Telaga Biru Cisoka atau yang biasa dikenal pula dengan sebutan Danau Biru Cigaru sebenarnya bukan suatu danau yang terbentuk secara alami.

Telaga atau danau ini merupakan bekas galian pasir yang telah ditinggalkan selama bertahun-tahun. Telaga terbentuk karena air hujan yang mengisi lubang bekas galian yang memiliki kedalaman sekitar belasan tersebut.

Lokasi Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka berlokasi di Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Kec Cisoka, Tangerang, Banten. Tempat ini mulai populer sejak 2016 lalu. Belakangan kian ramai setelah dibangun dan diperbaiki sejumlah fasilitas yang ada.

telaga biru cigaru image by https://www.hipwee.com

Warna airnya yang berwarna biru membuat telaga ini dinamakan Telaga Biru Cisoka oleh warga sekitar. Namun demikian, warna air di telaga ini memang tak selalu biru. Kadang kala warna air bisa bening atau menjadi kuning kecokelatan.

Banyak wisatawan yang tertarik dengan warna air telaga yang satu ini sehingga sering dijadikan spot untuk berfoto maupun selfie dengan tampilan yang cantik.

Selain berburu foto, pengunjung juga bisa bersantai di gazebo yang tersedia, atau mengelilingi telaga dengan menyewa perahu kecil seharga Rp 20 ribu.

Rute Menuju Telaga Biru Cisoka

Bagi Anda yang ingin menuju ke lokasi wisata Telaga Biru Cisoka, ada beberapa rute alternatif yang bisa ditempuh. Alamatnya pun sangat mudah ditemukan. Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi dan datang dari arah pusat Kota Tangerang, bisa menuju ke lokasi melalui Jalan Pemda Tigaraksa.

Belok kanan untuk menuju Cisoka bila telah sampai di bunderan Tiga Raksa. Sekitar jarak 7 kilometer ada papan nama SMPN 1 Cisoka, belok kiri! Kira-kira 2 kilometer lagi Anda akan tiba ke lokasi Telaga Biru Cisoka.

Bagi wisatawan yang datang dari arah Jakarta, disarankan untuk menggunakan kereta api bila tidak ingin terkena macet. Naik KRL jurusan Tanah Abang – Maja, dan turun di Stasiun Tigaraksa. Lanjutkan dengan naik angkot jurusan Adiyasa – Balaraja. Tetapi Anda harus berjalan kaki sekitar 300 meter menuju pangkalan angkot.

Turunlah di pertigaan gang SMAN 08 Cisoka. Sesampainya di depan gang, Anda bisa melanjutkannya dengan berjalan kaki atau naik ojek motor sampai di gerbang Telaga Biru Cisoka. Jalan kaki bisa menjadi pilihan yang lebih sehat dan hemat.

Tiket Masuk Telaga Biru Cisoka

Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk untuk berwisata di Telaga Biru Cisoka. Pengunjung cukup membayar biaya parkir saja dengan tarif Rp 10 ribu untuk mobil, dan Rp 2 ribu untuk sepeda motor.

Nah, bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, tentu saja tidak akan dikenai biaya tiket masuk ke Telaga Biru Cisoka ini.

Telaga Biru Cisoka menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi pelancong setelah viral di media sosial. Tempat ini sekarang sudah banyak berbenah, terutama banyak spot foto yang indah tersedia untuk pengunjung.

Selain itu juga terdapat berbagai wahana permainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, pondok mengambang di tengah danau dengan spot foto berbentuk Love yang cantik, serta kursi-kursi di sekitar lokasi wisata untuk pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan Telaga Biru Cisoka.

telaga biru cisoka image by
https://www.kabarantau.com

Telaga Biru Cisoka sangat cocok untuk dijadikan referensi spot wisata bagi Anda yang berada di sekitar Jabodetabek. Tempat wisata yang indah dengan biaya yang murah meriah.

Tak perlu khawatir kelaparan saat berwisata di Telaga Biru Cisoka karena banyak terdapat warung makan di sekitar tempat ini bagi Anda yang ingin menyantap makanan sambil bersantai.

Telaga Biru Cisoka memiliki dua danau yang indah, pertama danau dengan air berwarna biru yang berada di sebelah kanan dari arah pintu masuk. Kedua, danau dengan air yang berwarna cenderung hijau berada di sebelah kiri pintu masuk, danau ini memiliki diameter yang lebih luas.

Keindahan tempat wisata Telaga Biru Cisoka semakin tampak dengan adanya pepohonan yang rindang di sekeliling kawasan ini.

Kadar keasaman danau yang cukup tinggi membuat warna air di danau ini sering berubah-ubah. Oleh karena itu, pengunjung dilarang berenang di danau. Apalagi mengingat kedalaman dasar danau yang lumayan. Namun, bagi pengunjung yang ingin mengelilingi danau bisa menyewa perahu kecil dengan tarif Rp 20 ribu per putaran.

Misteri di Telaga Biru Cisoka

Kawasan Cisoka yang menjadi lokasi dari Telaga Biru Cisoka merupakan daerah yang juga dikenal memiliki banyak cerita mistis.

Menurut mitos yang berkembang di sekitar lokasi wisata, warna biru dan hijau dari Telaga Biru Cisoka dipengaruhi adanya keberadaan mahluk halus bernama Ratu Pelangi.

Konon, air di telaga ini memiliki khasiat dapat membangkitkan aura wajah. Namun, Anda boleh percaya, boleh tidak. Hal yang pasti bisa dinikmati di Telaga Biru Cisoka adalah keindahan pemandangannya yang indah dan asri sehingga dapat menjadi obat stress yang mujarab.