20 Tempat Wisata Malam Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Malam Jogja Yang Wajib Dikunjungi – Pesona Yogyakarta sebagai surga pariwisata sangat menarik banyak wisatawan baik dari dalam ataupun luar negeri. Salah satu daya tarik Kota Gudeg ini yaitu tempat wisata malamnya yang menarik serta indah. Walaupun hanya sebuah provinsi kecil di selatan Jawa Tengah. Kehidupan malam di Yogya tak kalah menarik dengan New York maupun Paris. Sebenarnya banyak sekali tempat wisata malam Jogja yang wajib dikunjungi. Namun tempat wisata yang akan kita ulas ini merupakan tempat wisata malam hari yang begitu populer dan juga terkenal di kalangan para wisatawan.

1. Bukit Bintang Gunungkidul

Bukit Bintang

Bukit Bintang

Bukit Bintang Gunung Kidul Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata malam di Jogja yang begitu menarik dan wajib anda kunjungi. Bukit Bintang adalah tempat yang terkenal di kalangan anak muda Yogyakarta. Sama seperti namanya, dari atas bukit kita dapat melihat kerlip lampu kota Yogyakarta sekaligus menikmati hamparan langit malam yang indah bertabur bintang. Bila beruntung, kita juga dapat melihat matahari terbenam dari atas Bukit Bintang. Selain bisa menikmati lanskap kota Yogya saat malam hari. Kita juga dapat menikmati berbagai macam kuliner yang menarik di sini.

Di sepanjang jalan menuju Bukit Bintang kita dapat menemukan berbagai macam warung serta restoran. Di sana kita tidak hanya menikmati makanan yang enak. Namun juga pemandangan malam yang menakjubkan. Anda dapat melepas lelah setelah seharian melakukan perjalanan panjang ke obyek wisata di Gunungkidul Jogja. Atau sekedar berbincang – bincang dengan teman – teman anda. Bahkan ada juga pasangan yang melakukan makan malan di tempat ini. Sebab suasananya memang sangat romantis bila dilakukan berdua.

Lokasi dan Rute Bukit Bintang

  • Lokasi: Wisata Jogja Bukit Bintang ini Terletak di Jl. Yogyakarta-Wonosari, tepatnya didaerah Pathuk, Gunungkidul Yogyakarta
  • Jam Kunjung: Saat malah hari yaitu antara jam 19.00 sampai pagi menjelang.
  • Tiket masuk: Free (karena merupakan kawasan jalan raya)

Guna mencapai Bukit Bintang sangatlah mudah. Anda dapat menyusuri jalan menuju Wonosari, Gunungkidul. Bukit Bintang terdapat di pinggir jalan sesudah naik dari kawasan Piyungan dan sebelum Kecamatan Patuk. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat di peta google maps.

Di pinggir jalan yang utama yang langsung berhadapan dengan tebing itu sudah dibangun kursi beton panjang yang dapat dijadikan tempat duduk. Dari kursi beton tersebut pengunjung bisa melihat langsung suasana kota Jogja pada malam hari tanpa terhalang oleh apa saja.

Dikarenakan keberadaannya diatas bukit dengan udara yang dingin, semakin membuat suasana malam disini menjadi terasa indah dan romantis. Bukit bintang adalah lokasi favorit untuk para remaja dan keluarga untuk menikmat suasana malam jogja. Terdapat beberapa cafe serta warung-warung warga yang menjual berbagai macam makanan dan juga minuman. Salah satu yang sangat favorit adalah jagung bakar bersama minuman kopi hitam panas. Menu makanan ini begitu cocok dinikmati saat kita berada di bukit bintang yang bersuhu sejuk.

Fasilitas Bukit Bintang

Di Bukit Bintang juga terdapat beberapa Hotel serta Penginapan untuk kita dan keluarga yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di objek wisata bukit bintang ini. Untuk yang baru menikah dan ingin berbulan madu dengan suasana malam yang begitu romantis. Ini lokasi ini adalah merupakan lokasi yang sangat tepat untuk dikunjungi. Selain terdapat beraneka warung sederhana, di Bukit Bintang juga terdapat beberapa restaurant yang sering dijadikan lokasi dinner. Bahkan terdapat tempat yang memiliki fasilitas outdoor restaurant dengan view Jogja cityscape pada malam hari. Perpaduan cahaya lilin di atas meja, taburan bintang di angkasa. Dan juga lautan cahaya lampu kota semakin menguatkan aura romantisme yang ada.

