Wisata Lembang Bandung – Lembang yakni sebuah kecamatan yang termasuk di wilayah administratif dari Kabupaten Bandung Barat, Jawa barat.  Lokasi paling tinggi kawasan Lembang yaitu berada di puncak Gunung Tangkuban Perahu.

Kemudian secara umum suhu kawasannya sangat terasa sejuk dengan kisaran antara 17 sampai dengan 27 derajat celcius. Dengan keadaan itu, telah jelas jika Lembang merupakan sebuah kawasan yang memiliki daya tarik wisata alam khas pegunungan yang populer indah dengan suhu udara yang sangat sejuk.


Sekarang ini berbagai tempat Wisata di Lembang sudah menjadi destinasi pariwisata untuk pengunjung asal perkotaan yang mencari tempat yang nyaman, udara yang bersih, alam yang masih hijau dan juga nyaman untuk ditinggali.

Sebagai salah satu daerah diburu oleh para wisatawan, Lembang tentu saja terus berbenah dan menambah tempat-tempat wisata baru.

Nah, Berikut ini wisata Lembang Bandung 2018 paling hits yang wajib kamu kunjungi.

PERHATIAN! Artikel ini sangat panjang. Berisi 48 Wisata yang berada di Lembang Bandung.yang setiap tempatnya dibahas lumayan panjang (Tidak hanya sepotong – sepotong) & disertai foto – foto pula.

Tdak mungkin ditaroh dalam satu halaman (karena bisa bikin lemot loading website), jadi kami pecah pecah menjadi beberapa part, Sehingga setiap part hanya membahas 5-10 tempat wisata yang dibahas. Pastikan Anda melihat dibagian bawah, terdapat part part-nya (berupa angka), yang bisa Anda ikuti sampai selesai.

Kami juga berikan link shortcut (daftar isi singkat) untuk Anda yang langsung mau ke penjelasan suatu tempat, tanpa perlu scroll scroll. Contohnya dibawah ini, Anda bisa langsung memilih lompat ke tempat wisata yang mungkin Anda ingin langsung baca.

Wisata Lembang Part 1

1. The Lodge Maribaya

The Lodge maribaya

the lodgethe legon 2

 

The Lodge Maribaya ialah tempat wisata terbaru yang berada di kawasan Lembang Bandung. Letaknya The Lodge ini berada pada satu jalur dengan obyek wisata Maribaya Resort, wisata De Ranch serta Taman Bunga Begonia.

Lokasinya yang berada pada dataran tinggi serta menghadap pepohonan pinus yang segar menjadikan objek wisata ini memiliki banyak sekali spot foto yang sangat indah dan menawan. Tak kalah kreatif, pengelola disini pun menyiapkan berbagai macam wahana yang bertujuan untuk mendapatkan hasil foto yang sangat unik.

Seperti halnya wahana ayunan, sampai dengan sepeda diatas tali yang menggantung di atas kawasan hutan. Kalau ingin LEBIH LENGKAPNYA soal The Lodge Maribaya, kebetulan sudah pernah kami publish artikelnya, Anda bisa kesini: The Lodge Maribaya Lembang Bandung & 3 Wahaya CIHUYNYA!

2. Wisata De’Ranch Lembang Bandung

Wisata De’Ranch Lembang Bandung

De Ranch Lembang semula cuma area luas untuk peternakan kuda. Lokasi persisnya berada di Jalan Maribaya nomor 17 Lembang Bandung. Kemudian sang pemilik mengembangkan wisata menunggang kuda untuk para pengunjung di tahun 2007. Sedikit demi sedikit akhirnya De Ranch Lembang mulai terkenal dan makin lengkap fasilitas yang disediakan. De Ranch Lembang pun mulai menjadi salah satu destinasi berlibur orang Bandung dan sekitarnya.

1. Jam buka dan harga tiket masuk
De Ranch Lembang yang memperkenalkan motto ‘Food, Leisure, dan Knowledge’ tak cuma menyediakan panorama alam yang cantik dan wisata berkuda namun kini pun sudah dilengkapi sarana outbond, arena permainan air, dan juga aneka kuliner khas Jawa Barat. De Ranch Lembang buka tiap hari mulai Selasa – Minggu dengan hari Senin tutup. Jam bukanya dari 9 pagi hingga 5 sore untuk hari biasa, sementara untuk minggu atau hari libur buka dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Harga tiket masuk cukup murah hanya Rp.10 ribu per orang dan karcis parkir untuk motor hanya Rp.2 ribu. Asyiknya lagi tiket masuk tadi dapat ditukarkan dengan susu sapi segar hasil peternakan lokal.

