Kota Malang ini hampir sama dengan Kota Bandung, jika Kota Bandung menjadi destinasi wisata favorit warga ibu kota Jakarta. Maka Kota Malang menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Jawa Timur.

Berwisata ke Malang ini seolah tiada berujung, berbagai destinasi wisata tersedia di “Kota Apel” ini mulai dari wisata alam, wisata buatan, budaya dan kuliner tersedia di sini.


Dan salah satu destinasi wisata yang kembali hits di Malang belakangan ini ialah Taman Rekreasi Selecta.

Taman Selecta Malang merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata menarik di Kota Batu, Malang. Taman Selecta Malangini sebenarnya sudah ada sebelum munculnya berbagai tempat wisata menarik di Malang lainnya seperti Jatim Park dan Taman Kelinci Malang.

Walaupun mungkin sudah cukup lama, sepertinya taman rekreasi yang satu ini masih terdengar asing khususnya bagi yang berdomisili di luar Jawa Timur.

Benar seperti itu? Jika iya, berikut sedikit gambaran tentang Malang Selecta yang sangat direkomendasikan untuk menjadi tujuan wisata Anda di Malang.

Nama “Selecta” berasal dari bahasa Belanda, yang artinya adalah “pilihan”. Taman Selecta berdiri di atas lahandi daerah dataran tinggi seluas 18 Ha, namun yang digunakan sebagai wahana rekreasi hanya sekitar 8 Ha saja.

Taman Selecta Malang terkenal sebagai sebuah taman yang memiliki koleksi bunga cantik dan pemandiannya. Dan beberapa fasilitas dan wahana lain yang juga turut berperan dalam menarik wisatawan taman selecta seperti Sky Bike, Perahu Ayun, Arena Kuda, Flaying Fox, Outbond, sepeda Air dan masih banyak lagi.

Selain itu  Karena letaknya di daerah datran tinggi menjadikan kawasan ini begitu sejuk dengan udaranya yang khas pegunungan, di sini pengunjung juga dapat melihat pemandangan bentangan pegunungan yang ada di sana seperti Gunung Arjuna, gunung Panderman dan daerah perbukitan.

Alamat Selecta Malang

Alamat Lengkap Selecta Malang berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Batuaji, Kota Batu, Malang. Dari Pusat Kota Malang hanya berjarak sekitar 25 Km sedangkan dari Pusat Kota Batu hanya berjarak sekitar 4 Km saja.

Dibutuhkan kurang lebih 1 jam perjalanan jika Anda mulai start dari Malang dan sekitar 2 jam perjalan jika start dari pusat kota Surabaya.

Untuk rute menuju Taman Rekreasi Selecta cukup mudah. Jika Anda sudah sampai di alun-alun kota Batu, ambil arah ke jalan Gajah Mada, jalan saja lurus sampai menjumpai gedung kantor BCA, nah dari situ lokasi taman selecta sudah sangat dekat, di sana Anda akan menemukan petunjuk menuju Taman Rekreasi Selecta. Ikuti saja petunjuk jalan, dan nantinya Anda akan menemukan langsung pintu masuk objek wisata Taman Rekreasi Selecta.

Harga Tiket Masuk Taman Selecta Malang

Harga Tiket Masuk Taman Selecta Malang sebesar Rp.25.000,- per orang. Harga tiket berlaku untuk semua hari (weekend, weekday, libur nasional, musim liburan).

Dengan harga tersebut pengunjung bisa menikmati fasilitas:

  • Water Boom
  • Kolam Renang
  • & Taman Air Kamandanu

Untuk menikmati fasilitas selain yang disebutkan di atas pengunjung harus membayar biaya tambahan diluar biaya tiket. Setiap fasilitas wahana yang ditawarkan memiliki tarif yang berbeda.

Misalnya untuk:

  • Menaiki flying fox, pengunjung dikenai tarif Rp.20.000,- per orang,
  • Sky bike Rp.20.000,-
  • Menaiki kuda Rp.10.000,
  • Menaiki perahu bebek Rp.15.000,
  • Perahu ayun (kora-kora) Rp.10.000,-.

Sementara untuk biaya parkir kendaraan yaitu Rp.5.000,- untuk motor, Rp.10.000,- untuk mobil dan Rp.20.000 untuk bus.

Untuk jam buka atau jam operasional Taman Rekreasi Selecta buka setiap hari dari pukul 06.00 – 18.00 waktu setempat.

Penginapan Dekat Taman Selecta Malang

Pihak pengelola Taman Rekreasi Selecta telah menyediakan penginapan berupa hotel dan cottage sebanyak ±70 kamar. Tarif perkamar di hotel Selecta mulai dari Rp.600.000,- hingga Rp.750.000,- per malam menyesuaikan tipe kamarnya. Sedangkan tarif cottage dibandrol sebesar Rp.2.300.000/ per malam.

Bagi yang ingin menginap di luar kawasan Taman selecta, wisatawan bisa mencarinya, banyak hotel dan penginapan yang tidak berada jauh dari taman Selecta. Di antaranya:

  • Gets Hotel Malang
  • Purnama Hotel
  • Royal Orchids Garden Hotel
  • Grand Pujon View
  • Asida Hotel
  • Kartika Wijaya Hotel
  • Pinky Guest House

Itulah review singkat Taman Selecta Malang Objek Wisata Hits di Batu Malang. Semoga dapat menjadi sumber informasi bagi Anda yang berencana liburan ke sana. Happy travelling!