Teluk Love atau Pantai Payangan merupakan obyek wisata di Jember yang memiliki suatu keunikan, yaitu adanya 4 pantai, 3 bukit, dan 1 pulau. Keunikan Teluk Love inilah yang menjadikan pantai ini semakin ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.


Asal-usul Teluk Love

Keindahan Teluk Love yang terletak di Ambulu, Jember ini sangat mempesona. Banyak orang yang memperbincangkan wisata baru itu selama setahun terakhir.

sumber : http://dimasanggoromeidyprasetyo.blogspot.co.id

Mungkin tak ada yang menyangka kalau dulunya, asal-usul Teluk Love merupakan pantai yang dijadikan tempat pembuangan tinja (kotoran). Bahkan, dulu tidak ada orang yang mau melirik sama sekali.

Sekarang tempat wisata yang dikenal juga dengan nama Pantai Payangan itu telah ‘disulap’ menjadi sebuah obyek wisata pantai dengan keindahan yang mengagumkan.

Daya tarik Teluk Love mampu memikat wisatawan untuk datang ke sini. Semakin hari, wisata pantai yang memiliki bentuk “LOVE” itu pun kian ramai dikunjungi orang-orang dari berbagai daerah.

Bahkan, wisatawan yang datang tak hanya dari dalam negeri saja, tapi juga banyak berasal dari mancanegara.

Lokasi Teluk Love

  • Nama Obyek Wisata: Teluk Love / Pantai Payangan
  • Lokasi: Desa Suberreo, Kec Ambulu, Kab Jember, Prov Jawa Timur 68172.
  • Jam Operasional: pukul 7 pagi sampai 11 malam.

Bersama dengan Pantai Watu Ulo, Papuma, dan Goa Jepang, Teluk Love telah menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Jember.

Letaknya yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa membuat Teluk Love memiliki banyak mitos dan cerita misteri. Terutama kaitannya dengan ‘Ratu penguasa Pantai Selatan’, Nyi Roro Kidul.

Di lokasi wisata Teluk Love, wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan area wisata dari ketinggian dengan menaiki bukit.

sumber : https://commons.wikimedia.org

Waktu tempuhnya sekitar 40 menit berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang terbuat dari tanah dan agak licin. Anda harus lebih hati-hati saat menaiki bukit ini bila tidak ingin terpeleset.

Setibanya di atas bukit Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam Pantai Payangan atau Teluk Love yang begitu mengagumkan. Di sebelah kiri pantai, Anda juga akan melihat sebuah pulau kecil yang bentuknya mirip simbol hati atau “Love”.

Mungkin keberadaan pulau berbentuk love inilah yang menjadi asal mula tempat ini terkenal dengan nama Teluk Love yang berarti “Teluk Cinta”.

Sekarang ini, Pantai Payangan atau Teluk Love telah berubah menjadi sebuah tempat wisata yang indah. Padahal dulunya, tidak ada yang mengenal dan melirik Teluk Love sebagai destinasi wisata.

Kondisinya yang mulai terawat dan adanya sejumlah fasilitas wisata tentu semakin menunjang kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Di area pantai juga sudah tersedia tempat parkir yang dijaga oleh para petugas sehingga Anda tak perlu khawatir terhadap keamanan kendaraan Anda saat asik menikmati aktivitas wisata di Teluk Love.

Tiket Masuk Teluk Love

Bagi pengunjung yang ingin masuk dan menikmati indahnya pemandangan di Teluk Love akan dikenai biaya tiket masuk. Jangan khawatir, tiket masuk Teluk Love cukup terjangkau yaitu hanya sebesar Rp 5.000 per orang.

Selain itu, pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi diharuskan membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000. Jadi, dengan uang Rp 10 ribu saja Anda sudah bisa menikmati keindahan pemandangan di Teluk Love.

Jangan lupa untuk membawa kamera untuk Anda berselfie dan berfoto-foto. Di Teluk Love ada banyak spot pemandangan yang menarik untuk Anda manfaatkan sebagai latar saat berfoto.

Rute Menuju Teluk Love

Rute jalan menuju lokasi wisata Teluk Love sangat mudah dijangkau. Bila Anda datang dari pusat kota Jember, waktu tempuhnya sekitar 40 sampai 60 menit berkendara.

Ada dua rute yang bisa Anda gunakan untuk menuju ke Teluk Love dari pusat kota Jember. Rute pertama dengan melewati Mangli, Ajung, Ambulu, dan sampai ke Teluk Love. Rute kedua adalah melalui kota Mangli, Rambipuji, Balung, Wuluhan, Ambulu, sampai ke Teluk Love.

Akses jalan menuju Teluk Love sangat mudah dilalui. Banyak papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda ke Teluk Love atau Pantai Payangan.

Nah, sudah siap untuk berakhir pekan di Teluk Love? Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum berangkat. Selamat berwisata ke ‘teluk cinta’.