2. Berkuda ala koboi
De Ranch identik dengan wisata berkuda dimana pengunjung pun bisa melengkapinya dengan menyewa kostum ala koboi. Paket jalan-jalan berkuda menyusuri jalan-jalan pedesaan didampingi pemandu wisata bisa dipilih paket 1 jam dan paket 2 jam dengan tarif Rp.220 ribu/orang. Masih berhubungan dengan kuda, pilihan lain berwisata di sini adalah naik delman. Anak-anak pasti suka berkeliling kawasan De Ranch dengan naik alat transportasi tradisional ini. Tarif menyewa delman murah saja yaitu cuma Rp.30 ribu yang dapat dinaiki 4 penumpang termasuk kusir. Khusus untuk anak-anak, pihak pengelola pun sudah menyiapkan kuda poni lengkap dengan kostum ala Indian. Kuda kecil ini bisa ditunggangi untuk keperluan foto-foto. Tawaran lain menikmati wisata di De Ranch Lembang seperti Flying Fox dengan tarif Rp.20 ribu/orang sekali luncur, Fun Boat dengan tarif sewa Rp.20 ribu untuk 15 menit/orang atau wahana balon air dengan tarif Rp.20 ribu untuk 5 menit/ orang. Untuk arena di Playground misalnya ayunan, papan luncur dan jungkat-jungkit bebas digunakan anak-anak tanpa perlu bayar.

3. Aneka kuliner
Ketika masuk ke lokasi De Ranch para pengunjung akan melihat banyak meja makan berukuran besar. Kedai-kedai makanan berderet rapi menawarkan aneka menu makanan yang pasti disukai para pengunjung. Menu kuliner di De ranch Lembang diantaranya batagor, nasi goreng, siomay, ikan bakar, ikan goreng, ayam goreng, ayam bakar, mie bakso, mie ayam, ketan bakar, jagungbakar dan menu andalan tempat ini yaitu sosis bakar ala De Ranch yang sangat lezat. Yang menarik, para pelayan kedai kuliner semuanya mengenakan pakaian ala koboi lengkap dengan topi khasnya.

de'ranch 2

DeRanch 3

Berada di kawasan Puncak Lembang, De’Ranch menyuguhkan wisata ala cowboy dengan menyuguhkan pemandangan alam yang begitu mempesona dan juga menawan. Tempat ini telah ditata dengan sangat apik oleh para pengelola sehingga tampak nyaman dan juga bersih.

Terdapat di dataran yang tinggi panorama indah serta udara segar menjadi salah satu kelebihan De’Ranch. Untuk pengunjung yang berusia dewasa mungkin berkuda serta naik delman menjadi hal yang biasa.

Akan tetapi pengelola punya cara tersendiri untuk menarik dan membuat kegiatan ini menjadi semakin unik. Tarif masuk De Ranch pun sangat terjangkau, hanya cukup membayar Rp.5.000.

3. Grafika Cikole Lembang

grafika 1

Wilayah Bandung Utara sungguh tidak pernah habis-habisnya menawarkan berbagai destinasi wisata yang mampu memikat para wisatawan untuk berlibur ke sana. Para pelancong tentu pernah mendengar Cikole Lembang. Cikole sendiri merupakan nama sebuah desa yang termasuk dalam Kecamatan Lembang sebagai salah satu jujugan favorit wisatawan saat berlibur ke Bandung. Cikole Lembang memiliki beberapa pilihan obyek wisata bernuansa alam dan petualangan seru. Tak lengkap ke Lembang jika belum berwisata ke tempat-tempat berikut ini :

1. Terminal Wisata Grafika Cikole
Grafika Cikole sudah sangat terkenal di Bandung sebagai tujuan wisata alam yang menawarkan berbagai fasilitas yang seru. Dinamakan Terminal Wisata Grafika Cikole karena memang di sini bak terminal bus yang memiliki banyak obyek wisata menarik. Para pengunjung dapat memberi makan rusa, belajar memainkan angklung, berpetualang dengan banyak wahana outbond dan tak ketinggalan berfoto-foto dengan latar belakang rumah hobbit yang imut.

