Inilah 5 Wisata Kuliner Di jogja Yang Wajib Anda Coba

Jogja memang mempunyai daya tariknya tersendiri. Kota yang selalu mempertahankan budaya Jawa ini selalu mempunyai tempat istimewa yang ada di hati para wisatawannya. Sadar mengnaie potensi yang dipunyainya, Yogyakarta semakin membuat cantik kotanya dengan terus menambah jumlah obyek wisata. Tidak hanya tempat wisata alam serta budayanya, namun Yogyakarta juga bisa menarik perhatian dengan sajian kulinernya. Berbicara mengenai kuliner nikmat di Yogyakarta. Banyak sekali orang yang selalu mengarahkan pemikirannya pada kuliner Gudeg. Yang mana mana Gudeng sudah menjadi kuliner yang khas di daerah Jogja istimewa ini. Terlebih lagi kota ini dijuluki dengan julukan Kota Gudeg.

Seperti biasanya, para pengusaha kuliner memilih tempat yang strategis di dalam memulai usaha mereka. Usaha itu didasari dengan anggapan supaya mudah dijangkau serta diakses oleh para pecinta kuliner. Walaupun begitu, terdapat banyak kuliner yang berada di lokasi terpencil, tetapi bisa memanjakan lidah para pengunjung. Untuk anda yang berniat berwisata serta menikmati wisata di Jogja, maka jangan sampai melewatkan bermacam wisata kuliner yang telah tersedia. Banyak sekali tempat wisata kuliner yang dapat anda coba di sana. Berikut ini wisata kuliner di Jogja yang wajib anda coba.

Kuliner Jogja Gudeg

Membicarakan tentang kota Jogja, maka tidaklah lengkap apabila kita tidak berbicara tentang kuliner gudegnya. Gudeg adalah salah satu kuliner khas dari Kota Jogja yang sangat dicintai oleh banyak orang. Gudeg sendiri umumnya dihidangkan dengan nasi serta beberapa hidangan pelengkap lainnya. Seperti krupuk, krecek, tahu, tempe serta daging ayam. Gudeg ini sebenarnya mempunyai beberapa varian yang dapat disesuaikan dengan selera anda. Antara lain ada gudeg basah, gudeg kering serta gudeg Solo. Untuk anda yang berkunjung ke Kota Jogja, maka terdapat beberapa tempat wisata di Jogja yang jadi favorit para pecinta kuliner gudeg. Diantaranya seperti gudeg Yu Djum, Gudeg Sagan serta Gudeg Pawon.

Nasi Goreng Beringharjo

Nasi goreng merupakan salah satu kuliner yang begitu fenomenal di Indonesia. Jogjakarta juga mempunyai tempat wisata kuliner nasi goreng yang begitu fenomenal. Yaitu kuliner nasi goreng Beringharjo. Yang merupakan tempat jajanan nasi goreng yang begitu populer dan banyak digemari oleh para pecinta wisata kuliner nasi goreng. Nasi goreng Beringharjo sendiri menyuguhkan citarasa yang nikmat. Perpaduan citarasa masakan China serta masakan Jawa dapat anda rasakan dalam hidangan yang satu ini. Mulanya nasi goreng ini lokasinya berada di Jalan Beringharjo. Akan tetapi sebab adanya perda pedagang kaki lima, membuat tempat berjualannya dipindahkan ke kawasan Jalan Mataram.

Sate Klathak Pak Pong

Bagi Anda penggemar dari sate kambing, cicipilah kuliner yang satu ini. Kuliner Sate Klathak Pak Pong menyuguhkan sate spesial yang tidak akan Anda jumpai pada tempat lain. Sate ini mempunyai rasa yang khas dan juga nikmat. Hal ini diperoleh dari bumbu sederhana yang dipakainya. Sate Klathak hanya memakai bumbu garam, merica dan juga kecap. Tiga bahan yang minimalis inilah yang menjadikan sate mempunyai rasa yang sangat khas.

House Of Raminten

Tempat wisata kuliner ini dapat menjadi bukti jika menu kuliner tradisional dapat disajikan dengan cara yang elegan serta berkelas. House of Raminten ialah sebuah rumah makan yang menyuguhkan berbagai macam menu tradisional Yogyakarta seperti halnya tahu bola, wedang sereh, cunduk, sate lilit, brongkos, dan juga nasi kucing. Selain arsitektur dan juga menunya, pelayan di tempat ini juga memakai pakaian yang khas yaitu berupa kemben Jawa. Di atas meja, tersedia sebuah kentongan yang dipakai untuk memanggil pelayan apabila Anda memerlukan sesuatu.

Manggar Manding

Jika kuliner gudeg biasanya terbuat dari daging nangka yang masih muda, hal berbeda dapat Anda jumpai di Manggar Manding. Gudeg di tempat ini terbuat dari manggar ataupun bunga kelapa yang masih sangat muda. Katanya, gudeg manggar ini termasuk menu istimewa pada kerajaan dahulu yang sering dihidangkam dengan sayur krecek serta tempe bacem. Jadi, apabila anda mencicipi gudeg manggar, berarti Anda sudah mencicipi sajian yang istimewa dari kerajaan. banyak yang bilang manggar mempunyai khasiat yang bagus sekali. Sebab dapat memancarkan aura kecantikan penikmatnya dari dalam. Tidak mengherankan apabila gudeg manggar menjadi menu paling favorit untuk para puteri kerajaan dahulu kala.

Add Comment