Pantai Nglambor Yogyakarta – Ganasnya ombak pantai-pantai di selatan jogja yang datang berkejaran dari arah laut lepas seakan mengisyaratkan bahwa “dirinya” enggan untuk diselami keindahannya.

Hingga kita terpaksa harus puas bermain air di pinggiran, ditempat serpihan ombak yang membentuk buih lautan yang sekejap menghilang.


Namun saat kita berkunjung ke Pantai Nglambor Jogja, berenang dan menyelam di pantai selatan yang tadinya terasa tak mungkin, nyatanya bisa dilakukan atas jasa sepasang “kura-kura raksasa” di depan teluknya yang berhasil menjinakkan garangnya hempasan ombak dari Samudera Hindia.

Keberadaan dua karang kura-kura raksasa inilah “Watu Kalong dan “Watu Kuntul” yang melindungi termbu karang Pantai Nglambor agar tidak rusak diterjang gelombang sekaligus aman untuk snorkeling.

Perjuangan ombak ganasnya kini telah habis dan hanya menyisakan dasar laut bak aquarium semesta yang seakan sudah pasrah untuk dijelajahi.

Panorama di pantai ini sangat indah, pengunjung bisa dengan leluasa melihat karang, rumput laut, ikan kecil menari-nari dengan warna-warna nya yang indah dan aneka biota lautnya.

Pengunjung biasanya memanfaatkanya untuk melakukan diving atau snorkeling dan tentunya foto underwater.Andaikata Anda tidak memiliki kamera underwater, Anda tak perlu berkecil hati. Jika Anda mengikuti paket snorkeling dari kelompok Bintang Nglambor Snorkeling, biaya yang Anda bayarkan sudah termasuk paket foto underwater.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

  • Pantai Nglambor mematok harga tiket yang relatif murah jika dibandingkan dengan keindahnnya yakni Rp.5.000,- per orang (menjadi satu dengan retribusi Pantai Siung).
  • Jasa ojek Rp.5.000,-.
  • Parkir kendraan Rp.2.000,- untuk motor dan Rp.5.000,- untuk mobil.

Penginapan di Pantai Nglambor

Untuk Anda yang berencana menginap tepat di lokasi pantai ini sebaiknya urungkan niat Anda, karena di sini sendiri belum tersedia penginapan.

Untuk Anda yang ingin menginap bisa mencari penginapan yang tidak terlalu jauh dari pantai ini. Berikut beberapa penginapan yang paling dekat dari pantai Nglambor.

  • Bamboo Lengkung Indrayanti

Berjarak kurang lebih 8,1 km dari lokasi Pantai Nglambor, Bamboo Lengkung Indrayanti menjadi penginapan terdekat. Sebenarnya Bamboo Lengkung Indrayanti merupakan penginapan utama di Pantai Indrayanti, hanya saja karena lokasinya yang sama-sama di kawasan Tepus, Anda dapat menjadikan Bamboo Lengkung Indrayanti sebagai pilihan tempat menginap saat berwisata di Pantai Nglambor.

  • Bamboo Sadranan

Penginapan terdekat dengan Pantai Nglambor selanjutnya adalah Bamboo Sadranan, jaraknya dari Nglambor kurang lebih 9,2 Km tepatnya di kawasan Pantai Sadranan.

kedua penginapan tersebut kalau dibilang dekat sebenarnya kurang pas sih (lumayan jauh juga), tapi apalah daya di sana memang sangat terbatas soal akomodasinya.

Biaya Snorkeling di Pantai Nglambor

Berkunjung ke pantai manapun, rasanya kurang lengkap jika tidak menyelami keindahan bawah lautnya. Tak terkecuali Pantai Nglambor, Anda bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan snorkeling.

Berikut jumlah uang yang harus Anda keluarkan untuk bisa snorkeling di Pantai Nglambor.

  • Sewa alat snorkeling 35.000 – Rp. 50.000,-
  • Paket Bintang Ngalambor Snorkeling(BNS) Rp. 50.000,- (sudah termasuk fasiitas guide,masker, sepatu karet, pelampung, foto underwater, ruang ganti, welcome drinkdan tempat penitipan barang.

Rute Pantai Nglambor

Rute Perjalanan menuju Pantai Nglambor terbilang cukup mudah, berikut rutenya: Dari Kota Jogja > Jl. Wonosari > Bukit Patuk > Bundaran Siyono > Kota Wonosari > Ke arah Pantai Siumg > TPR Pantai Siung > sekitar 2 Km dari TPR, belok kanan dan ikuti terus petunjuk arah menju Pantai Nglambor > Pantai Nglambor.

Bagaimana masih belum jelas? jika belum, jangan khawatir manfaatkan saja fitur canggih google maps di smartphone Anda. Dijamin deh gak bakalan nyasar.

Lokasi Pantai Nglambor

Pantai yang diapait oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan ini terletak di  Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Diperlukan waktu tempuh sekitar 2 – 3 jam perjalanan untuk mencapainya.

Itulah review singkat tentang wisata Pantai Nglambor Jogja. Sepertinya asyik ya liburan di sana? Memang asyik guys.

Happy Travelling!