2. Bandung Treetop Adventure Park
Bagi para penyuka aktifitas di alam terbuka, Bandung Treetop Adventure Park adalah pilihannya saat di Cikole Lembang. Disini para pengunjung bisa mencoba berbagai macam lintasan yang seru dan pastinya menantang seperti meluncur dari atas pohon di ketinggian 8 meter. Untuk keamanan berbagai wahana tersebut tentu tak usah diragukan lagi sebab wisata outdoor ini dimiliki oleh vendor kelas dunia.

3. Pal 16
Ini adalah kawasan wisata alam berupa hutan pinus dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi. Berjalan-jalan santai di antara pohon-pohon yang rimbun dengan udaranya yang sejuk tentu membuat pikiran kembali fresh. Area wisata PAL 16 pun dapat dijadikan tempat yang pas berfoto-foto untuk dipamerkan ke teman-teman di jejaring sosial. Di sini pun disiapkan beberapa gazebo untuk para pelancong beristirahat setelah lelah berjalan-jalan. Meski berupa hutan, Pal 16 mudah dijangkau sebab berlokasi di tepi jalan raya.

4. Orchid Forest Cikole
Eduwisata di Cikole Lembang ini belum lama diresmikan namun langsung ngehits bagi para wisatawan. Orchid Forest beralamat di Jalan Raya Lembang kurang-lebih 5 km dari Alun-alun Lembang. Orchid Forest memiliki sekitar 20 ribu koleksi tanaman anggrek berbagai warna dan jenis dari dalam dan luar negeri yang bisa dipelajari para pengunjung. Pengunjung diberlakukan karcis tanda masuk sebesar Rp.25 ribu di hari biasa dan Rp.35 ribu untuk hari libur nasional. Khusus turis asing harus membayar Rp.100 ribu. Selain menikmati keindahan berbagai tanaman anggrek, di sini para wisatawan pun bisa merasakan tantangan dengan berjalan melintasi Wooden Bridge. Inilah jembatan kayu dengan panjang 125 meter dengan posisi menggantung berketinggian sampai 23 meter. Tak hanya akan memacu adrenalin, sensasi yang didapatkan pengunjung pun tak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Grafika Cikole Lembang

grafika 3

Grafika Cikole Lembang merupakan area tempat wisata terpadu di Lembang yang menyuguhkan sensasi wisata alam, wisata kuliner, outbond,dan juga fasilitas penginapan.

Mulai dari Hotel, Pondokan, sampai dengan Camping Ground. Di sini terdapat banyak resto dan juga penginapan. Sedangkan untuk harga penginapannya disini mulai dari IDR 800.000.

Sedangkan untuk yang ingin berkunjung tanpa menginap juga diperbolehkan.Anda hanya tinggal bayar sesuai dengan fasilitas yang dipilihnya. Dan setiap fasilitas sudah terdapat harganya masing-masing.

4. Gunung Tangkuban Perahu

tangkuban 1

tangkuban 2

tangkuban 3

Obyek wisata di Lembang yang terkenal dengan kisah atau Cerita Rakyat Sangkuriang ini dapat dikatakan rajanya dari pariwisata Bandung Barat.

Hampir setiap orang pasti sudah mengetahui dan pernah berkunjung ke objek wisata alam khas pegunungan Tangkuban Perahu yang bisa dibilang masih aktif di negara indonesia ini.

Daya tarik akan wisata gunung di Bandung ini yakni pada bentuk gunungnya yang seperti perahu yang terbalik. Selain itu pemandangan indah akan kawah serta udara yang sejuk. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 30.000.

5. Floating Market

floating 2

Ingin berwisata bersama seluruh anggota keluarga? Bandung memiliki banyak pilihan wisata keluarga yang cukup mengasyikkan dengan tarif yang terjangkau. Lembang menjadi tujuan wisata favorit saat berkunjung ke Bandung. Dengan geografi berupa wilayah pegunungan Lembang menawarkan panorama alam yang sangat indah, udara sejuk dan lingkungan yang bersih. Salah satu lokasi wisata keluarga populer di Lembang adalah Floating Market. Floating Market Lembang seperti namanya berupa pasar terapung yang menjual aneka macam kuliner nusantara yang lezat.

