Wisata Kuliner dan Oleh-oleh Khas Balikpapan yang Top – Sebuah kota yang cukup kecil ini ada di daerah Kalimantan Timur ternyata telah berkembang pesat berkat tugasnya sebagai pintu gerbang Kalimantan Timur. Karenanya, Balikpapan banyak sekali di tempati oleh pendatang dari berbagai budaya, sehingga muncul banyak sekali akulturasi yang menarik, termasuk soal kulinernya.
Kira-kira apa sajakah wisata kuliner dan juga oleh-oleh khas Balikpapan yang menarik dan top tersebut? Untuk mengetahuinya, silakan simak beberapa ulasan di bawah ini.
Daftar wisata kuliner dan oleh-oleh khas Balikpapan
Aneka olahan kepiting
Kota Balikpapan merupakan salah satu kota yang paling terkenal dengan penghasil kepiting bakau, dengan kualitas terbaik di Indonesia. Berapa restoran kuliner di Balikpapan telah menyediakan berbagai masakan kepiting bakau yang bisa Anda jumpai di jalan Marsma Iswahyudi Gunung Bakaran, yang letaknya tidak jauh dari bandara Sepinggan.
Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam olahan kepiting mulai dari kepiting lada hitam, saus tiram, saus spesial, dan masih ada banyak lagi lainnya. Menu yang paling laris di sini adalah kepiting saus spesial dan juga kepiting lada hitam.
Bingka Balikpapan
Wisata kuliner yang lainnya adalah bingka. Bingka ini adalah sebuah makanan yang terbuah dari bahan dasar kentang, sehingga cenderung kurang tahan lama. Meskipun demikian, bingka ini tteap cocok untuk dijadika sebagai oleh-oleh, sebab rasa dan bentuknya cukup unik.
Selain kentang, bingka juga dibuat dari mentega, telur, gula, susu, dan juga santan, sehingga tidak heran, jika makanan yang satu ini menciptakan citra rasa yang sangat lezat, yakni manis, gurih, dan yang pasti sangat mengguga selera. Anda bisa menemukan makanan ini di dekat pelabuhan Semayang.
Amplang
Nah, buat Anda yang gemar sekali dengan camilan, Anda bisa mencoba amplang khas Balikpapan ini. Amplang merupakan sejenis makanan ringan seperti kerupuk, yang terbuat dari bahan dasar ikan pipih. Ikan pipih ini umumnya disebut dengan belida yang merupakan salah satu ikan air tawar yang dulunya banyak berada di perairan.
Berbagai macam bahan dasar ari amplang ini lalu menciptakan rasa yang sangat gurih dan tekstur renyah, sehingga Anda bisa lupa sudah makan berapa buah amplang.
Itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda, tentang wisata kuliner dan oleh-oleh khas Balikpapan yang top. Semoga informasinya bermanfaat, ya!