source : wiranurmansyah.com

Selain dikenal dengan  destinasi wisata baharinya seperti Gili Trawangan dan Pantai Senggigi, Lombok juga mempunyai wisata pegunungan yaitu Gunung Rinjani. Gunung Rinjani sendiri merupakan salah satu gunung yang berada di Lombok yang mempunyai pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan, banyak para pendaki yang bermimpi ingin menginjakan kakinya di gunung yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut.

Untuk bisa menikmati pemandangan alam di puncak Gunung Rinjani tidaklah mudah, anda harus menyiapkan fisik dan mental yang kuat. Sebab untuk sampai ke puncak Gunung Rinjani, anda harus melakukan pendakian lebih dari 4 kilometer. Ditambah medan yang cukup menantang dan perbukitan yang menjulang tinggi, diharapkan setiap orang yang mau menginjakan kaki di puncak Gunung Rinjani mempersiapkan mental dan fisik yang prima.


Sunrise-di-puncak-Gunung-Rinjani-Lombok
source : initempatwisata.com

Selain terkenal akan keindahan alamnya, Gunung Rinjani sangat akrab dengan cerita lokal yang menyatakan bahwa Gunung tersebut merupakan  istana yang menjadi tempat bersemayam ratu jin yang bernama Dewi Anjani. Terlepas dari benar  atau tidaknya mitos Gunung Rinjani Lombok tersebut, wisata pegunungan yang satu ini menyimpan pesona alam yang eksotis dan mengagumkan. Banyak spot atau titik-titik menarik yang dapat Anda temui di Gunung Rinjani, mulai dari bagian kawah, air terjun, puncak, danau,panorama kaldera, mata air panas, goa, lubang letusan dan  aliran lava baru.

Dari beberapa spot yang ditawarkan Gunung Rinjani yang menjadi favorit di kalangan wisatawan yakni Senaru,Tetebatu,dan Sembalun dengan keindahan alam pegunungan yang eksotis. Tidak hanya itu saja, spot yang tidak kalah menarik di Gunung Rinjani Lombok yakni Segare Anak. Segare anak sendiri merupakan danau yang terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Rinjani di masa lampau.

wisata-kawah-gunung-rinjani
source : trekkingrinjani.com

Masyarakat sekitar menyebut danau tersebut sebagai laut karena air danau tersebut berwarna biru jernih layaknya air laut asli. Letak Danau Segare Anak terdapat pada ketinggian 2.800 meter dan memiliki berbagai jenis ikan dianataranya ikan mujair, ikan mas dan harper. Dan mitos yang berkembang tentang danau segare anak, menurut masyarakat lokal danau ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tidak hanya keindahan  pesona panoramanya yang eksotis dan indah, Gunung Rinjani Lombok juga menghadirkan keindahan dunia flora dan fauna. Jika anda mendaki gunung ini, diketinggian 1.000 meter hingga 2.000 meter pada bagian selatan dan barat gunung anda akan disuguhkan sejumlah tumbuhan yang jarang dijumpai di dataran rendah seperti Pterospermum, Ficus Superba dan Dysoxylum sp.

Dan untuk bisa melihat keindahan hamparan rumput dan bunga Edelweiss (Anaphalis Javanica), anda perlu mendaki lagi diketinggian 3.000 meter. Selain melihat aneka flora, saat anda mendaki Gunung Rinjani anda juga akan menemukan berbagai macam fauna. Gunung Rinjani memiliki  lebih dari 109 spesies burung, dari beberapa spesies burung yang ada salah satunya jenis burung yang banyak terdapat di Australia.