Jalan Menuju Taman Wisata Kaliurang Jogja

Taman Wisata Kaliurang terletak di kawasan lereng Gunung Merapi, tepatnya di Ds. Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta.  Dari pusat kota untuk sampai Taman wisata Kaliurang memakan jarak tempuh sekitar 29 km atau memakan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Akses menuju lokasi sangat mudah dijangkau, jalanan pun sudan diaspal. Beberapa kilometer sebelum sampai lokasi, kamu akan disambut oleh hawa sejuk, jalanan berliku dan naik turun. Ada dua rute yang bisa kamu tempuh untuk sampai di kawasan Taman Wisata Kaliurang.

Pertama, melalui jalan Boyong dengan jarak tempuh sekitar 28, 5 KM atau memakan waktu 50 menit dari pusat kota Jogja. Kedua, melalui jalan Kaliurang dengan jarak tempuh 29.0 KM atau memakan waktu tempuh  1 jam 2 menit dari pusat kota.

Tiket masuk menuju kawasan wisata Taman Kaliurang sangat terjangkau yaitu sebesar Rp2.000/anak dan Rp3.000/dewasa. Sementara untuk biaya parkir Rp2.000/motor, Rp5,000/mobil dan Rp20.000/bus. Harga tiket masuk tersebut tidak termasuk biaya untuk spot-spot menarik yang terdapat dilokasi wisata.

Air Terjun Kaliurang

Air terjun Kaliurang berada di kawasan wisata Taman Kaliurang yang memiliki ketinggian kurang lebih 30-40 m.

Sumber Air terjun Kaliurang ini berasal dari salah satu bukit di Gunung Merapi yaitu lereng Bukit Palawang.

Ulen Sentalu Kaliurang

Selain air terjun Kaliurang, salah satu spot menarik yang bisa kamu jumpai di Taman Kaliurang yaitu Ulen Sentalu Kaliurang yang merupakan salah satu museum terbaik di Indonesia.

Museum ini kental akan seni dan nuansa budaya jawa pada jaman kerajaan mataram. Museum ini sungguh instagenic.

Terakhir klik angka “3” di bawah ini untuk melihat harga penginapan di Taman Wisata Kaliurang ini selengkapnya. 🙂