3 Wisata Alam Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Bagi anda yang hobby berkunjung ke tempat wisata khususnya wisata alam, kota Yogyakarta adalah tempat yang tepat untuk anda kunjungi. Mengapa demikian? karena kota Yogya memiliki banyak sekali wisata alam yang menyuguhkan pemandangan eksotis. Tidak heran apabila banyak sekali wisatawan yang berulang kali memilih kota Yogja menjadi salah satu destinasi kota wisata yang wajib untuk didatangi berulang kali dan tidak akan ada bosannya. Nah, untuk anda yang ingin merasakan sensasi yang berbeda, anda bisa mengunjungi 3 wisata alam yang ada di kota Jogja berikut ini.

Wisata Alam Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung api purba ini merupakan salah satu ekowisata yang ada di daerah istimewa jogjaykarta. Gunung api purba yang terletak di desa nglanggeran, kecamatan patuk Gunungkidul ini merupakan sebuah kawasan wisata alam yang mana menurut penelitian kurang lebih 60 juta tahun yang lalu gunung nglanggeran merupakan gunung berapi aktif. di tempat ini ada juga juga wahana flying fox yang dapat anda coba untuk menguji nyali anda. Gunung ini mempunyai keunikan tersendiri. Terdapat beberapa bebatuan besar yang menurut cerita warga sekitar dipakai untuk tempat pertapaan warga. Disini juga terdapat fasilitas seperti musholla, home stay, tempat kuliner, jalur pendakian dan masih banyak lagi.

Untuk Rute gunung api purba jika anda berangkat dari Jogja, silahkan anda menuju arah tenggara menuju Ringroad Ketandan, yang bertepat di Jalan Wonosari. Sesampai di perempatan Jalan Wonosari ini, anda ikuti terus jalan Wonosari lurus tanpa berbelok dengan waktu kurang lebih 15 km sampai tiba di daerah Piyungan, yakni tepat pada traffic light ke-3. Dan di Pada titik ini, anda lurus saja menuju – Bukit Patuk ataupun yang sering dikenal dengan Hargodumilah ataupun “Bukit Bintang”. Yang mana anda dapat menikmati pemandangan kota Jogja dari atas sana. Setelah melintasi bukit ini, anda akan menjumpai sebuah perempatan pas diatas bukit, dan pada titik ini ambilah arah kiri dan menuju Desa Ngoro-Oro.

Gondola Tradisional Di Pantai Timang

Obyek wisata di Jogja yang juga populer akan keindahan pantainya. Bukan pantai yang seperti biasanya, tetapi pantai yang unik juga ada. Tempat wisata yang merupakan pantai unik ini akan Anda jumpai di Pantai Timang. Pantai Timang ini kondisinya sangat mirip seperti pantai-pantai selatan pada umumnya. Dengan ciri berombak besar serta bertebing curam serta banyak karangnya. Yang paling istimewa, di pantai ini ada gondola tradisional yang dibuat dari tali serta pancang kayu biasa yang terpasang untuk digunakan Anda yang tertantang untuk menaikinya hingga pulau karang di seberang pantai. Gondola ini sering digunakan oleh para nelayan untuk mencari lobster di pulau karang dengan ombak yang memiliki tinggi 5 meter itu. Gondola ini aman dan selalu di cek keamananya setiap hari.

Pantai Berpasir Putih Pok Tunggal

Ada banyak pantai yang ada di Jogja dengan pasir berwarna abu abu kehitaman. Kadang ada orang yang kecewa sebab menginginkan pantai dengan pasir berwarna putih. Akan tetapi kekecewaan ini tak akan Anda jumpai jika sudah menjajal salah satu pantai pasir putih yang ada di Jogja ini. Yaitu Pantai Pok Tunggal. Pantai Pok Tunggal terletak memang masih tersembunyi akan tetapi ramai dengan pengunjung. Dan untuk mencapai tempat ini Anda dapat memakai kendaraan menyusuri sisi timur dari Pantai Indrayanti. Pantai ini mempunyai ikon yaitu  pohon Duras yang menjadi sejarah penamaan pantai indah ini. Pohon ini mempunyai pangkal pohon atau pok satu saja, sehingga tercipta nama Pok Tunggal. Pemandangannya dijamin tidak akan mengecewakan para pengunjung. Pantai ini merupakan wisata alam jogja yang wajib dikunjungi.

Add Comment