Candi_Mendut

Candi mendut merupakan objek wisata yang menyimpan banyak kisah unik di masa lampau. Candi yang terkenal sebagai candi umat Budha ini berjarak tidak jauh dari candi Borobudur sekaligus menjadi salah satu destinasi bagi para wisatawan yang menyukai akan budaya dan kisah sejarah jaman dahulu. Candi Mendut di bangun oleh Dinasti Syailendra yaitu Raja Indra.


Secara geografis, Candi bendut terletak di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di desa Mendut Kabupaten Magelang, namun lebih banyak para wisatawan yang menyebutnya sebagai Candi Mendut Yogyakarta. Candi ini memiliki bentuk segi empat dengan beberapa hiasan stupa kecil disekitarnya. Didalam candi ini terdapat banyak pesan moral yang bisa kita ketahui dan di candi yang berdiri setinggi 3,7 meter ini tampak terlihat anggun dan sangat kokoh.

Ketika anda menaiki candi mendut ini, maka anda akan menjumpai setidaknya 8 relier Bodhisattva dengan berbagai sikap tangan dan ukuran reliefnya pun terbilang lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran relief yang terdapat di Candi Borobudur. Ketika anda memasuki candi, maka anda akan mencium aroma wangi yang bercampur dengan hio diantara 3 arca setinggi 3 meter. Arca-arca tersebut diantaranya yaitu Dyani Buddha Cakyamuni (Vairocana), Arca Bodhisatva Vajrapani, dan Arca Budha Avalokitesvara.

Wisata-candi-mendut

Pada musim liburan tiba, candi ini akan ramai dikunjungi para wisatawan baik domestik maupun luar negeri terutama ketika hari raya umat budha maka tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk beribadah bagi penganut agama tersebut. Candi Mendut beralamatkan di JL. Mayor Kusen, Kota Mungkid Magelang Jawa Tengah dan selain itu ada beberapa fasilitas yang terdapat di candi mendut diantaranya seperti tempat ritual chanting dan vihara buddha mendut.

Rute Perjalanan Ke Candi Mendut


Jika anda datang dari pusat kota Yogyakarta, maka anda akan menempuh jarak sekitar 37 km untuk sampai di Candi Mendut. Anda cukup jalan ke arah kota Magelang menuju daerah Mungkid (pertigaan lampu merah). Disitu terdapat plang petunjuk arah ke Candi Borobudur dan anda ikuti arah tersebut kemudian belok kiri maka di bagian kanan jalan anda akan menjumpai Candi Mendut. Jika ditempuh dengan kendaraan kurang lebih sekitar 45 menit dari pusat Yogyakarta.