Wisata Rahasia Tersembunyi Kota Probolinggo – Probolinggo adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Menurut jumlah penduduknya, kota probolinggo ini menduduki peringkat empat sebagai kota terbesar di Jawa Timur. Uniknya, kota ini sering kali disebut sebagai Kota MangGur. Apa sih arti MangGur itu? Arti kata MangGur ini sendiri ialah kota yang hasil produksinya di dominan dengan buah mangga dan anggur. Waw! Unik sekali ya?


Tak hanya dijuluki sebagai Kota MangGur, kota ini juga mendapat julukan sebagai Kota Seribu Taman. Julukan ini diberikan karena Kota Probolinggo memiliki berbagai macam tanaman yang setia menghiasi disepanjang jalan dan taman kota. Selain terkenal sebagai kota yang indah dan asri. Ternyata kota Probolinggo memiliki alam yang tak kalah indahnya juga. Berbagai jenis wisata seperti pantai, perkebunan, waterpark, air terjun, pegunungan, hingga danau, semua tertata indah di kota ini.
Penasaran? Apa saja wisata rahasia tersembunyi kota Probolinggo? Inilah salah satunya…

Gunung Bromo

Gunung Bromo? Tak asing, bukan? Gunung yang masih aktif ini memanglah sangat terkenal hingga luar negeri. Hal ini dikarenakan puncak Gunung Bromo memiliki bentuk yang sangat unik. Kawahnya berbentuk seperti mangkuk dengan garis tengah ± 800 meter utara-selatan dan ± 600 meter dari timur-barat.

sumber : http://piknikasik.com

Menurut kepercayaan masyarakat Suku Tengger, Gunung Bromo ini merupakan Gunung Suci yang membawa berkah. Sehingga setiap satu tahun sekali, Suku Tengger selalu mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo untuk menghormati Sang Hyang Widhi dan para leluhur yang telah menjaga ketentraman di sekitar Gunung Bromo ini. Upacara ini dilaksanakan di Pura Luhur Poten yang berada di kaki Gunung Bromo saat tengah malam hingga pagi hari.

Selain itu, keindahan dari Gunung Bromo ini memang sangatlah menakjubkan. Bagaimana tidak. sebuah gunung megah dengan dikelilingi oleh lautan pasir semakin tampak indah jika dilihat dari atas. Selain itu, Gunung Bromo juga termasuk sebagai spot favorit untuk menikmati indahnya sunrise.

Bukit Teletubies

Ingatkah Anda dengan film kartun yang berjudul “Teletubies”? Selain keempat tokoh yang menggemaskan, film kartun ini juga identik dengan bukit dan padang rumput sebagai tempat tinggal para Teletubies. Tahukah Anda, di Indonesia juga terdapat tempat yang sama dengan tempat tinggal Teletubies yang ada di film kartun? Letaknya di sebelah timur Gunung Bromo, Probolinggo. Di tempat ini, Anda dapat memanjakan mata dengan menikmati indahnya hamparan rumput hijau yang sangat luas.

sumber : https://www.bromotourpaket.com

Jika Anda ingin mengunjungi indahnya padang rumput di sekitar Bukit Teletubies ini, sebaiknya pada bulan Januari-April. Karena pada rentan waktu tersebut, rumput-rumput dan pepohonan di tempat ini akan terlihat sangat sempurna. Mengingat memang pada bulan Januari-April adalah bulan-bulan memasuki pertengahan musim hujan atau musim semi.

Pantai Bentar

Selain pegunungan, Probolinngo juga memiliki keindahan alam berupa pantai. Dan salah satunya ialah Pantai Bentar yang terletak di Desa Curahsawo, Gending. Namun berbeda dengan wisata pantai pada umumnya, Anda tidak dapat bermain air dengan leluasa di pantai ini. Hal ini di karenakan pantai ini memiliki arus ombak yang begitu kuat, sehingga para wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang di laut.

Pantai bentar image via www.pinterest.com/pin/533535887087784786/

Tak perlu kecewa! Pantai ini telah menyediakan jembatan kayu yang menghubungkan antara daratan dan lautan. Di setiap ujung jembatan juga terdapat pendopo yang teduh, sehingga Anda dapat merasakan sensasi luar biasa dengan duduk santai di tengah laut yang sangat indah ini. Dan yang membuat unik pantai ini adalah Whale Shark atau Hiu Tutul. Pada bulan Januari-Maret, Anda dapat melihat segerombolan hiu-hiu yang sedang melakukan migrasi dari laut Australia.

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah salah satu air terjun yang dimiliki oleh Kota Probolinggo. Air terjun ini terletak di Desa Negororejo, Lumbang. Jika Anda menyukai medan tempuh yang ekstrim, berkunjunglah ke Air terjun Ini. Karena Air Terjun Madakaripura ini di kelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi. Dan setiap tebing selalu meneteskan air, sehingga Anda akan di buat basah saat melintasi tebing-tebing tersebut.

air terjun madakaripura image by https://tempatwisataunik.com

Danau Agung

Danau Agung atau yang lebih akrab disebut Ranu Agung adalah salah satu danau yang terletak di Desa Ranu Agung, Tiris. Konon, danau ini terbentuk akibat aktivitas gunung berapi Lamongan dan merupakan danau yang memiliki air serta pemandangan yang kerap disebut Danau Surga. Waw! Pasti sangat indah, bukan?

sumber : https://pasuruanstreetfire.wordpress.com

Nah, itulah beberapa wisata rahasia tersembunyi kota Probolinggo. Akan lebih menarik jika Anda mengunjunginya secara langsung. Tunggu apalagi? Let’s come to town Probolinggo!