Floating Market Lembang adalah surganya para penggemar kuliner berpadu dengan alam pedesaan yang damai, asri, dan nyaman. Pasar terapung ini bukan berada di aliran sungai namun di sebuah danau buatan yang cukup luas dengan airnya yang bersih. Di danau itu pula para pengunjung bisa menyewa kapal kayuh atau sampan sebagai kendaraan mengelilingi seputar danau. Floating Market Lembang yang beralamat di jalan Grand Hotel No. 33 E Lembang ini buka dari jam 9 pagi hingga 7 malam dari hari Selasa – Minggu dengan hari Senin tutup. Untuk hari jumat, sabtu, minggu atau hari libur dibuka dari jam 8 hingga 8 malam. Harga karcis masuk termasuk sangat murah sebab hanya sebesar Rp.15 ribu dan itupun masih diberikan free minuman. Yang menarik di sini untuk tiap transaksi di dalamnya para pengunjung harus memakai koin mata uang khusus termasuk untuk membeli karcis naik berbagai wahana. Pengunjung bisa menukarkan uang asli dengan koin di loket-loket yang sudah disediakan.

1. Arena bermain anak
Para pengunjung yang membawa anak-anak tak perlu risau buah hati mereka akan rewel sebab Floating Market Lembang menyediakan sarana bagi anak-anak bermain dengan riang gembira. Ada mancing magnet (Rp.20 ribu), taman kelinci (Rp.20 ribu), taman miniatur kereta api (Rp.20 ribu), kereta api mini (Rp.25 ribu), kampung kandang (Rp.20 ribu), outbond anak (Rp.25 ribu), train water (Rp.20 ribu), water cycle (Rp.50 ribu) dan masih banyak lagi.

2. Kota Mini
Kawasan wisata Floating Market Lembang memiliki area baru yang sangat unik yaitu Kota Mini. Di spot ini para pengunjung dapat berjalan-jalan diantara gedung-gedung perkotaan lengkap dengan sarananya dalam ukuran kecil. Di samping itu, para wisatawan pun dapat mengikuti aneka permainan yang memang disediakan di dalamnya. Tiket masuk ke miniatur perkotaan ini Rp.25 ribu/orang tidak termasuk tiket untuk permainan di dalamnya yang harus bayar tersendiri.

2. Wisata kuliner unik
Di samping wisata kuliner yang dijajakan di pasar terapung, para pengunjung pun bisa memilih tempat kuliner yang berada di area persawahan maupun restoran. Menu-menu yang ditawarkan cukup lengkap mulai dari masakan nusantara, asia dan juga menu barat. Di sini pengunjung bisa mencicipi ketan gemblong yang merupakan salah satu penganan khas Sunda. Harganya cukup bersahabat, Rp.10 ribu dapat 4 potong yang ditempatkan dalam boks kertas. Ada lagi sate jamur seharga Rp.20 ribu untuk 5 tusuk, jamur crispy Rp.10 ribu, pisang sakuriang cokelat keju Rp.20 ribu, tahu susu pletok Rp.15 ribu dapat 5 potong, bala-bala Rp.10 ribu, tahu susu crispy Rp.15 ribu, ronde campur Rp.15 ribu, dan masih banyak lagi.

floating 1

floating 3

Floating Market Lembang merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Jl. Grand Hotel No 33E Lembang. Obyek wisata kuliner ini memang tergolong unik karena berupa pasar terapung diatas danau. Suasana pasar terapung ini mirip dengan floating market yang ada di Negeri Thailand sana.

Apabila anda sekarang ini hendak wisata ke floating market yang biasanya terdapat di negeri Thailand. Anda cukup berkunjung ke wisata pasar terapung Lembang ini.

Beraneka menu kuliner yang sangat lezat baik menu dalam ataupun mancanegara telah tersedia di tempat ini. Bagi semua pengunjungnya, bisa berwisata kuliner sambil menikmati kesejukan alam sekitar.

Jam operasional Floating Market lembang adalah setiap hari, dari senin hingga minggu, pada pukul 09.00 – 20.00 WIB. Untuk harga tiketnya cukup ramah dikantong, hanya berkisar Rp.15.000 saja.