Wisata Hutan Pinus Mangunan Surganya Fotografi – Hutan Pinus Mangunan – Surganya fotografi itulah julukan yang pantas disematkan untuk wisata alam Hutan Pinus Mangunan yang terletak di desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta ini.


Ribuan pohon pinus berdiri tegak laksana prajurit yang berbaris dengan teratur yang ditembus sinar mentari pagi dari celah-celahnya yang kemudian membiaskan cahaya keemasan ditengah kabut tipis yang indah. Itulah sedikit gambaran yang terekam ketika Anda berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan atau biasa dikenal dengan sebutan Hutan Pinus Imogiri.

Hutan Pinus Mangunan tidak hanya menjanjikan ketenangan jiwa bagi setiap pengunjungnya, tetapi juga menawarkan view yang cantik untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Maka tak heran jika akhirnya Hutan Pinus Mangunan Menjadi salah satu spot hunting foto favorit, baik itu untuk mereka yang beneran fotografer ataupun untuk mereka yang sekedar dolan atau memang khusus mencari spot instagramabl. Tak peduli DSLR, Mirrorless maupun sekedar kamer ponsel, background secantik hutan Pinus Mangunan ini sudah pasti sangat memanjakan kamu.

Hutan Pinus Mangunan image via www.instagram.com/hutanpinusmangunan

Menariknya lagi, banyak orang yang berpendapat bahwa ketika dipagi hari saat berada di kawasan hutan pinus yang masih diselimuti embun serasa berada di lokasi syuting flim-flim barat terkenal seperti Twilight.

Fasilitas yang Ada di Tempat Wisata Hutan Pinus Mangunan

Pengeloal wisata Hutan Pinus Mangunan memberikan fasilitas yang cukup memanjakan pengunjungnya. Mulai dari mushola sederhana, kamar mandi yang memadai dan tempat parkir yang luas. Ketika menyusuri kawasan hutan ini pun, kamu tak perlu susah payah mencari tempat beristirahat karena bangku-bangku banyak teredia di sudut-sudut hutan. Selain itu tersedia juga beberapa gubuk untuk beristirahat. Bagi pengunjung yang berniat camping, juga telah tersedia camping ground yang bagus dan dilengkapi pula dengan outbound area.

Hutan Pinus Mangunan image via www.instagram.com/memoirsofgorilla

Jam Buka dan Harga Tiket Wisata Hutan Pinus Mangunan

Jam operasional atau jam buka Hutan Pinus Mangunan dibuka setiap hari dari hari senin s/d minggu mulai pukul 06.00-17.30 WIB.
Tidak ada HTM (Harga Tiket Masuk) yang perlu kamu dibayar alias GRATIS karena belum ada loket pembayaran tiket masuk. Pengunjung hanya cukup membayar kendaraan yang dibawa. Untuk sebuah sepeda motor dikenai retribusi sebesar Rp 3.000, untuk mobil Rp 10.000 dan untuk Bus Rp 20.000.

Namun bila kamu meninginkan berfoto menggunakan hammock, kamu bisa menyewanya hanya dengan Rp 10.000 saja. Selain itu bila digunakan untuk syuting film, iklan, video klip atau pengambila foto pre-wedd dikenai biaya minimal Rp 50.000. Oh ya, bagi kamu-kamu yang berkeinginan mendirikan tenda dan bermalam disana, dikenakan tarif yang berbeda yakni Rp 20.000 dengan parkir Rp 5.000 untuk motor roda dua dan dua kali lipat untuk kendaraan jenis lain yang lebih besar.

Itulah sedikit gambaran mengenai wisata hutan pinus mangunan. Tertarik untuk mengunjunginya? Jika iya, semoga kunjungan kamu kesana bisa berkesan dan menyanangkan. Happy Travelling!