Wisata Candi Borobudur Di Indonesia – Indonesia memiliki banyak candi-candi seperti candi prambanan, candi Borobudur dan candi lainnya. Di dalam artikel ini kita akan membahas mengenai candi Borobudur di Indonesia.

Candi Borobudur adalah sebuah candi yang terletak di borobudur yang merupakan kompleks candi budda terbesar di dunia. Candi Borobudur ini dibangun pada tahun 824 yang terbuat balok vulkanik dan membentuk 504 arca Buddha, 72 stupa dan sebuah stupa induk tepat di puncak candi bangunan. Monumen Buddha pada candi Borobudur terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar.


Candi Borobudur images via www.instagram.com/tika_nimoe

Menumen ini di bangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha dan tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dalam alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha. Relief yang terpahat di dinding candi memiliki kisah tentang perjalanan hidup sang Buddha dan ajaran-ajarannya dan juga merekam kemajuan masyarakat jawa jaman dulu.
Dalam sejarah Borobudur di tinggalkan pada abad ke 14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan hindu dan Buddha di jawa serta mulai masuknya pengaruh islam.

Borobudur kini masih di gunakan sebagai tempat ziarah keagamaan tiap tahun umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul untuk memperingati hari suci waisak. Tetapi Borobudur sampai saat ini tetap menjadi wisata yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan. Pada perayaan waisak Borobudur menjadi pusat tempat berkumpulnya banyak umat Buddha dari berbagai belahan dunia.

Candi Borobudur images via www.instagram.com/o.ginita

Untuk mengikuti alur jalinan kisah yang ada di dinding candi pengunjung harus berjalan mengitari candi searah jarum jam masuk melalui pintu timur, berjalan searah jarum jam hingga tiba di tangga timur dan melangkah kaki naik ke tingkat berikutnya dan di lakukan berulang-ulang hingga semua tingkat di lewati.

Borobudur memang memiliki nilai seni yang tinggi dan juga memiliki karya agung yang menjadi bukti peradaban umat manusia pada masa lalu. Siraman cahaya mentari pagi yang menerpa stupa dan arca Buddha membuat keagungan dan kemegahan candi lebih terasa.

Begitulah informasi tentang Wisata Candi Borobudur di Indonesia, jika anda berlibur kunjungilah tempat bersejarah tersebut agar anda mengetahui kisah-kisah di dalamnya.