Wisata Pantai Ngliyep Donomulyo Malang – Kalau berbicara tentang Malang memang ada banyak tempat wisata disana yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah sebuah wisata pantai yang dikenal baru – baru ini dengan nama wisata Pantai Ngliyep. Objek wisata pantai yang satu ini merupakan sebuah bentang alam yang berada di pesisir selatan dan wisata pantai yang satu ini langsung menghadap ke arah Samudera Hindia atau juga lebih tepatnya wisata Pantai Ngliyep ini lokasinya berada di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang. Atau dapat dikatakan berada sekitar 62 km menuju arah selatan dari pusat kota Malang.

Pantai Ngliyep Donomulyo image via https://www.instagram.com/endha_renza/

Objek wisata pantai yang satu ini memiliki luas area yang mencapai sekitar 10 Ha dan terdiri atas kawasan hutan lindung. Objek wisata pantai yang satu ini sama seperti objek wisata pantai lainnya di Malang yang memiliki sejarah dan juga daya tarik tersendiri. Kami akan langsung berikan informasi lengkapnya untuk Anda disini!

Wisata Pantai Ngliyep Donomulyo Malang

Ada salah satu keunikan budaya yang terdapat pada wisata Pantai Ngliyep ini yaitu pada setiap tanggal 14 pada bulan Maulud disini akan menjadi ramai karena diadakan sebuah acara yang dikenal dengan acara labuhan.

Acara Labuhan ini sendiri sebenarnya adalah sebuah kegiatan budaya yang khas dilakukan di tengah masyarakat adat Jawa yang berupa acara selamatan dengan melakukan penyembelihan kambing atau sapi dan kemudian akan diberikan sebagai sedekah kepada masyarakat yang berada di kawasan sekitar pantai.

Akan tetapi tentu tidak semuanya dimakan tetapi juga ada yang dilarung atau dilakukan penebaran menuju ke tengah laut. Adapun kegiatan labuhan ini juga sudah diselenggarakan secara turun temurun sejak masa hidup Mbah Atun yang orang ini dipercaya merupakan seorang penemu dari wisata Pantai Ngliyep ini.

Pantai Ngliyep image via https://www.instagram.com/jokoajipamungkas/

Upacara Labuhan sendiri yang diselenggarakan dilakukan dengan cara membawa sesaji yang aneka ragam serta diiringi dengan kesenian Jaranan dan para pemeran pengawal yang menggunakan beragam pakaian adat. Nantinya sesaji yang mereka bawa akan diarak menuju ke Gunung Kombang yang terletak kurang lebih sekitar 300 meter melalui sebuah jembatan dari pesanggrahan wisata Pantai Ngliyep ini. Dan jika memang Anda berkenan untuk berangkat dari kota Malang, tentunya Anda akan mudah menjangkau karena sejak tahun 1980 memiliki akses jalan menuju wisata Pantai Ngliyep yang telah diaspal.

Dan nantinya jika memang Anda tidak membawa kendaraan pribadi maka Anda dapat mengenakan angkutan umum dari arah kota Malang yaitu Anda dapat coba memilih untuk naik mikrolet dengan menggunakan kode jalur GNI yaitu jalur dari Gadang menuju Ngliyep.

Itulah salah satu wisata pantai yang dapat Anda temukan di Malang. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai Wisata Pantai Ngliyep Donomulyo Malang bermanfaat.