Tebing Koja atau juga terkenal dengan sebutan Kandang Godzilla, sekarang ini tengah menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Tangerang. Tebing Koja ini selalu ramai dikunjungi orang-orang di hari biasa, akhir pekan, apalagi saat liburan.

Wisata yang menawarkan pemandangan indah, terutama saat matahari terbenam ini menjadi spot foto dan selfie yang instagramable. Visualisasi di Tebing Koja sungguh cantik, sayang bila Anda tidak mengabadikannya lewat foto saat berada di sini.

Lokasi Tebing Koja

Tebing Koja berlokasi di Kampung Koja, Ds Cikuya, Kec Solear, Kab Tangerang, Banten. Pengunjung dapat menuju ke lokasi Tebing Koja dengan mudah, cukup ketikkan lokasi tersebut melalui aplikasi google maps di smartphone Anda.

Selain berfoto dan selfie di tempat ini, sering pula pemandangan indah Tebing Koja dimanfaatkan untuk melakukan foto pre-wedding oleh sejumlah pasangan yang akan menikah.

Alamat Tebing Koja

Banyak dari Anda pasti pernah nonton film Godzilla, dan ketika mendengar nama tempat wisata ini akan penasaran untuk mengunjunginya.

Tempat wisata Tebing Koja juga terkenal dengan sebutan Kandang Godzilla, karena di tempat ini terdapat batu tebing berbentuk seperti monster raksasa Godzilla.

Alamat Tebing Koja: Kampung Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Tak heran bila tempat ini disebut juga dengan Kandang Godzilla, karena tebing batu yang berdiri tegak di tengah lembah tebing itu benar-benar mirip bentuknya dengan Godzilla. Pemandangan ini biasa dijadikan latar oleh pengunjung untuk berfoto-foto dan berselfie.

Pemandangan indah di Tebing Koja memang bukan terbentuk secara alami. Dulunya tempat ini merupakan tambang galian pasir tradisional yang sekarang sudah tidak digunakan lagi.

Selang beberapa waktu ada sejumlah anak muda yang mengambil foto pemandangan di sekitar Tebing Koja dan mengunggahnya ke media sosial. Tanpa diduga sebelumnya, foto-foto itu pun menjadi viral dan membuat banyak netizen yang penasaran untuk datang ke tempat ini.

Rute Tebing Koja

Rute ke Tebing Koja sangat mudah diakses. Pengunjung dapat menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang menggunakan transportasi umum rute yang dapat ditempuh adalah dengan naik KRL dan turun di Stasiun Tiga Rakja.

Dari stasiun Tiga Rakja, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik angkot dan turun di perempatan Pala.

Nah, dari perempatan tersebut Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi. Jaraknya memang masih agak jauh, sekitar 1,5 jam perjalanan berjalan kaki.

Perjalanan tidak terasa melelahkan karena Anda akan disuguhi dengan pemandangan indah area perkebunan dan persawahan yang asri.

Perjalanan ini pun menjadi keasikkan tersendiri bagi wisatawan karena kita serasa diajak bertualang menyusuri alam dengan pemandangan yang menawan.

Cara Menuju Tebing Koja

Bagi pelancong yang menggunakan kendaraan pribadi, cara menuju Tebing Koja paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Google Maps. Tinggal ‘search’ dan ikuti rutenya!

Bila Anda datang dari arah Jakarta bisa mengambil rute melalui tol dalam kota arah Grogol, lalu arahkan lagi kendaraan melalui tol Merak, keluar di pintu tol Balaraja Barat.

Keluar dari pintu tol, belok kiri masuk ke Jalan Raya Serang. Berkendara sekitar 10 menit akan ada rambu petunjuk arah, bila ke kiri mengarah ke Cisoka, dan lurus mengarah ke Serang. Di sini Anda belok kiri, dan akan memasuki Jalan Raya Cisoka.

Ikuti terus jalan tersebut hingga ketemu perempatan, ambil arah lurus saja. Setelah 20 menit berkendara ada warung kecil berwarna biru muda, belokkan kendaraan ke kanan masuk ke jalan kecil.

Sayangnya di sini tidak ada penanda yang signifikan, akan lebih mudah bila Anda mengikuti rute dari Google Maps atau bertanya kepada warga sekitar. Susuri jalan kecil tadi hingga bertemu dengan pertigaan atau percabangan seperti huruf Y, ambil arah yang ke kanan.

Jalannya berupa beton, namun lebarnya hanya pas untuk satu mobil. Jadi ketika Anda bersimpangan dengan mobil lain, harus sabar mencari lahan kosong agar sama-sama bisa lewat saat berpapasan.

Tidak jauh dari percabangan tadi, Anda akan menjumpai pos penarikan retribusi. Ini menandakan kalau Anda telah tiba di lokasi Tebing Koja, tidak jauh dari pos Anda akan sampai di area parkir yang terdapat beberapa rumah warga dan warung-warung makanan di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Tebing Koja Kandang Godzilla

Pengunjung yang ingin masuk dan menikmati pemandangan indah di Tebing Koja Kandang Godzilla akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang dan biaya parkir Rp 5.000 per kendaraan. Tentunya tarif ini masih cukup terjangkau bila melihat pesona keindahan alam yang ditawarkan di Tebing Koja.