar biasa dan mengaggumkan, sehingga tidak jarang lokasi ini seing dijadikan sebagai salah satu lokasi shooting film-film terkenal di dunia, grand canyon juga sangat khas degan bentuk gunung batu yang sangat indah dan juga menjadi salah satu tempat populer kunjungan wisatawan duni. Grand Canyon juga merupakan jurang tebing yang terjal dengan ukiran dari sungai colorado di utara arizona. Jurang ini diciptakan oleh sungai yang memotong selat selama jutaan tahun. Panjang dari tebing ini berkisar 446 kilo meter dan juga dengan dalam mencapai 1.600 meter.