Umbul Sidomukti  – adalah obyek wisata alam pegunungan di Kabupaten Semarang yang menyajikan pemandangan indah serta suasana yang asri dan sejuk khas pegunungan. Bagi Anda yang tengah berlibur ke Semarang, Umbul Sidomukti merupakan salah satu tempat wisata yang tak boleh dilewatkan.

Selain itu, di Umbul Sidomukti juga tersedia berbagai wahana seru yang cocok untuk Anda yang berjiwa petualang.

Pesona keindahan alam di kawasan wisata ini sungguh mengesankan sehingga dapat menjadi salah satu rujukan wisata di Kabupaten Semarang yang tepat bagi Anda dan keluarga.

umbul sidomukti omage by http://www.trivindo.com

Lokasi Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti beralamat di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kawasan wisata ini dikelola oleh PT Panorama Agro Sidomukti dengan nomor kontak 082892031261.

Wahana wisata Umbul Sidomukti menyediakan berbagai macam fasilitas pendukung mulai dari Outbond Training, Camping Ground, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Pondok Lesehan, hingga Meeting Room.

Rute Menuju Umbul Sidomukti

Rute ke lokasi wisata Umbul Sidomukti dapat dituju dari pusat kota Semarang dengan melalui jalur yang menuju ke arah Solo. Saat Anda sampai di SPBU Lemah Abang yang berada di sisi kiri jalan, berbeloklah ke arah Bandungan.

Ikuti jalan tersebut sampai di Pasar Jimbaran, cari jalan kecil dengan papan petunjuk bertuliskan Sidomukti di sisi kanan jalan. Sepanjang jalan kecil ini banyak terdapat papan petunjuk arah menuju ke Taman Renang Alam Umbul Sidomukti, jadi Anda hanya perlu mengikutinya hingga tiba di lokasi.

Bus ukuran besar tidak dapat masuk hingga ke lokasi wisata karena jalannya sangat sempit, bahkan bus mini atau mobil pun harus dikemudikan oleh orang yang berpengalaman, karena kondisi jalannya cukup sulit untuk dilalui.

pemandangan umbul sidomukti image by http://parapejalan.id

Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti

Bagi pengunjung yang ingin masuk dan menikmati berbagai wahana wisata yang ada di Umbul Sidomukti diharuskan membayar harga tiket masuk dengan rincian sebagai berikut:

  • Harga tiket masuk pada hari kerja (Senin s/d Jumat): Rp 8.000 per orang.
  • Harga tiket masuk pada akhir pekan (Sabtu – Minggu), dan hari libur: Rp 10.000 per orang.
  • Tiket masuk wahana Taman Berani: Rp 10.000 per orang.
  • Tiket masuk wahana Rappeling: Rp 10.000 per orang.
  • Tiket masuk wahana Marine Bridge: Rp 15.000 per orang.
  • Tiket masuk wahana Highest Triangle: Rp 40.000 per orang.
  • Tiket masuk Flying Fox Lembah: Rp 18.000 per orang.
  • Tiket masuk wahana Flying Fox Terusan: Rp 35.000 per orang.
  • Tiket masuk Flying Fox Scream: Rp 16.000 per orang.
  • Harga Sewa Kuda (30 menit): Rp 50.000 per orang.
  • Harga sewa Motor ATV: Rp 25.000 – Rp 30.000 per orang.
  • Tiket masuk wahana Camping: Rp 18.000 per orang.
  • Harga Sewa Tenda Dome: Rp 45.000 dengan kapasitas 3 orang.
  • Harga sewa Matras: Rp 5.000 per orang.
  • Harga sewa Sleeping Bag: Rp 8.000 per orang.

Wahana wisata Umbul Sidomukti buka setiap hari Senin – Jumat mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur buka sejak jam 7 pagi sampai dengan jam 7 malam.

Penginapan Umbul Sidomukti

Di sekitar Umbul Sidomukti terdapat sejumlah penginapan yang bisa Anda jadikan rujukan bila ingin bermalam di tempat ini sehingga Anda tidak perlu khawatir kemalaman dan dapat berlibur menghabiskan akhir pekan dengan tenang.

1. Pondok Wisata Umbul Sidomukti

pondok wisata umbul sidomukti image by https://buzzerbeezz.com

Pondok Wisata Umbul Sidomukti merupakan penginapan dengan konsep bangunan minimalis modern yang eksklusif. Penginapan ini terletak di posisi yang pas sehingga menampilkan pemandangan lembah dengan sawah hijau yang indah dan menyejukkan hati.

Fasilitas yang tersedia di antaranya kamar tidur yang mewah, televisi, pemasak air elektrik, sarapan pagi, Wifi gratis, dan masih banyak lagi.

2. Villa Pondok Kopi

villa pondok kopi image by https://hotelumbulsidomukti.wordpress.com

Villa Pondok Kopi merupakan penginapan yang menawarkan banyak kenyamanan bagi pengunjung. Bentuk bangunan yang keren dan modern, serta tempatnya bersih dan nyaman menjadi keunggulan tersendiri bagi penginapan yang satu ini.

Beberapa fasilitas yang akan pengunjung dapatkan di antaranya televisi, air panas, Wifi gratis, dan akses gratis ke tempat wisata.

3. Homestay Pinus

Meski tampilan bangunannya sederhana, namun kondisi penginapan Homestay Pinus ini sangat bersih dan terawat. Lokasinya yang terletak di tengah area persawahan akan membuat pengunjung nyaman dan betah menginap di sini.

Penginapan ini terdiri dari beberapa rumah yang bisa ditempati hingga beberapa orang sehingga akan lebih cocok bila Anda menginap bersama rombongan. Fasilitas yang tersedia di pondok ini antara lain, 2 kamar tidur, televisi, ruang keluarga, dapur, dan toilet.

4. Camping Ground

camping ground image by http://mytrip123.com

Camping Ground tidak seperti penginapan di Umbul Sidomukti pada umumnya. Tempat ini sangat cocok bagi Anda dan rombongan yang ingin bermalam dan menyatu dengan alam.

Camping Ground merupakan tempat menginap yang memiliki konsep berkemah untuk keluarga. Di tempat ini Anda dan keluarga dapat memperoleh pengalaman baru yang mengasikkan dengan berkemah di alam pegunungan yang sejuk. Fasilitas yang tersedia di antaranya kamar mandi, toilet, dan juga kolam renang.