Wisata Air Terjun Tiu Teja, Air Terjun Kembar Di Lombok Utara – Gunung Rinjani yang merupakan icon wisata Lombok sudah bukan suatu rahasia lagi. Semua orang sudah tahu kalau Gunung Rinjani adalah icon wisata Lombok yang patut dibanggakan. Hadirnya Gunung Rinjani sendiri memberikan banyak keuntungan bagi Lombok karena dengan adanya Gunung Rinjani membuat pulau mungil ini menjadi sebuah pulau yang dilimpahi anugerah berupa sebaran wisata alam yang melimpah. Bahkan air terjun tak sulit kita dapatkan di Lombok.
Salah satu wisata air terjun yang akan dapat Anda temukan di bumi Lombok adalah wisata Air Terjun Tiu Teja Lombok. Wisata yang satu ini merupakan sebuah wisata air terjun kembar yang lokasinya tepat berada di Lombok Utara. Debur air terjun dengan debit yang melimpah membuat siapa saja akan betah bersantai dan berlama – lama di wisata Air Terjun Tiu Teja. Lantas seperti apa pesona alam yang akan dapat Anda temukan di wisata Air Terjun Tiu Teja Lombok?
Daya Tarik Wisata Air Terjun Tiu Teja Lombok
Air Terjun Tiu Teja punya ketinggian sekitar 40 meter yang juga bersembunyi di hutan Gunung Rinjani yang masih sangat alami dan asri. Nantinya akan Anda temukan panorama keindahan alam yang sangat menawan disini. Bahkan kalau Anda simak, keindahan panorama alamnya lebih indah dibandingkan dengan wisata – wisata air terjun lainnya yang booming lebih dulu sebelum wisata Air Terjun Tiu Teja Lombok ini.
Wisata Air Terjun Tiu Teja ini punya keunikan. Apa keunikannya? Kalau Anda temui air terjun lain aliran air yang meluncur turun dari tebing air terjun biasanya meluncur hanya satu atau lebar jika sumbernya deras. Sementara untuk terjunan air yang turun dari tebing di wisata Air Terjun Tiu Teja ini punya dua mata air yang meluncur secara berdampingan. Dua buah mata air kembar di wisata Air Terjun Tiu Teja ini kemudian meluncur membentuk kolam dibagian bawah sekitar 10 meter persegi dengan punya kedalaman yaitu sekitar 1 meter. Karena itu kolamnya sangat aman untuk aktivitas berenang dan memang rata – rata wisatawan yang kesini berenang di wisata Air Terjun Tiu Teja.
Dan yang lebih indah lagi, ketika mendapatkan sinar matahari, akan muncul sinar pelangi diantara bias titik – titik air yang meluncur. Tentu akan menimbulkan kesan yang fenomenal tersendiri bagi wisatawan yang datang ke wisata Air Terjun Tiu Teja Lombok. Dan air terjun yang turun kemudian naik lagi akan berusaha membasahi gerumbulan tanaman – tanaman, batu besar dan juga tebing – tebing batu di sekelilingnya. Sehingga nantinya efek yang akan ditimbulkan berupa batuan dan tebing aliran air terjun yang berlumut tetapi indah. Dijamin Anda akan mendapatkan sensasi lain di wisata ini.
Sementara untuk rutenya menuju wisata Air Terjun Tiu Teja, dari kota Mataram jaraknya sekitar 60 km2 atau sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Hal ini karena jalur menuju lokasi air terjun dari jalan utama desa masih melintasi kebun dan hutan yang lebat sejauh 2 km. Bagi Anda yang punya hobi petualangan, untuk dapat menuju wisata Air Terjun Tiu Teja juga dapat mendaki dan jalan kaki. Rutenya yang dapat Anda susuri yaitu dengan melintasi perkebunan kopi milik masyarakat untuk selanjutnya memasuki hutan tropis di lereng Gunung Rinjani yang masih lebat dan juga masih alami. Suara merdu burung akan menjadi teman Anda selama di perjalanan.
Tertarik berwisata menuju Wisata Air Terjun Tiu Teja diatas? Susuri segera dan dapatkan banyak pengalaman berharganya. Selamat menikmati perjalanan seru Anda di Lombok.