2. Tugu Jogja

Tugu Jogja Saat malam hari

Tugu Jogja Saat malam hari

Berkunjung ke Jogja tentu saja tak afdol jika tidak mengunjungi Tugu Golong Gilig Jogja yang menjadi ikon Kota Budaya ini. Saat yang tepat untuk berfoto di Tugu Jogja ini adalah saat malam hari tiba, karena selain tidak panas, nuansa malam lampu lampu kendaraan juga bisa menjadi background yang apik ketika dijepret dengan teknik Slow Speed. tak heran jika Tugu Jogja direkomendasikan sebagai tempat wisata malam Jogja yang wajib dikunjungi.

3. Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi Jogja

Taman Pelangi Jogja

Wisata Jogja di malam hari yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah taman pelangi. Sama seperti Bukit bintang, tempat ini juga sangat romantis. Suasana remang dnegan sinar lampu lampion yang redup serta beraneka macam bentuknya tentu membuat suasana menjadi sangat romantis. Tempat ini sangat cocok bagi yang sedang kasmaran dan inginmenghabiskan waktu berdua. Tempatnya juga sangat asik karena kita bisa berfoto dengan beraneka bentuk lampion.  Lokasi Taman pelangi ini berada di Monumen Jogja Kembali tepatnya berada di ring Road utara, sehingga mudah ditemukan. harga tiket masuk taman Pelangi adalah Rp. 20.000/orang.

4. Pentas Seni Ramayana Prambanan

Pertunjukan Ramayana di candi Prambanan

Pertunjukan Ramayana di candi Prambanan

Nah bagi yang punya uang saku tebal, jangan sampai melewatkan salah satu pergelaran seni yang satu ini. Mirip dengan tari Barong di bali yang menjadi Primadona, pertunjukan Kolosal ramayana di candi Prambanan juga menjadi daya tarik yang sangat menarik. Pergelaran kisah epic ini sangat dramatis dipadukan dengan lampu lampu sorot dan berlatarbelakang Candi Prambanan.  Jika punya kocek tebal, cobalah satu wisata malam Jogja yang penuh dengan nilai seni dan budaya ini, dijamin tidak menyesal. Harga Tiket Pertunjukan Ramayana di candi Prambanan memang cukup mahal yaitu Rp. 125.000/orang, tapi sepadan dengan apa yang disuguhkan.

5. Malioboro

Tempat Nongkrong Malam di jogja Ya Malioboro

Tempat Nongkrong Malam di Jogja Ya Malioboro

Tempat ini juga wajib dikunjungi oleh para traveler semua. Apalagi kalau bukan suasana Malioboro di malam hari yang snagat romantis. Setelah ditata ulang sejak tahun baru lalu, kawasan Malioboro memang menjadi favorit sebagai tempat nongkrong malam di Jogja. Selain itu, bisa membeli oleh oleh dnegan harga yang jauh lebih murah dibandingkan jika kita “diberhentikan” oleh supir bus di pusat belanja oleh-oleh.

6. Titik Nol Kilometer

titik Nol Kilometer Jogja di malam hari

titik Nol Kilometer Jogja di malam hari

Masih satu garis dengan malioboro, ada satu lagi tempat wisata malam di Jogja yang harus dikunjungi, yaitu Titik Nol Kilometer. tempat ini memang sangat ramai di malam hari karena menjadi tempat nongkrong anak muda Jogja di malam hari. tempat ini menjadi tempat yang snagat asik untuk ngobrol ngobrol sambil jajan makanan khas tradisional jogja. Selain itu banyak juga spot selfie seperti patung patung karya seniman Yogyakarta.

7. Alun-alun Kidul

Alun-alun Kidul Saat malam hari

night at alun alun

Masih di area Kota Jogja, kita bergeser ke bagian selatan. Di sana ada Alun-alun kidul yang sangat cocok juga untuk nongkrong malam hari di jogja. Kita bisa menyewa sepeda hias dan mengitari Alun-alun, atau sekedar duduk duduk sambil menikmati jajanan khas seperti es kado, atau bakso mercon. Di tempat ini kita juga bisa mencoba blind chalenge yaitu menutup mata dan mencoba melewati dua pohon beringin besar.

8. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger di Malam hari

Hutan Pinus Pengger di Malam hari

Tempat wisata malam di Jogja yang terbaru adalah kawasan hutan pinus Pengger. Seperti yang pernah kami ulas sebelumnya, di hutan pinus ini kita bisa melihat kerlap-kerlip Kota Jogja dari ketinggian. Suasana hampir mirip dengan bukit bintang, tapi istimewanya adalah spot selfie berbentuk sarang burung/rumah indian dan tangan raksasa. Baca selengkapnya di sini tentang Hutan pinus Pengger.

Itulah daftar tempat wisata malam di Jogja yang wajib dikunjungi para traveler yang berlibur di jogja. Saat ini memang masih 8 tempat yang kami ulas, namun akan kami update terutama untuk tempat tempat wisata baru yang sedang hits.

Add Comment