Tamah Buah Mekarsari adalah salah satu wisata agro yang sangat populer di Bogor. Terdapat lebih dari 1.400 varietas tanaman buah dan 100 ribu pohon di Taman Buah Mekarsari.

Tumbuhan-tumbuhan yang ada termasuk juga tanaman rempah, tanaman pangan, tanaman biofarma, tanaman sayur, tanaman pelindung, hingga tanaman industri.


sumber : http://mekarsari.com

Lokasi Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari berlokasi di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol KM 3, Cileungsi, Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya sangat mudah diakses dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Di lokasi Taman Buah Mekarsari juga terdapat laboratorium yang digunakan untuk melakukan penelitian dan penyilangan terhadap sejumlah varietas tumbuhan.

Beberapa tanaman yang sudah dihasilkan dari laboratorium tersebut antara lain Barbados Cherry, Jambu Air Cengkih, Jambu Air Irung Petruk, Jambu Air Toon Klow, Nenas Arnis, dan persilangan antara buah cempedak dengan nangka yang menghasilkan pedakka, cempeka, serta nangkadak.

Sejumlah tanaman langka juga terdapat di Taman Buah Mekarsari mulai dari bunga bangkai, kesemek, sawo kecik, hingga tumbuhan buah tropis seperti salak, nangka, jeruk, belimbing, melon, jeruk, rambutan, dan masih banyak lagi.

Rute Menuju Taman Buah Mekarsari

Rute menuju Taman Buah Mekarsari sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, rute yang dapat ditempuh antara lain dengan melewati jalur tol Jagorawi dan keluar di Gerbang Tol Cibubur.

Selanjutnya Anda cukup melintasi jalur Cileungsi, sekitar 20 sampai 30 menit sejak keluar tol, Anda akan segera tiba di lokasi wisata Taman Buah Mekarsari.

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan transportasi umum dari arah Jakarta, rute terdekat adalah dengan naik angkutan kota Kowanbisata jurusan Bogor-Jonggol dari Terminal Kampung Rambutan. Kemudian turun tepat di depan pintu masuk wisata Taman Buah Mekarsari.

Bisa juga dengan menaiki bus Kowanbisata jurusan Bekasi-Jonggol, bila Anda datang dari arah kota Bekasi. Bus ini juga melintas tepat di depan gerbang wisata Taman Buah Mekarsari.

Harga Tiket Masuk Taman Buah Mekarsari

Harga tiket masuk wisata Taman Buah Mekarsari sebesar Rp 25.000 baik di hari biasa maupun hari libur. Harga tiket tersebut juga berlaku untuk dewasa dan anak-anak.

Hal yang menarik adalah penggunaan sistem Top Up dalam pembayaran tiket masuk wisata. Jadi, Anda harus mengisi saldo terlebih dahulu untuk dapat memasuki wahana yang ada di dalam lokasi Taman Buah Mekarsari sehingga tidak perlu lagi mengantre membeli tiket untuk dapat memasuki suatu wahana.

Harga tiket masuk sebesar Rp 25.000 tadi berisikan Rp 15 ribu untuk tiket masuk kawasan, yang Rp 10 ribu untuk gelang RFID yang nantinya dapat Anda gunakan kembali untuk mengisi saldo.

Saat pulang nanti, Anda dapat membawa pulang gelang RFID ataupun ditukarkan kembali dalam bentuk uang sebesar sisa saldo yang masih ada pada gelang tersebut.

Taman Buah Mekarsari selalu dibuka untuk umum setiap hari Senin hingga Jumat (kecuali hari libur) mulai dari jam 10.00 s/d 16.30 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur dibuka mulai jam 09.00 s/d 16.30 WIB.

Wahana Mekar Sari

Beragam aktivitas wisata dapat pengunjung lakukan di Taman Buah Mekarsari. Tak hanya wisata kebun buahnya saja tapi juga beragam wahana menarik yang telah tersedia di dalamnya. Wahana-wahana Mekar Sari tersebut, antara lain:

sumber:http://oknusantara.com
  • Atraksi Wisata
  • Atraksi Air: Mini Aqua Boat, Giant Buble, Banana Boat, Floating Donat, dan Water Bike
  • Atraksi Sepeda: Sepeda Tandem, ATV, dan Sepeda Tuk-tuk
  • Atraksi Kebun dan Budidaya Tanaman: Pengunjung akan belajar cara bercocok tanam di sini
  • Outbond: Halang rintang, panjat tebing, dayung rakit berkelompok, dan Flying fox
  • Area Bermain: Fancy Train, Mini GoKart, Aeroplane, dan Mono Rail
  • Olahraga: Bersepeda, Senam, dan Jalan Sehat

Fasilitas Taman Buah Mekarsari

Beragam fasilitas wisata yang lengkap tersedia di area Taman Buah Mekarsari. Fasilitas yang tersedia antara lain:

  • Area parkir kendaraan yang luas dengan tarif Rp 5.000 untuk sepeda motor, Rp 15.000 untuk mobil, dan Rp 35.000 untuk bus rombongan.
  • Aneka rumah makan, mulai dari fast food, Sea Food maupun menu kuliner lainnya.
  • Toilet umum yang tersebar di sejumlah titik arena Taman Buah Mekarsari.
  • Toko souvenir untuk pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh wisata khas Taman Buah Mekarsari.
  • Hotel dan penginapan yang terdiri dari Rumah Pohon, D’Cabin, Hotel Genggong, Mekarsari Indah, dan masih banyak lagi.

Tips Berwisata di Taman Buah Mekarsari

Demi kelancaran, dan kenyamanan bagi pengunjung yang berwisata ke Taman Buah Mekarsari ada baiknya memperhatikan sejumlah tips berikut ini!

  • Siapkan stamina yang baik untuk menjelajah seluruh area taman buah.
  • Gunakan alas kaki atau sepatu yang nyaman untuk Anda berjalan selama menyusuri area taman buah. Bagi wanita tidak disarankan menggunakan sepatu high heels.
  • Bawalah topi atau payung untuk melindungi diri Anda dari sengatan terik matahari.

Nah, itulah sejumlah tips yang perlu diperhatikan oleh wisatawan yang hendak berkunjung ke Taman Buah Mekarsari. Selamat berwisata!