Telaga Sarangan  – merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Magetan. Di sekitar telaga banyak terdapat pondok wisata, hotel berbintang, maupun penginapan.

Selain itu juga ada banyak kios cinderamata dan pengunjung yang datang dapat menikmati pemandangan Telaga Sarangan yang indah dengan berkuda mengelilingi telaga atau memacu adrenalin menaiki speed boat.

Wisata Telaga Sarangan Kabupaten Magetan Jawa Timur

Sebenarnya, keindahan telaga Sarangan akan lebih tampak apabila Anda melihatnya dari jarak 5 sampai 1 kilometer. Bila Anda datang dari arah Tawangmangu, maka Anda akan melihat keindahan Telaga Sarangan dengan jelas saat menuruni lereng Gunung Lawu.

Telaga Sarangan memang tidak terlalu besar, luasnya hanya sekitar 30 hektar sehingga Anda dapat berkeliling telaga tanpa membutuhkan waktu lama, apalagi jika menggunakan speed boat. Speedboat dapat dinaiki untuk tiga orang, ditambah driver yang akan siap membawa Anda berkeliling telaga.

telaga sarangan image by https://tempatwisatatrendi.blogspot.com

Bila Anda sudah mahir mengendarai speedboat, Anda diperbolehkan mengendarainya sendiri. Namun, bagi yang ingin memacu adrenalin, biasanya driver speedboat akan melaju dengan kecepatan tinggi dan melakukan berbagai manuver yang akan membuat jantung Anda berdegup kencang.

Lokasi Telaga Sarangan

Telaga Sarangan juga dikenal dengan sebutan Telaga Pasir, merupakan telaga alami yang letaknya berada di ketinggian 1.200 meter dari atas permukaan laut. Lokasi Telaga Sarangan berada di lereng Gunung Lawu, Kec Plaosan, Kab Magetan, Provinsi Jawa Timur. Jarak Telaga Sarangan dari kota Magetan sekitar 16 kilometer.

Udara di sekitar Wisata telaga yang memiliki luas sekitar 30 hektare dengan kedalaman maksimal 28 meter ini sangat sejuk khas alam pegunungan dengan suhu udara rata-rata 15-20 derajat celsius.

Wisata andalan di Kabupaten Magetan ini mampu mendatangkan ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya sehingga berbagai fasilitas pendukung kenyamanan pengunjung pun telah lengkap tersedia.

telaga sarangan image by http://piknikasik.com

Beberapa fasilitas tersebut di antaranya seperti wahana bermain, taman, rumah makan, pasar wisata, area parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, dan lain-lain.

Pengunjung tidak perlu bingung bila ingin menyantap hidangan kuliner khas daerah ini, karena di sekitar lokasi wisata sudah berdiri 19 rumah makan yang dapat dijadikan alternatif menu pilihan.

Jalan Menuju Telaga Sarangan

Akses jalan menuju Telaga Sarangan bila Anda berangkat dari kota Magetan, jaraknya sekitar 16 kilometer. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah di Gunung Lawu yang mengesankan.

Rute menuju ke Telaga Sarangan sangat mudah, ketika sudah sampai di kota Magetan, Anda cukup mengikuti papan petunjuk arah yang tersedia di banyak ruas jalan menuju ke lokasi wisata Telaga Sarangan.

Tiket Telaga Sarangan

Bagi pengunjung yang ingin masuk ke lokasi wisata Telaga Sarangan harus membayar tiket masuk seharga Rp 10 ribu per orang. Namun apabila Anda datang membawa sepeda motor, mobil, maupun bus rombongan akan dikenakan retribusi parkir dengan tarif sebagai berikut:
– Parkir sepeda motor: Rp 2.500
– Parkir Mobil: Rp 5.000
– Parkir Bus dan Truk: Rp 10.000

Selain berkeliling dengan jalan kaki, Anda juga bisa menyewa speed boat berkapasitas maksimal 3 orang dengan tarif Rp 50.000 per putaran. Atau Anda juga bisa menyewa kuda dengan tarif Rp 50.000 per putaran.

Hotel di Telaga Sarangan

Di sekitar lokasi wisata terdapat banyak penginapan dan hotel berbintang yang bisa Anda sewa bila ingin menginap di Telaga Sarangan. Nah, beberapa hotel dan penginapan yang kami rekomendasikan bisa Anda lihat informasinya di bawah ini!

1. Sarangan Hotel

Sarangan Hotel adalah tempat menginap terdekat dengan objek wisata Telaga Sarangan. Jaraknya tidak sampai 1 kilometer saja dari lokasi telaga. Alamat tepatnya berada di Jalan Raya Sarangan Cemoro Sewu, Desa Sarangan, Magetan, Jawa Timur. Fasilitas di tempat ini cukup lengkap dengan kondisi kamar yang bisa dipilih sesuai budget dan kebutuhan.

2. Komajaya Komaratih Hotel

Hotel yang kami rekomendasikan selanjutnya bernama Komajaya Komaratih Hotel. Alamatnya berada di Jalan Lawu, Kav 150-151, Kota Tawangmangu. Ada banyak pilihan kamar mulai dari yang standard, superior, hingga suite.

Fasilitasnya juga cukup lengkap dengan tarif menginap mulai dari Rp 200 ribu hingga 500 ribu per malam.

3. Hotel Bintang Tawangmangu

Lokasi Hotel Bintang Tawangmangu berada di Jalan Raya Lawu, Kota Tawangmangu. Jaraknya dari Telaga Sarangan kurang lebih 9 kilometer. Kriteria kamar yang bisa dipilih terdiri dari Superior, dan Deluxe. Tarif menginapnya mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 800 ribu.

4. Asia Jaya Hotel

Penginapan berikutnya bernama Asia Jaya Hotel. Lokasinya terletak di Jalan Raya Telaga No 193, Sarangan, Plaosan, Magetan. Hotel ini berjarak sangat dekat dengan beberapa obyek wisata di Magetan, seperti Telaga Sarangan, Air Terjun Tirtasari, dan Air Terjun Ngadiloyo.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap bahkan pengunjung akan mendapatkan layanan wifi gratis selama menginap di tempat ini. Tarif menginap di tempat ini sekitar Rp 200 ribu per malam.

5. Handini Hotel

Hotel yang bisa menjadi rujukan Anda berikutnya adalah Handini Hotel. Jaraknya tidak begitu jauh dengan tempat wisata Telaga Sarangan, yaitu sekitar 500 meter. Tarif menginap per malam di tempat ini berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu.

Itulah informasi lengkap yang dapat kami sampaikan terkait obyek wisata Telaga Sarangan yang menjadi andalan di Magetan. Semoga membantu dalam merencanakan agenda liburan kamu!