Telaga Biru Gunung Kidul – atau wisata yang juga dikenal dengan nama Telaga Biru Semin merupakan wisata danau yang sekarang ini tengah menarik perhatian banyak wisatawan.

Keindahan danau yang tidak terbentuk secara alami ini sungguh mengesankan. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati pemandangannya dan juga mengabadikannya dalam bentuk foto.

Lokasi Telaga Biru Gunung Kidul

Keindahan Telaga Biru Gunung Kidul terlihat dari airnya yang berwarna biru kehijauan dan keberadaan bukit kapur di sekitar danau.

Lokasinya sangat mudah dijangkau, Telaga Biru Gunung Kidul beralamat di Dukuh Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

telaga biru gunung kidul image by http://blog.gogonesia.com

Obyek wisata ini mulanya merupakan area bekas tambang batu kapur yang kemudian terisi air sehingga membentuk seperti danau di beberapa bagian. Ketika musim hujan tiba, danau ini akan terisi air dengan warna biru kehijauan yang indah.

Rute Telaga Biru dari Sukoharjo

Bagi wisatawan yang datang dari arah utara atau Sukoharjo, dapat melewati Wonosari yang merupakan pusat kota Kabupaten Gunung Kidul. Di jalur ini juga banyak terdapat wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi sembari menuju ke Telaga Biru Gunung Kidul.

Rute bila Anda datang dari arah utara, menuju lokasi Telaga Biru Gunung adalah melintasi Jalan Solo, Prambanan, Cawas, menuju arah Sukoharjo.

Setibanya di tugu perbatasan Sukoharjo dan Gunung Kidul teruskan perjalanan melintasi Candirejo, Ngentak, kemudian Anda akan sampai di Telaga Biru Semin atau Telaga Biru Gunung Kidul.

Sedangkan bila Anda datang dari arah Selatan, rute yang dapat dilalui adalah dengan melewati Jalan Wonosari, sampai ke Piyungan, Bukit Bintang, Sambipitu, Lanud TNI AU Gading, Siyono, Wonosari, Selang, Wiladeg, hingga tiba di Perempatan Pasar Karangmojo.

Lanjutkan perjalanan ke arah utara, sesampainya di pertigaan Kepil, beloklah ke kanan menuju arah Semin. Selanjutnya Anda akan melewati Pasar Semin, Jalan Weru Semin, Ngentak Candirejo, dan tiba di Telaga Biru Gunung Kidul.

Tiket Masuk Telaga Biru Gunung Kidul

Hingga artikel ini dibuat, wisata Telaga Biru Gunung Kidul masih gratis, pengunjung tidak dikenai biaya tiket masuk. Hanya saja bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi tetap dikenai biaya parkir dengan tarif Rp 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Pengunjung yang ingin berenang di telaga ini dapat menggunakan jasa persewaan pelampung seharga Rp 10.000. Saat pagi hari adalah waktu yang pas bila Anda ingin berfoto dan mendapatkan hasil gambar yang indah.

Atau datanglah di sore hari bila ingin bersantai menikmati pemandangan telaga sambil melihat sunset yang indah dari atas bukit kapur.

Namun wisatawan juga tetap harus waspada, karena tidak jauh dari Telaga Biru Gunung Kidul masih terdapat penambangan aktif dan sering dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar pengangkut material tambang.

Bersantai Sambil Berfoto di Telaga Biru Gunung Kidul

Kabupaten Gunung Kidul memang memiliki banyak destinasi wisata yang selalu menarik perhatian. Salah satunya adalah wisata Telaga Biru ini.

Meski masih terbilang wisata baru, pesona keindahan danau yang tidak terbentuk secara alami tersebut mampu menyedot perhatian banyak pelancong dari berbagai daerah.

Telaga Biru Gunung Kidul begitu populer di kalangan anak muda karena menyajikan panorama alam yang indah dengan airnya yang berwarna biru kehijauan dan juga keberadaan bukit kapur yang menambah eksotis pemandangannya.

telaga biru gunung kidul image by http://yogyakarta.panduanwisata.id

Tempat ini dapat menjadi rujukan Anda yang senang berwisata sambil hunting foto. Apalagi saat tiba musim hujan, kolam danau akan terisi dengan debit air yang cukup dengan warna biru yang indah.

Bekas tempat penambangan batu kapur ini kemudian meninggalkan kolam-kolam yang terisi oleh air hujan sehingga terdapat 4 kolam utama di sekitar telaga yang biasanya digunakan oleh anak-anak warga sekitar untuk berenang atau bermain air di tempat ini.

Anda harus berhati-hati saat bermain air di telaga ini karena kedalamannya mencapai 5-8 meter. Akan lebih aman bila Anda berenang menggunakan pelampung, terutama bagi yang tidak bisa berenang.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Telaga Biru Gunung Kidul, semoga membantu dalam menentukan tempat wisata untuk petualangan Anda selanjutnya.