Wisata Kuliner di Samarinda yang Maknyus – Sama halnya seperti kebanyakan kita yang ada di daerah Kalimantan, Samarinda yang ada di Kalimantan Timur ini pun juga dibelah oleh sungai mahakam. Yang mana Samarinda yang telah didiami oleh penduduk beraneka suku ini menjadikan Samarinda memiliki beraneka ragam kulinernya yang patus Anda coba.
Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas lebih jelasnya tentang wisata kuliner yang ada di Samarinda yang pastinya akan membuat Anda ketagihan ingin mencoba kulinernya kembali. Apa sajakah wisata kuliner yang maknyus di Samarinda tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.
Daftar wisata kuliner di Samarinda
Kuliner kampoeng nasi kuning
Nasi kuning yang dimaksudkan ini adalah sajian nasi yang berasal dari beras, yang diolah dengan santan kenal, kemudian diberikan pewarna kuning alami dari kunyit. Nasi kuning dari Samarinda ini umumnya disajikan bersama lauk pauk seperti suwiran ikan gabus, irisan telur dadar, dan juga tempe orek. Anda bisa mncicipi nasi kuning khas Samarinda di banyak titik di kota, terutama yang ada di jalan Lambung Mangkurat.
Kuliner ayam banjar
Dikarenakan sebagian besar penduduk di Samarinda ini merupakan keturuan dari suku Banjar, maka kurang lebih masakan yang ada mirip sekali dengan kota tetangganya, yakni Banjarmasin, sehingga salah satu kuliner yang menggunakan nama banjar ini masuk dalam kuliner khas Samarinda. Ayam banjar merupakan sajian ayam yang digoreng karing, serta memiliki rasa yang cukup khas, umumnya ayam goreng khas Samarinda ini disajikan bersama sambal yang dibeirkan potongan jeruk dan sambal goreng ati. Anda bisa menemukan makanan khas Samarinda ini di jalan Khabul Hasan.
Kuliner sate banjar
Sate banjar merupakan sate yang tidak mengandung lemak dan juga kulit di dalam potongan dagingnya, sehingga sate ini telah disajikan 100 persen daging. Selain hal tersebut sate banjar ini menggunakan bumbu kacang, tetapi memiliki citra rasa yang manis, lalu disajikan bersama dengan sepiring nasi hangat, atau pun ketupat. Anda bisa menemukan sate banjar khas Samarinda di rumah makan Syari.
Demikianlah tadi beberapa ulasan tentang wisata kuliner di Samarinda yang maknyus. Semoga saja ulasan di atas bisa bermanfaat bagi Anda semuanya.