Telaga Biru Bintan – menjadi pilihan tempat wisata sederhana yang hemat untuk keluarga. Di tempat ini terdapat padang gurun yang terbentuk secara alami dengan pasirnya yang berwarna putih. Sejumlah patung berbentuk kuda dan unta sengaja dibuat sebagai spot berfoto bagi wisatawan.

Lokasi Telaga Biru Bintan

Telaga Biru Bintan benar-benar memiliki air yang berwarna biru tosca. Di tempat ini banyak terdapat spot yang cantik untuk Anda berfoto ataupun selfie.

Aksesnya pun sangat mudah karena terletak di tepi jalan. Telaga Biru Bintan berlokasi di Desa Busung, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan. Waktu tempuh dari Tanjungpinang sekitar 45 menit berkendara, sedangkan bila dari Tanjung Uban sekitar 15 menit.

telaga biru bintan image by http://www.pejalansingle.com

Rute Menuju Telaga Biru Bintan

Telaga Biru Bintan berada di Provinsi Kepulauan Riau yang menyimpan banyak sisi keindahan. Kecantikan danau ini tidak kalah menarik dengan wisata danau lainnya yang ada di Indonesia.

Sebelum ke lokasi wisata Telaga Biru Bintan, terlebih dahulu Anda harus menuju ke Pulau Bintan yang dapat ditempuh melalui jalur udara dari Batam maupun langsung ke Pulau Bintan.

Terdapat dua jalur menuju Danau Biru Bintan bila Anda dari arah Kota Tanjung Pinang. Rute pertama dapat melewati jalan yang menuju ke arah Pantai Trikora. Sedangkan rute kedua dengan melintasi jalan yang menuju ke arah Kijang atau Bandara.

Rute pertama yang menuju ke Pantai Trikora lebih disarankan karena waktu tempuhnya lebih cepat untuk sampai ke Telaga Biru Bintan. Selanjutnya, sebelum Anda sampai di pertigaan menuju pantai Trikora bisa bertanya kepada warga sekitar agar tidak kebingungan.

Tiket Masuk Telaga Biru Bintan

Pengunjung dapat masuk ke lokasi wisata Telaga Biru Bintan secara gratis, alias tidak ada Harga Tiket Masuk bagi wisatawan. Anda cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 2 ribu untuk sepeda motor atau Rp 10 ribu untuk mobil.

Di sekitar kawasan ini terdapat padang rumput yang keren untuk Anda mengambil foto. Selain itu juga terdapat beberapa patung yang memang dibangun sebagai spot bagi para pengunjung untuk berfoto-foto.

Di sebelah Telaga Biru terdapat area Gurun dengan pasirnya yang berwarna putih kecokelatan. Telaga Biru Bintan yang cantik, bersandingan dengan gurun pasir tentu menjadi pemandangan yang mempesona dan ‘sedap untuk dinikmati’.

Keindahan akan lebih terlihat bila Anda datang saat cuaca cerah karena teriknya sinar matahari akan membuat Anda serasa berada di tengah oase padang pasir.

Nah, buat Anda yang masih penasaran bisa langsung saja berwisata ke lokasi yang juga dikenal dengan nama Gurun Pasir Telaga Biru Bintan ini.

Asal-Usul Telaga Biru Bintan

Telaga Biru Bintan awal mulanya merupakan area bekas tambang galian pasir. Tambang tersebut sudah tidak beroperasi lagi, bekas material pasir yang tidak terpakai dan ditinggalkan di sekitar lokasi membuat tempat tersebut layaknya gurun pasir, sedangkan bekas lubang galian pasir terisi air hujan, sehingga membentuk sebuah danau.

Gurun Telaga Biru Bintan memiliki banyak tempat yang keren untuk pengunjung berfoto atau sekadar menikmati indahnya pemandangan. Dinamakan Telaga Biru (Danau Biru) karena airnya yang berwarna biru Tosca nan bening.

Sebelum tempat wisata ini terkenal, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk. Namun kini sudah tidak lagi, dan pengunjung cukup membayar biaya parkir kendaraan saja.

Meski tidak ada biaya tiket masuk, tempat ini tetap menyediakan fasilitas yang lengkap, terutama area parkir, toilet, serta warung-warung kecil yang terletak di sekitar telaga untuk pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati santapan kuliner yang disajikan.

Selain fasilitas tersebut, di lokasi wisata Telaga Biru Bintan juga tersedia replika unta, replika berbentuk hati, dan juga fasilitas perahu kayu yang bisa disewa oleh pengunjung dengan tarif mulai Rp 2 ribu sampai Rp 10 ribu.

Nah, bagi Anda yang penasaran tunggu apa lagi? Segera jadwalkan liburan Anda bersama keluarga ke Gurun Telaga Biru Bintan yang cantik ini. Puaskan hasrat petualangan Anda dengan mengunjungi berbagai tempat menarik yang banyak terdapat di Indonesa. Selamat berlibur!