Boyolali merupakan kabupaten yang pernah memperoleh piala Adipura 11 kali dari pemerintah ini memang pantas memperoleh penghargaan sebagai kota terbersih. pada tiap sudut kota memang tertata dengan rapih juga bersih. Hawa sejuk yang khas pegunungan ini yang membuat siapa saja betah berlama-lama di tempat ini. Boyolali memang menjadi salah satu jalur pendakian gunung Merapi serta Merabu. Tidak heran, jika beberapa warga setempat memanfaatkan rumah mereka guna dijadikan basecamp para pendaki gunung. Selain Gunung Merapi dan Merbabu, Boyolali juga membuat tempat wisata baru yang baru baru ini mulai nge-hits pada kalangan travelers. Salah satunya adalah wisata Sutera Selo Boyolali.

Alam Sutra adalah spot wisata yang berupa gardu pandang berada di tengah perkebunan milik warga sekitar yang tak jauh dari kawasan wisata Selo. Tepatnya, wisata ini terletak berdampingan dengan Petilasan Kyai Kebokanigoro. Alam Sutra menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotik Kota Boyolali serta Gunung Bibi. Udara yang dingin serta sejuk khas pegunungan. aktivitas warga sekitar yang sedang bercocok tanam pada perkebunan sekitar, menjadikan gardu pandang ini pantas untuk dikunjungi waktu pengunjung mampir daerah kawasan wisata Selo. Apabila beruntung, pengunjung juga dapat menjumpai Elang Jawa serta sejumlah kera hutan yang sedang berkeliaran.

Fasilitas Wisata Sutera Selo Boyolali

Desa wisata ini tercipta sebagai bentuk kesadaran masyarakat setempat mengenai pemanfaatan lahan tebing sebagai obyek wisata. Disini, akan akan dikejutkan dengan banyaknya spot ciamik. Gardu pandang yang berada di desa wisata ini sendiri dibentuk dengan nyaman, supaya kamu dapat menikmati hamparan pepohonan dengan latar pegunungan. Selain gardu pandangnya anda juga dapat mengunjungi Petilasan Kebokanigoro yang katanya menjadi tempat Ki Kebokanigoro mukso. Atau menyaksikan beraneka jenis tanaman sayur serta buah-buahan yang terhampar begitu luas. Terdapat beberapa tempat atau gardu pandang yang dapat pengunjung pakai untuk berfoto selfi. Terdapat gardu pandang yang ada tulisan Alam Sutra. Gardu pandang yang ada tulisan Pohon Harapan. Tak hanya itu, gardu pandang yang ada ornamen berbentuk hati yang dibuat dari bambu, dan lain sebagainya.

Akses Wisata Sutera Selo Boyolali

Akses untuk menuju ke Desa Wisata Alam Sutera bisa dibilang cukup baik. Untuk dapat sampai pada tempat ini, dapat diakses dengan menggunakan sepeda motor. Dari pintu masuk kurang lebih menempuh 5 – 7 menit dengan menggunakan sepeda motor. Namun, sangat tidak disarankan jika membawa mobil sebab jalannya yang sempit. Jalan setapaknya hanya dapat untuk satu sampai dua motor saja. Apabila terpaksa tidak dapat membawa motor, tersedia jasa ojek siap antar di depan pintu masuk kawasan ini.  Tidak disarankan juga membawa motor matic, sebab medan yang cukup berat dan sangat curam. Perlu diperhatikan wilayah ini lahan parkirnya masih begitu sempit, bahkan bisa dibilang tidak ada bagi pengunjung yang ingin ke tempat ini dengan membawa motor.

Lokasi dan Harga Tiket Wisata Sutera Selo Boyolali

Fasilitas yang ada disini pun akan terus dikembangan. Jika ingin ke sini , anda bisa langung ke Dukuh Pojok Samiran, Kecamantan Selo, kabupaten Boyolali. Rute jalannya dapat kamu cek di Google Map dengan titik kordinat -7.513480, 110.462055. Dan untuk harga tiket ke gardu pandangnya cukup membayar sebesar Rp. 2.000 per orang. Meskipun wisata alam di Boyolali ini memang terbilang baru di Boyolali. Akan tetapi keindahannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Khususnya buat anda pecinta wisata alam. Datanglah bersama dengan teman dan orang-orang terkasih, Dijamin anda tak akan menyesal. Akan tetapi, ada yang perlu diingat. Tetap jagalah kebersihan dan jangan pernah melakukan hal yang merugikan orang-orang yang ada di sekitarmu.

Leave a Reply